15 March 2019

10 Tahun Lebih Muda dari Usianya, Ini Rahasia Si Manusia Super Ronaldo

10 Tahun Lebih Muda dari Usianya, Ini Rahasia Si Manusia Super Cristiano Ronaldo

Halodoc, Jakarta - Kecemerlangan bintang Juventus Cristiano Ronaldo, di Liga Champions sukses membawa Si Nyonya Tua (julukan Juventus) melaju ke perempat final. Tak tanggung-tanggung, Ronaldo berhasil mencetak hattrick dan menundukan Atletico Madrid dalam laga tersebut.

Menariknya lagi, hattrick CR7 (julukan Cristiano Ronaldo) membuat nilai saham Juve naik drastis di bursa saham. Seperti dilansir Bloomberg, nilai sahamnya naik sebesar 30 persen. Awalnya 1,22 Euro per lembarnya, menjadi 1,59 Euro saat pasar saham dibuka di waktu setempat.

Usia Ronaldo sebenarnya sudah terbilang “senja” bagi seorang striker, namun tak ada tanda-tanda kalau superstar ini akan mengibarkan bendera putih. Beberapa ahli olahraga berpendapat, kebugaran Ronaldo bisa disejajarkan dengan LeBron James (bintang NBA) dan Tom Brady (pemain National Football League—NFL). Terdapat beberapa kesamaan dari ketiganya. Mulai dari bintang di cabang olahraga masing-masing, mengoleksi banyak penghargaan, dan kondisi tubuh seperti pria di usia 20-an, wow!

Baca juga:5 Prinsip Membentuk Otot yang Wajib Pria Ketahui)

Kekuatan, kelincahan, hingga kehebatan pria berotot kekar ini seakan-akan tak pudar di usianya yang sudah 34 tahun. Bahkan, tes medis pernah membuktikan umur biologis pria asal Portugal ini masih sekitar 20-an tahun. Lho, kok bisa?

Umur biologis sebenarnya merupakan hasil perhitungan dari proses penuaan sel-sel tubuh. Di tingkat molekuler, tingkat kerusakan ini bisa terlihat dari komponen DNA yang disebut telomere. Nah, cepat lambatnya proses penuaan ini disebabkan banyak faktor.

Tapi, kabar baiknya penuaan ini bisa direm alias diperlambat. Semua bergantung pada faktor diet, penyakit, hingga aktivitas fisik. Lalu, apa sih resep rahasia Si Manusia Super Cristiano Ronaldo?

Diet Sehat Hingga Enam Porsi

Jangan kaget, menurut hasil tes saat masih berkostum Real Madrid, ternyata kebugaran CR7 masih menunjukkan usia 23 tahun, wow!

Enggak cuma itu saja, hingga saat ini pun belum ada tanda-tanda kalau stamina dan kemampuannya berkurang. Menariknya lagi, otot CR7 masih tampak kekar, lho. Lalu, apa sih rahasianya?

Selain menyukai olahraga di gym, ayah empat anak ini juga selalu mengonsumsi makanan sehat. Ia mengaku kalau dirinya suka memakan makanan-makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayur, gandum yang utuh, dan protein yang tak berlemak.

Menu sarapan CR7 terdiri dari ham dan keju, kue croissants yang dilengkapi dengan yoghurt dan buah alpukat. Sedangkan makan siangnya, ia akan menyantap hidangan berbasis ikan. Misalnya, hidangan khas portugal, seperti Bacalhau. Menu ini terdiri dari ikan cod, bawang, kentang, dan telur orak-arik. Selain ikan cod, Ronaldo juga gemar mengonsumsi ikan kakap dan todak.

Baca juga: Inilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kebugaran Tubuh Anak

Enggak berbeda dengan kebanyakan orang, CR7 pun juga suka camilan kok. Hanya saja snack yang dipilihnya terbilang sehat dan bergizi. Ronaldo suka menyantap roti gandum yang dikombinasikan dengan ikan sarden. Lalu, bagaimana dengan menu makan malamnya?  Biasanya menyantap steak atau ikan tuna yang dikombinasikan dengan salad.

Ronaldo mengakui kalau dirinya rutin mengonsumsi makanan berprotein tinggi, dengan banyak karbohidrat, buah dan sayuran, serta menghindari makanan bergula. Selain itu, dirinya pun selalu makan dengan teratur. Bahkan, terkadang CR7 makan hingga enam porsi kecil sehari untuk memastikan tercukupinya energi tubuh selama melakukan setiap sesi latihan.

Tak Ada Kompromi dengan Alkohol

Bagaimana CR7 memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya? Menurut koki dari Timnas Portugal, seperti dilansir Business Insider, selain melalui air putih, Ronaldo juga meminum minuman isotonik rendah gula dengan campuran karbohidrat untuk meningkatkan daya tahan dan cairan elektrolit serta vitamin B12 untuk melawan kelelahan.

Selain itu, ada gaya hidup menarik yang dimiliki oleh CR7 yang juga disukai oleh para fans-fansnya. Ternyata, dirinya sama sekali tidak menyukai alkohol. Selain itu, menurut jurnalis dari Portugal, Ronaldo bukanlah salah satu pemain yang suka keluar larut malam dan minum-minum (alkohol).

Heran? Bagaimana bisa pemain bintang yang bergelimangan harta seperti Ronaldo, enggak menyukai kehidupan “malam”? Jangan salah lho, meski statusnya sebagai atlet profesional, banyak pemain sepak bola yang doyan minum-minum dan keluar di malam hari. Misalnya, melipir ke berbagai pesta atau club malam demi membuang rasa jenuh dan penat. Tapi, ternyata hal ini enggak berlaku bagi Ronaldo.

Baca juga: Inilah Pengaruh Alkohol Terhadap Kesehatan Jantung dan Liver

Lima Tips Simpel Tunda Penuaan Biologis

1. Jaga Berat Badan

Berat badan sebenarnya hanya indikator, sebab yang lebih penting adalah komposisi massa tubuh. Jagalah kadar lemak dan protein selalu di titik optimal. Cristiano Ronaldo memiliki kadar lemak yang sangat rendah, yaitu 7 persen. Sedangkan masa ototnya amat tinggi, yaitu 50 persen.

2. Rutin Berolahraga

Yang satu ini enggak usah diperdebatkan lagi, olahraga merupakan cara terjitu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. WHO merekomendasikan aktivitas fisik dengan intensitas ringan-sedang selama 30 menit sehari selama lima hari (dalam sepekan). Olahraga akan membuat sistem metabolisme jadi lebih baik.

3. Selektif Memilih Nutrisi Tubuh

Makanan bergizi seimbang merupakan syarat utama memelihara sel-sel tubuh. Oleh sebab itu, jangan asal mengasup makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Di samping itu, batasi asupan gula, garam, dan lemak.

Baca juga: Inilah 5 Makanan yang Dikonsumsi Atlet Sepak Bola Saat Half Time

4. Kelola Stres dengan Baik

Stres tak hanya menyoal psikis saja, sebab kondisi mental ini bisa mempercepat kerusakan sel-sel tubuh. Karena itu, kelolalah stres secara baik dengan berpikir positif dan meluangkan waktu untuk menenangkan diri.

5. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Ingat, tubuh beserta sel-selnya membutuhkan waktu istirahat untuk memperbaiki diri dari kerusakan-kerusakan setelah digunakan untuk beraktivitas. Caranya? Simpel kok, tidur! Menurut rekomendasi dari National Sleep Foundation, orang dewasa muda dan dewasa (18–64 tahun) semestinya tidur selama 7–9 jam.

Nah, sudah tahu kan cara menunda usia biologis seperti yang dilakukan CR7. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Mau tau lebih jauh mengenai masalah di atas? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!