HaloDoc, Jakarta – Gula dan garam yang berlebihan bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Anda pun kemunginan terbesar dapat terkena penyakit jantung, stroke, disfungsi ereksi, diabetes mellitus, dan masih banyak lagi.

Selama ini, makanan dengan kandungan gula lebih diwaspadai karena disebut-sebut sebagai penyebab naiknya gula darah. Namun sebenarnya, yang harus diwaspadai adalah kalori yang terdapat dalam jenis makanan dengan kandungan gula, karbohidrat, dan bahkan bumbu dapur.

Kandungan kalori yang tinggi dalam gula, maka konsumsi si manis ini  harus dibatasi ya Moms. Teruma bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga diabetes. Namun dengan memilih membatasi penggunaan gula, orang seringkali tanpa sadar “meningkatkan” penggunaan garam dalam menu makanannya. Padahal, apabila dikonsumsi berlebihan, garam juga dapat meningkatkan tekanan darah dan hipertensi dan menyebabkan komplikasi diabetes.

Meski mengurangi penggunaan gula dan garam, Moms tak perlu khawatir. Anda tetap bisa menyajikan menu makanan lezat untuk keluarga tersayang Anda. Ada pilihan alternatif bumbu lain yang bisa digunakan sebagai penyedap rasa pengganti gula dan garam yaitu daun basil dan daun mint.

Bagi Moms yang suka memasak, tentu sudah tidak asing dengan daun herbal yang satu ini. Daun basil meski masih jarang digunakan namun dapat digunakan sebagai bumbu yang cocok dengan citarasa Indonesia. Sajikan ayam panggang dan pasta lezat untuk keluarga dengan menggunakan daun basil sebagai bumbu, dapat dijadikan sebagai satu alternatif. Anda juga bisa menggunakan daun basil untuk menu makanan lain karena tidak mengandung kalori dan lemak. Kandungan sodium pada daun basil terhitung rendah. Sehingga selain memberikan aroma sedap juga rasa yang lezat.

Untuk pengganti gula, Anda bisa memilih daun mint yang umum digunakan untuk resep kudapan dan pencuci mulut. Namun tak ada salahnya menggunkan tanaman herbal ini dalam menu masakan. Jika menambahkan daun mint dalam masakan, Anda hanya membutuhkan 0.1gr gula/sajian. Ini kenapa penggunaan daun mint direkomendasikan untuk Anda yang menderita diabetes.

Kini tak perlu khawatir makanan Anda terasa hambar, yuk keluarga HaloDoc mulai beralih pada daun basil dan daun mint. Selamat mencoba!

Vinyasa mencakup banyak gaya yoga populer untuk tujuan menurunkan berat badan seperti: