10 Makanan Tersehat yang Harus Dikonsumsi Wanita (Bagian 3)

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
10 Makanan Tersehat yang Harus Dikonsumsi Wanita (Bagian 3)

Halodoc, Jakarta – Struktur fisik dan hormon yang berbeda dari pria, membuat wanita lebih rentan terhadap beberapa penyakit tertentu. Namun, risiko tersebut sebenarnya bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti aktif bergerak, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan.

Nah, bagi kamu yang suka malas antre di rumah sakit untuk medical check up, ada cara yang lebih mudah lho. Pertama, download aplikasi Halodoc di ponselmu, lalu temukan fitur Pemeriksaan Kesehatan di dalamnya. Langkah selanjutnya adalah tentukan jenis pemeriksaan yang kamu inginkan, tentukan tanggal, dan petugas labnya akan datang ke alamatmu sesuai waktu yang kamu inginkan. Praktis, bukan? 

Baca juga: Alasan Nanas Bisa Jadi Penyebab Keguguran

Selain pemeriksaan kesehatan rutin, memilah-milah makanan untuk dikonsumsi juga penting, lho. Dari sekian banyak jenis makanan sehat, ada beberapa makanan yang bisa dibilang “tersehat” dan wajib dikonsumsi wanita, yaitu:

1. Telur

Meski mengandung kolesterol di bagian kuning, telur memiliki kandungan yang penting bagi kesehatan tubuh seperti protein, vitamin D dan B12, riboflavin, selenium, folat, biotin, dan kolin. Satu butir telur setiap hari dapat memasok 25 persen dari kebutuhan gizi harian, dan kandungan antioksidannya dapat membantu cegah degenerasi makula dan katarak

2. Greek Yogurt

Produk olahan susu ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi, dan kaya akan probiotik yang menyehatkan saluran cerna serta meningkatkan kekebalan tubuh. Namun dibandingkan dengan yoghurt biasa, greek yogurt memiliki kandungan protein dua kali lipat lebih tinggi dari yoghurt lainnya.

3. Susu Rendah Lemak

Terkenal akan manfaatnya bagi tubuh, susu juga merupakan salah satu minuman tersehat yang wajib dikonsumsi wanita. Tak hanya kaya akan kalsium, susu juga merupakan sumber vitamin D yang memungkinkan tubuh untuk menyerap kalsium. Cukupnya asupan vitamin D juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menangkal jenis kanker tertentu, meredakan sakit punggung, dan membantu cegah depresi.

Baca juga: Anak Lebih Suka Makan Fast Food, Ibu Harus Apa?

4. Ikan Salmon

Selain kaya vitamin D, salmon merupakan makanan sumber omega-3 terbaik. Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi yang dapat membawa berbagai manfaat kesehatan, seperti mencegah penyakit jantung, menghaluskan kulit, membantu penurunan berat badan, dan meningkatkan suasana hati. 

5. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan makanan sumber zat besi yang cukup tinggi dan vitamin B, yang dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Mengonsumsi daging merah tanpa lemak dalam porsi yang tepat dapat membawa manfaat kesehatan bagi wanita.

6. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang tinggi serat dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, oatmeal juga dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2, jika dikonsumsi setiap hari sebagai sarapan. 

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan jenis minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Tak hanya itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan, yang dapat kurangi risiko kanker dan penyakit lainnya, seperti Alzheimer.

Baca juga: Sering Sarapan Sereal, Baik untuk Kesehatan Tubuh?

8. Alpukat

Buah bertekstur lembut ini mengandung serat larut, vitamin E, folat, dan potasium. Karena mengandung lemak baik, kamu bisa gunakan alpukat sebagai pengganti makanan atau bumbu tinggi lemak seperti keju atau mayonaise. 

9. Delima

Buah delima atau pomegranate telah lama dikenal manfaatnya dalam memelihara kesehatan jantung dan otak. Polifenol yang terkandung dalam buah ini dapat membantu arteri mengembang dan berkontraksi dengan sempurna, untuk mengatur aliran darah tetap lancar. 

10. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang cukup tinggi, dan berbagai nutrisi penting lainnya seperti protein, kalsium, potasium, dan magnesium. Konsumsi kacang-kacangan yang tidak digoreng sebagai cemilan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, hipertensi, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. The 50 Foods the World's Healthiest Women Eat Every Day.