HaloDoc, Jakarta – Rutinitas sehari-hari yang menyebabkan kelelahan serta beban pikiran tanpa sadar membuat tubuh Anda menimbun “racun”.  Ann Kearney-Cooke, PhD, penulis buku “Change Your Mind, Change Your Body” mengungkapkan bahwa tubuh sebenarnya punya “alarm” untuk mengingatkan kapan harus beristirahat. Namun sayangnya, orang seringkali mengabaikan perasaan lelah serta memilih menenangkan diri dengan cara tidur.

Segala kegiatan yang dilakukan manusia menyebabkan timbunan “racun” yang membuat tubuh merasa kelelahan. Timbunan racun itu tak lain adalah berbagai emosi yang dirasakan ketika menghadapi situasi hidup sehari-hari. Lalu apa yang jadi penyebabnya?

  1. Waktu Tidur

Ini jadi penyebab pertama kenapa tubuh bisa menimbun “racun”. Waktu tidur yang kurang menurunkan kemampuan otak untuk mengelola tekanan dan pikiran yang menganggu. Ini berakibat pada toleransi tubuh terhadap tekanan pikiran dan mudah merasa depresi serta kelelahan. Dampak negatifnya adalah tubuh bereaksi berlebihan dalam menghadapi masalah. Oleh karena itu, penting untuk memiliki durasi tidur yang cukup bagi kesehatan Anda.

  1. Trauma

Setiap orang punya cara sendiri menghadapi pengalaman kurang baik. Ada yang mudah melupakan, ada pula yang justru merasa trauma dan sulit menerima masa lalu. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari teknik trauma healing, meditasi, dan metode untuk membantu Anda menyembuhkan trauma di masa lalu.

Cara Mengatasinya?

Orang yang merasa lelah secara emosi akan terus merasa kelelahan meski sudah banyak beristirahat. Ini dikarenakan bukan fisik yang butuh istirahat melainkan secara emosional. Untuk itu, luangkanlah waktu untuk bersantai dan meletakkan sementara beban pikiran Anda.

Rencanakan liburan singkat dengan teman, kerabat, keluarga, atau orang terkasih Anda. “sweet escape” dibutuhkan untuk “menyembuhkan” diri dari kelelahan emosional. Nikmati keindahan alam di pegunungan atau pantai bisa jadi pilihan yang tepat. Liburan bisa membuat Anda sejenak melepas “racun” yang ada pada tubuh Anda. Serta interaksikan pada Dokter ahli mengenai cara menjaga tubuh agar tetap fit dan juga konsumsi suplemen atau vitamin dengan membelinya melalui HaloDoc. Dapatkan aplikasi HaloDoc di Play Store & App Store.