10 Makanan Tersehat yang Harus Dikonsumsi Wanita (Bagian 4)

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
10 Makanan Tersehat yang Harus Dikonsumsi Wanita (Bagian 4)

Halodoc, Jakarta - Seluruh manusia membutuhkan makanan untuk diubah menjadi energi. Walau begitu, bukan sekedar makan saja, kamu juga harus memilih makanan yang sehat. Berbeda dengan pria, wanita terbilang lebih rentan terhadap suatu penyakit yang beredar di sekitarnya.

Makanan yang sehat untuk wanita sangat bermanfaat untuk menjaga nutrisi tubuh agar dapat bertahan dari serangan penyakit. Beberapa penyakit yang berbahaya, seperti kanker dan jantung, mungkin dapat diminimalisir dengan makanan ini. Berikut beberapa makanan sehat untuk wanita yang harus kamu tahu:

  1. Jamur

Makanan sehat untuk wanita yang pertama adalah jamur. Senyawa dari sayuran ini telah terbukti menurunkan kolesterol dan memperlambat pertumbuhan tumor yang dapat berkembang menjadi kanker. Selain itu, makanan ini juga meningkatkan kadar protein dalam sirkulasi tubuh. Hal tersebut ternyata dapat menghentikan virus, seperti hepatitis. Sebelum itu, kamu perlu memasaknya sebelum dikonsumsi.

  1. Dada Ayam

Makanan sehat lainnya yang dapat kamu konsumsi adalah dada ayam. Kamu dapat memenuhi setengah kebutuhan protein harian dengan empat ons dada ayam. Kandungan fosfor dan vitamin B3 dari makanan tersebut baik untuk tulang dan gigi dan juga baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Untuk Hidup Lebih Sehat, Ini 4 Nutrisi Penting untuk Wanita

  1. Kale

Sayuran hijau ini juga dapat menjadi makanan sehat yang dapat menjaga tubuh kamu tetap bugar. Kandungan vitamin A, K, dan C dari kale sangat baik untuk menjaga kesehatan. Selain itu, sayur tersebut juga mengandung sumber kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait makanan sehat, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi tersebut.

  1. Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon memang tidak pernah diragukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, lemon juga terbukti memiliki sifat antikanker. Ternyata, lemon dapat berdampak paling baik jika digunakan sebagai campuran, seperti pada teh.

  1. Jeruk

Sumber vitamin C lainnya yang memang terkenal menyehatkan tubuh adalah jeruk. Folat padat di dalam buah tersebut sangat penting untuk pemeliharaan dan perbaikan sel. Kandungan kalium dan vitamin B1 juga sangat penting untuk penglihatan dan fungsi kekebalan tubuh.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

  1. Kentang Russet

Makanan sehat lainnya yang baik untuk dikonsumsi wanita adalah kentang russet. Kandungan folat, niasin, kalium, dan fosfor sangat baik untuk tubuh. Ditambah, makanan tersebut kaya akan mineral yang baik untuk menjaga tulang tetap kuat.

  1. Wine

Minuman yang merupakan hasil olahan anggur tersebut disebutkan memiliki kadar kolesterol yang rendah dan membuat pembuluh darah lebih sehat. Kedua hal tersebut dapat membuat jantung seseorang menjadi lebih sehat. Walau begitu, minumlah secukupnya dengan batas wajar.

  1. Labu

Labu juga dapat menjadi makanan yang wajib dikonsumsi wanita. Sayur tersebut mengandung beta karoten yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Hal tersebut baik untuk menjaga kesehatan kulit, fungsi kekebalan tubuh, serta penglihatan.

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Makanan yang Ideal Sesuai Usia

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden juga termasuk makanan sehat untuk wanita yang baik dikonsumsi. Kandungan omega-3 di dalamnya baik untuk jantung dan dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Ikan tersebut juga sumber vitamin B12 yang dapat menjaga sel darah dan saraf tetap sehat.

  1. Kefir

Minuman susu fermentasi ini juga baik dikonsumsi oleh wanita. Kefir mengandung bakteri sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Minuman ini juga mengandung lebih sedikit kalori dan gula dibanding susu biasa.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. The 50 Foods the World's Healthiest Women Eat Every Day