• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Perubahan Kebiasaan Anak Milenial di Masa Pandemi

10 Perubahan Kebiasaan Anak Milenial di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
10 Perubahan Kebiasaan Anak Milenial di Masa Pandemi

Halodoc, Jakarta – Pandemi corona tidak hanya mengubah cara pandang terhadap kebersihan tetapi juga gaya hidup sehari-sehari. Ada banyak kebiasaan dan rutinitas yang dulunya dilakukan, setelah pandemi terjadi aktivitas tersebut tidak lagi dilakukan. 

Seperti dilansir dari CNBC, disebutkan kalau 46 persen milenial penuh pertimbangan saat memutuskan untuk keluar rumah, 54 persen mengurangi frekuensi berbelanja, dan 30 persen memutuskan untuk belanja online. Seperti apakah perubahan kebiasaan anak milenial di masa pandemi? Baca selengkapnya di sini!

1. Work from Home

Sejak pandemi corona mewabah di Indonesia Maret lalu, kebiasaan para pekerja milenial mengalami perubahan signifikan. Sebagian kantor menerapkan work from home dan sebagian lagi menerapkan sistem shift dan membatasi jumlah karyawan yang masuk ke kantor. Ini dilakukan guna mencegah penyebaran corona dan membatasi jumlah massa di satu tempat. 

Baca juga: Ketahui Prosedur Swab Antigen yang Tepat

2. Meeting Online

Keterbatasan tatap muka membuat semua orang semakin menyadari pentingnya teknologi digital. Karena tidak bisa bertemu langsung, meeting yang dilakukan pun dilakukan secara online. Aplikasi semacam Zoom dan Google Meet semakin sering digunakan.

3. Nongkrong di Rumah

Weekend tidak lagi menjadi hari yang ditunggu-tunggu untuk hangout dan nongkrong. Anak milenial di masa pandemi punya kecenderungan untuk menghabiskan waktu senggang di rumah saja. 

Baca juga: Vaksin Corona Tersedia November, Berapa Jumlah yang Dibutuhkan?

4. Beli Kopi Online

Ngopi adalah kebiasaan anak milenial zaman now. Di masa pandemi ini, aktivitas ini tidak lagi dilakukan. Ada kecenderungan untuk membeli online dan menikmatinya di rumah saja. 

5. Olahraga Mandiri

Himbauan untuk tidak berkumpul di satu tempat membuat aktivitas olahraga di dalam ruangan terhambat untuk dilakukan. Gym tidak lagi menjadi favorit, bahkan beberapa studio yoga masih tutup semenjak pandemi corona. 

Menyikapi hal tersebut, anak-anak milenial melakukan olahraga secara mandiri. Kelas-kelas olahraga yang dilakukan secara online menjadi pilihan untuk sementara.

6. Tren Bersepeda

Ketika keterbatasan tempat untuk olahraga diberlakukan selama masa pandemi, bersepeda kembali menjadi tren. Apalagi beberapa waktu lalu keberadaan transportasi umum dibatasi untuk mengurangi penyebaran corona. Bersepeda menjadi jawaban, selain sebagai olahraga juga bisa untuk berkendara.

Baca juga: Wajib Tahu, 5 Gaya Hidup Baru di Masa Pandemi

7. Lebih Menjaga Kebersihan

Setidaknya salah satu perubahan ini membawa kebaikan yaitu meningkatnya kesadaran untuk menjaga kebersihan. Hand sanitizer selalu tersedia di dalam tas demikian juga masker wajah. 

8. Menunda Traveling

Ada banyak anak muda yang menunda traveling semenjak masa pandemi. Selain karena beberapa destinasi yang belum dibuka untuk umum, aktivitas traveling sesungguhnya belumlah menjadi prioritas utama di masa pandemi saat ini. Buat para perantau pun harus menunda untuk pulang ke kampung halaman guna memutus rantai penyebaran corona.

9. Nonton Online Semakin Marak

Nonton di bioskop kerap menjadi hiburan buat para milenial, terutama bagi para movie mania. Namun, lagi-lagi pandemi corona membuat aktivitas ini harus dihentikan. Sebagai solusi untuk kondisi tersebut, nonton online menjadi pilihan. Mulai dari streaming berbayar sampai yang tidak berbayar dijalani sebagai hiburan.

10. Kesadaran untuk Hidup Lebih Sehat

Pandemi corona memang membawa perubahan di segala sisi, hal positif lainnya adalah kesadaran untuk hidup sehat. Pola makan sehat, olahraga, dan sesederhana berjemur di sinar matahari dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Bagaimana corona memengaruhi kehidupanmu? Kalau kamu butuh informasi update mengenai corona bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
CNBC. Diakses pada 2020. Millennials are the ‘worried’ generation and changing spending habits most amid coronavirus outbreak, study shows.
BBC. Diakses pada 2020. How will coronavirus change the way we live?