• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Mencegah Anemia pada Wanita

10 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Mencegah Anemia pada Wanita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Zat besi menjadi asupan utama untuk mencegah anemia. Senyawa ini tidak diproduksi secara alami dari dalam tubuh, sehingga kamu perlu mendapatkannya dari makan atau suplemen. Jika kadarnya kurang dalam tubuh, maka akan muncul sejumlah masalah kesehatan, salah satunya adalah anemia. Sebelum hal tersebut terjadi, berikut ini sejumlah makanan pencegah anemia yang wajib dikonsumsi:

Baca juga: 3 Sayuran Tinggi Zat Besi Bantu untuk Mencegah Anemia

1. Kacang Merah

Tahukah kamu jika mengonsumsi dua setengah porsi kacang merah setiap hari dapat meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh? Bukan hanya itu, makanan pencegah anemia yang satu ini juga efektif dalam menurunkan berat badan.

2. Kacang Kedelai

Dalam 100 gram kacang kedelai, mengandung sekitar 13 miligram zat besi. Untuk menikmatinya, kacang kedelai bisa disajikan dalam berbagai cara, seperti diolah menjadi susu atau tempe.

3. Daging Merah

Selain zat besi, daging merah mengandung banyak nutrisi yang penting, termasuk asam amino, vitamin B12, dan seng. Dalam satu porsi daging sapi tanpa lemak seberat 30 gram, mampu memenuhi kebutuhan zat besi hingga 2,5 miligram.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang memiliki kandungan tinggi zat besi adalah bayam dan brokoli. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolah degan merebus atau mengukusnya. Selain zat besi, kedua sayuran tersebut mengandung protein, serat, kalsium, potasium, folat, serta vitamin A, C, dan K.

5. Daun Parsley

Parsley memiliki aroma khas yang dapat meningkatkan cita rasa makanan. Bukan itu saja, daun yang kerap dipakai sebagai penghias makanan ini mengandung zat besi sekitar 6 miligram dalam 100 gram sajiannya.

Baca juga: Kekurangan Zat Besi saat Hamil, Ketahui Dampak yang Bisa Terjadi

6. Oatmeal

Semangkuk oatmeal di pagi hari memberikan 3,5 miligram zat besi di dalamnya. Makanan ini dinilai baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2.

7. Seafood

Selain kaya akan zat besi, seafood juga mengandung omega-3. Untuk mendapatkan manfaat keduanya, kamu bisa mengonsumsi kerang atau ikan sarden. Meskipun memiliki manfaat baik, tetapi jumlah konsumsinya harus tetap dibatasi.

8. Edamame

Edamame bukan hanya mengandung tinggi protein saja, tetapi juga zat besi di dalamnya. Dalam dua setengah porsi edamame, dapat memberikan 3,5 miligram zat besi, yang diikuti dengan serat, vitamin D, dan vitamin A.

9. Kismis

Kismis kerap dijadikan sebagai topping pada kue. Selain rasanya yang manis, buah kering ini mengandung zat besi, vitamin B kompleks, dan mineral lainnya yang dapat menunjang kesehatan tubuh, lho.

10. Dark Chocolate

Dalam 10 gram dark chocolate mengandung 3,4 miligram zat besi. Selain meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, dark chocolate efektif mampu mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Baca juga: 6 Makanan dengan Kandungan Zat Besi untuk Mencegah Anemia

Nah itulah sejumlah makanan pencegah anemia yang wajib dikonsumsi. Untuk mendukung manfaat zat besi yang masuk ke dalam tubuh, jangan lupa berolahraga secara rutin, ya. Jika kamu mengidap masalah kesehatan tertentu dan ingin mengonsumsi sejumlah makanan tersebut, silahkan diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Best Diet Plan for Anemia.
Eatright.org. Diakses pada 2021. Foods to Fight Iron Deficiency.
WebMD. Diakses pada 2021. Iron-Rich Foods.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Healthy Foods That Are Great Sources of Iron.