HaloDoc, Jakarta – Hampir setiap hari Anda disibukkan dengan aktivitas sehari-hari. Mulai dari bekerja di kantor hingga menyelesaikan pekerjaan rumah. Menjalani rutinitas ini, pernahkah Anda merasa punggung terasa pegal? Jangan kira rasa lelah di punggung diakibatkan oleh encok. Bisa jadi itu karena Anda kurang melakukan peregangan pada tubuh.

Nah keluarga HaloDoc, berikut adalah empat gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk memperbaiki struktur tulang. Anda hanya butuh matras dan juga beban (barbel) yang beratnya bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Pertama:
Bediri tegak dan buka kaki selebar bahu kemudian rentangkan tangan ke samping. Genggam beban di kedua tangan.

Kedua:
Tarik nafas melalui hidung, kemudian hembuskan melalui mulut sambil angkat tangan dengan posisi sejajar dengan bahu. Tahan selama 6 hitungan dan balik ke posisi semula. Lakukan sebanyak 3 set dengan masing-masing 6-12 kali hitungan.

Pertama:
Berdiri tegak lalu buka selebar bahu. Rentangkan kedua tangan ke samping lalu tekuk ke atas dengan kedua tangan menggenggam beban.

Kedua:
Tarik nafas melalui hidung kemudian hembuskan melalui mulut, sambil mengangkat siku semampunya ke atas. Tahan posisi ini selama 6 hitungan lalu kembali ke posisi semula. Lakukan 3 set dengan masing-masing 6-12 hitungan.

Pertama:
Gunakan matras yang sudah Moms persiapkan lalu mulailah dengan posisi merangkak. Buka kaki Anda sekitar 10 sentimeter. Usahakan tubuh tegak dan tetap rileks.

Kedua:
Tarik nafas melalui hidung kemudian hembuskan melalui mulut sambil mendorong tulang belakang ke atas semampunya. Tahan posisi ini selama 6 hitungan dan lakukan sebanyak 3 set dengan 6-15 hitungan.

Ketiga:
Tarik nafas melalui hidung kemudian hembuskan melalui mulut sambil mendorong tulang belakang kebawah semampunya. Tahan posisi ini selama 6 hitungan dan lakukan sebanyak 3 set dengan 6-15 hitungan.

Pertama:
Gunakan matras Anda lalu berbaring telungkup. Letakkan tangan di kedua sisi tubuh dan dagu menghadap kebawah. Ingat untuk menjaga tubuh tetap rileks.

Kedua:
Tarik nafas melalui hidung lalu hembuskan melalui mulut sambil mengangkat kepala dan kedua kaki ke atas. Tahan selama 6 hitungan dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 3 set dengan 6-15 hitungan.