HaloDoc, Jakarta – Tak perlu bingung pilih olahraga tepat untuk menurunkan berat badan. Jika Anda tidak menyukai aktivitas fisik yang berat, mungkin Anda bisa mempertimbangkan yoga sebagai pilihan olahraga untuk mencapai angka berat badan ideal.

Beberapa jenis yoga memang tidak bisa membakar cukup kalori untuk menurunkan berat badan, namun yoga dapat membangun kekuatan tubuh Anda. Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara maksimal dengan yoga, maka barengi dengan makanan sehat dan latihan rutin untuk tingkatkan denyut jantung secara teratur.

Dengan matras yang Anda miliki di rumah, Anda bisa mulai latihan yoga setiap hari. Jenis yoga seperti Iyengar adalah yang cukup sederhana untuk bisa Anda lakukan karena pada setiap pose yoga dilakukan selama beberapa menit dengan diselingi istirahat di antara setiap pose. Gerakan pada yoga jenis ini sangat bagus untuk membangun otot dan memperbaiki postur tubuh. Namun perlu diingat gerakan dalam yoga jenis ini tidak memberikan latihan kardiovaskular untuk menurunkan berat badan.

Untuk turunkan berat badan, selain latihan di rumah Anda bisa ikut kelas yoga. Anda juga bisa merencanakan latihan fisik lain seperti jogging dan aerobik untuk dipadukan dengan yoga.

Nah berikut ini rekomendasi jenis yoga yang bisa dicoba. Vinyasa atau biasa disebut dengan yoga aliran memiliki serangkaian pose yang disebut “salam matahari” (sun salutations).

Vinyasa mencakup banyak gaya yoga populer untuk tujuan menurunkan berat badan seperti:

 

1. Ashtanga

Ashtanga biasanya diperuntukkan bagi Anda yang sudah terlatih mengingat latihannya yang berat. Meski demikian gaya yoga ini memiliki keuntungan lain, jika sekali mempelajari Ashtanga Yoga, maka Anda akan selalu dapat mengulang atau melakukan sendiri latihan di rumah.

2. Power Yoga

Yoga ini sangat populer karena memiliki latihan kardiovaskular yang sangat intens. Gaya yoga yang satu ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan membentuk tubuh. Anda pun dapat mengunjungi tempat berlatih yoga untuk mengetahui secara rinci mengenai gaya yoga yang satu ini.

3. Hot Yoga

Gaya yoga berikut ini merupakan jenis latihan Vinyasa Yoga yang dilakukan di ruangan bertemperatur hangat, jadi menjamin Anda akan berkeringat. Perlu diketahui kalau Anda baru memulai melakukan yoga, terutama saat masih dalam keadaan berat badan lebih, lakukan latihan secara bertahap dan tidak dalam porsi berlebihan.

Nah untuk lebih tahu lebih banyak mengenai yoga, daftarkan diri Anda ke kelas yoga terdekat. Atau Anda bisa sesekali datang ke acara yoga yang telah diadakan. Selamat mencoba!