Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan-2

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
inilah-10-makanan-sehat-terbaik-untuk-menurunkan-berat-badan-2-halodoc

Halodoc, Jakarta – Selama ini, banyak orang yang menjalani diet hanya fokus pada mengurangi porsi makan atau makan sesedikit-dikitnya. Padahal, salah satu kunci agar berhasil menurunkan berat badan adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Jadi, tidak hanya porsinya saja yang diperhatikan, tetapi jenis makanan yang kamu konsumsi juga perlu diperhatikan. Nyatanya, ada banyak jenis makanan yang sangat bermanfaat untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, beberapa makanan ini juga kaya akan nutrisi. Yuk, cari tahu di sini.

1. Wortel

Salah satu nutrisi yang dikenal sangat baik untuk menurunkan berat badan adalah serat. Nah, wortel adalah sayuran yang tidak hanya tinggi serat, tetapi juga rendah kalori. Plus, ada baby carrot yang berukuran lebih kecil, sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan. Kamu juga bisa langsung menyantapnya tanpa perlu repot-repot mengupas atau memotongnya.

2. Kembang Kol

Jenis sayuran selanjutnya yang bisa dikonsumsi saat sedang diet adalah kembang kol. Sayuran ini sangat mudah didapatkan dan juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, mulai dari capcay, sop, nasi goreng kembang kol, dan masih banyak lagi.

3. Cabe Rawit

Ada kabar baik bagi kamu penyuka cabe rawit. Selain bisa jadi penyedap rasa pada makanan favorit kamu, cabai rawit juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kehadiran senyawa yang disebut capsaicin yang membuat kamu mudah merasa kenyang, mengurangi nafsu makan, sekaligus mempercepat metabolisme kamu. Jadi, kamu bisa makan cabai rawit secara langsung atau menambahkannya ke makanan favorit kamu untuk mendapatkan manfaatnya yang satu ini. Asal, jangan terlalu banyak ya.

Baca juga: Manfaat & Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

4. Seledri

Meskipun seledri dianggap sebagai makanan pendamping yang membosankan atau tidak enak oleh sebagian orang, tetapi nyatanya sayuran tersebut adalah camilan terbaik yang dapat membantu menurunkan berat badan. Segelas jus seledri mengandung banyak serat yang cukup untuk membuat kamu kenyang. Seledri juga akan semakin nikmat bila dipasangkan dengan beberapa kacang atau ditambahkan sedikit yoghurt Yunani.

5. Chia Seeds

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan chia seeds. Biji-bijian yang kecil ini sarat dengan serat dan asam lemak alpha linolenic acid (ALA), yaitu sejenis omega-3 nabati. Chia seeds juga dapat menyerap hingga 10 kali lipat dari beratnya di dalam air yang tidak hanya membantu kamu merasa kenyang tapi juga dapat membuat kamu tetap terhidrasi. Inilah mengapa chia seeds sangat populer di kalangan atlet. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman, seperti sup, salad, bubur oat, jus, smoothies, yoghurt.

6. Jeruk

Berbagai macam jeruk, seperti jeruk oranye, jeruk bali, dan lain-lain penuh dengan antioksidan dan serat. Meskipun antioksidan tidak selalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi nutrisi tersebut bisa melindungi sel-sel kamu dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan masih banyak lagi. Jeruk juga bisa menjadi alternatif cerdas pengganti permen atau kue ketika hasrat ingin mengonsumsi makanan manis sedang menyerang.

7. Cottage cheese

Terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang asam segar, keju cottage sangat baik untuk dijadikan camilan atau ditambahkan ke dalam menu makan favorit kamu. Jenis keju ini memiliki semua kandungan yang dibutuhkan tubuh, yaitu tinggi protein, rendah gula, dan karbohidrat. Keju cottage juga akan membuat kamu cepat merasa kenyang, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. 

8. Ketimun

Ketimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga sayuran ini bisa membuat kamu kenyang tanpa menambah lemak atau kalori dalam tubuh kamu. 

9. Edamame

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik dan juga serat. Salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk menurunkan berat badan adalah edamame. Mengonsumsi edamame yang bercangkang juga bisa mencegah kamu makan terlalu cepat atau makan secara berlebihan. 

Baca juga: Kacang untuk Diet Harian yang Mudah

10. Telur

Bukan hanya sumber protein yang baik, telur juga sangat mudah dibawa kemana-mana. Jadi, telur sangat baik untuk dikonsumsi sebagai camilan ketika kamu lapar di sore hari, tetapi merasa terlalu awal untuk makan malam.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Itulah 10 makanan sehat terbaik yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bila kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal makanan tertentu dan kandungan nutrisi didalamnya, tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 50 Best Foods for Weight Loss, According to Dietitians and Doctors.