HaloDoc, Jakarta – Keluarga HaloDoc, perlu diketahui meskipun menjadi salah satu faktor penyebab sakit jantung, namun bukan berarti tubuh tidak membutuhkan kolesterol. Tubuh tetap membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu, namun bukannya berlebihan karena bisa berdampak negatif. Jika kolesterol tinggi bisa menimbulkan penebalan dan penyempitan dinding pembuluh darah sehingga risiko serangan jantung pun akan meningkat.

Nah untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa cara mudah untuk menurunkan kolesterol. Berikut 5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol yang patut Anda ketahui.

Lemak jenuh biasanya berasal dari hewani seperti kulit unggas, produk susu, dan daging merah. Karena #Faktanya konsumsi lemak jenuh diatas secara berlebihan dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Bagi keluarga HaloDoc yang ingin membatasi konsumsi lemak jenuh, Anda bisa mencoba menu diet mediteranian, seperti membatasi konsumsi daging merah hanya satu kali dalam sebulan.

Mulailah mengurangi menu makanan yang bisa diolah dengan cara digoreng. Makanan jenis ini umunya mengandung lemak trans yang lebih berbahaya dari lemak jenuh. Apalagi jenis makanan ini bisa menurunkan kadar kolesterol baik.

Ingat selalu untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat dan vitamin untuk mempertahankan angka timbangan berat badan Anda tetap normal. Ini akan membantu Anda mengontrol kadar kolesterol dalam darah tetap normal dan risiko sakit jantung pun menurun.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Coba luangkan waktu Anda sekitar 30-40 menit untuk berolahraga ringan setiap hari. Anda bisa dengan mencoba jogging, sepeda, dan berenang. Terlepas apakah Anda memiliki tubuh gemuk atau pun tidak, olahraga akan membantu jaga kadar kolesterol pada angka normal.

Masalah kolesterol tidak bisa dianggap remeh dan baiknya ditangani sedini mungkin. Untuk itu Anda dapat menanganinya dengan melakukan pemeriksaan secara rutin dengan Dokter pilihan. Salah satunya dapat keluarga HaloDoc lakukan menggunakan HaloDoc. Dapatkan aplikasinya di Play Store & App Store.