HaloDoc, Jakarta – Sibuk dengan rutinitas sehari-hari tidak boleh menjadi halangan untuk Anda melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan. Tak butuh waktu lama, Anda bisa menyisihkan hanya dalam 30 menit dari waktu setiap hari.

Menurut George Griffing, MD, professor of endocrinology at the Saint Louis University School of Medicine in St. Louis, asalkan total aktivitas fisik sudah mencapai 30 menit/hari maka itu sudah cukup.

Tidak sulit bukan menyisihkan 30 menit waktu Anda dalam sehari? Agar hal tersebut berjalan dengan benar, maka yang perlu keluarga HaloDoc perhatikan adalah rutin melakukannya setiap hari, seperti:

Jika Anda sering berjalan dan naik turun tangga setiap hari, sekarang lakukan kegiatan tersebut dengan perhitungan. Ini bisa jadi salah satu alternatif aktivitas fisik yang bisa rutin dilakukan. Gunakan pedometer untuk melihat seberapa banyak kaki Anda sudah melangkah.

Lakukan aktivitas Anda dengan menggunakan pedometer untuk menghitung berapa banyak langkah yang sudah dicapai. Penelitian di Stanford University menunjukkan jika orang yang menggunakan pedometer aktivitasnya meningkat hingga 27 persen, karena merasa lebih termotivasi untuk mencapai target mereka.

Ajak teman atau orang terdekat Anda untuk melakukan aktivitas fisik bersama, dari penelitian terbukti olahraga yang dilakukan bersama-sama memberikan motivasi dan semangat. Yuk, mulai untuk atur waktu bersama misalnya berjalan kaki setiap pagi atau sore selama 10 menit.

Jadikan latihan fisik seperti jogging atau berjalan sebagai hal yang menyenangkan. Nikmati kesempatan untuk berjalan di luar rumah dan merasakan udara yang lebih segar.

Untuk menghindari rasa malas yang tiba-tiba bisa datang, Anda bisa mengatur mode pengingat pada smartphone atau menempelkan catatan di tempat yang sering Anda lewati di dalam rumah. Tuliskan tujuan Anda mengapa harus berolahraga. Misalnya “Hidup Sehat Tanpa Sakit”.

Mulai merasa jenuh berolah raga sendiri?. Sudah saatnya bagi Anda untuk bergabung dengan kelas latihan dan meminta saran dari trainer. Anda akan bertemu banyak orang dan tentu saja ini akan semakin mendorong semangat Anda.

Jangan lupa untuk meningkatkan level latihan Anda. Diskusikan dengan trainer atau dokter Anda mengenai kemungkinan penambahan aktivitas fisik yang cocok sesuai dengan keadaan kesehatan Anda. Hal ini dapat menjadi ukuran seberapa bekerja aktivitas yang Anda jalani selama ini. Maka lakukan pengecekan gula darah secara teratur.