HaloDoc, Jakarta – Jika selama ini Anda berpikir bisa menghilangkan ketombe dengan sampo, maka Anda keliru. Konsumsi sayur yang cukup juga bisa membantu keluarga HaloDoc menghilangkan ketombe penyebab gatal di kepala.

Konsumsi lemak berlebihan adalah salah satu penyebab timbulnya ketombe. Tak bisa dibantah jika tubuh juga membutuhkan lemak, namun jumlah yang berlebihan justru akan merangsang produksi kelenjar sabasea (kelenjar yang mengelilingi setiap akar rambut). Kelenjar sabasea inilah yang jadi penyebab kulit kepala berminyak dan berketombe. Selain makanan berlemak, makanan pedas juga jadi pemicu timbulnya ketombe.

Nah, inilah 6 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi ketombe yang bisa Anda terapkan, keluarga HaloDoc.

Konsumsi sayur dan buah secara teratur. Ingat, untuk memilih makanan yang mengandung Zinc seperti ikan, kedelai, dan biji-bijian.

Kurangi makanan pedas dan berlemak. Imbangi dengan asupan vitamin B6, C, dan A. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari buah ataupun suplemen vitamin.

Apabila sering menggunakan minyak, gel, tonik, dan spray rambut, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini. Rutin bersihkan rambut setiap dua hari sekali dengan sampo anti ketombe. Pilih yang mengandung zat aktif seperti selenium sulfida, asam salisilat, siklopiroks, ketokonazol, atau Zinc Pyrithione (ZPT). Namun tidak disarankan bagi ibu hamil dengan menggunakan sampo dengan kandungan ini.

Sebisa mungkin untuk mengurangi beban pikiran Anda. Tanpa disadari, meski bukan menjadi penyebab utama, beban pikiran berat bisa mengundang datangnya ketombe.

Jika biasanya Anda biasa menggunakan pengering rambut, usahakan membiarkan rambut kering secara alami. Namun apabila harus menggunakannya, coba lakukan tanpa membuat rambut benar-benar kering.

Apabila ketombe sudah bisa dihindari, sebaiknya Anda menggunkaan sampo dengan kandungan lembut seperti sampo bayi. Ini tidak akan merusak rambut dan membuat kulit kepala Anda iritasi. Setiap pagi mulailah untuk menyempatkan berjemur di bawah sinar matahari sejenak untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?. Yuk, mulai saat ini lakukan keenam cara diatas dan SAY NO to ketombe!