• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 11 Makanan yang Dikategorikan sebagai Aphrodisiac
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 11 Makanan yang Dikategorikan sebagai Aphrodisiac

11 Makanan yang Dikategorikan sebagai Aphrodisiac

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 November 2021
11 Makanan yang Dikategorikan sebagai Aphrodisiac

“Kopi, cokelat, tiram, alpukat, madu, pisang, almond, serta semangka adalah beberapa makanan yang dikategorikan sebagai aphrodisiac. Ini dinilai karena kandungan pada makanan tersebut yang dapat meningkatkan mood positif dan melancarkan aliran darah.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah ketika mengonsumsi makanan tertentu kamu merasakan hasrat yang membuncah? Bisa jadi makanan yang kamu makan termasuk aphrodisiac, yaitu zat yang bisa meningkatkan gairah seksual. 

Mengapa jenis makanan ini bisa meningkatkan gairah seksual? Ini karena adanya kandungan seperti capsaicin yang dapat meningkatkan sensasi tubuh atau antioksidan yang mampu meningkatkan aliran darah. Lantas, makanan apa saja yang dikategorikan sebagai aphrodisiac? 

1. Asparagus

Tingginya jumlah vitamin E dalam asparagus dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke alat kelamin. Kadar potasium yang tinggi pada asparagus juga terkait dengan produksi hormon seks. 

2. Alpukat

Menurut bahasa Aztec untuk alpukat disebut juga “ahuacatl,” yang berarti “testis.” Selain dari arti katanya, alpukat mengandung asam folat tingkat tinggi, vitamin B9 (memberi tubuh lebih banyak energi) dan vitamin B6 (yang membantu meningkatkan produksi testosteron).

3. Pisang 

Pisang mengandung enzim bromelain yang diyakini dapat meningkatkan gairah seksual pada pria. Selain itu, kandungan potasium, riboflavin, dan vitamin B2 yang tinggi juga dapat menjaga tingkat energi dan kesehatan tulang.

4. Cokelat 

Cokelat mengandung phenylethylamine, yaitu stimulan yang menimbulkan rasa bahagia. Meski begitu, tidak semua cokelat bermanfaat untuk kesehatan. Pastikan pilihan cokelat yang kamu makan adalah cokelat hitam, bukan cokelat susu yang tinggi kandungan gulanya.

5. Tiram

Mengapa tiram dikategorikan sebagai aphrodisiac? Ini dikarenakan tiram mengandung banyak zinc yang merupakan penting dalam produksi testosteron dan produksi sperma. Plus, tiram mengandung dopamine, yaitu bahan kimia pada otak yang meningkatkan keinginan untuk berhubungan intim.

6. Almond 

Almond adalah sumber utama asam lemak yang dapat membantu produksi hormon. Selain dari kandungannya, aroma almond juga dapat membangkitkan gairah.

7. Vanilla

Vanilla tidak hanya memiliki aroma yang menggairahkan, tetapi juga dapat menciptakan efek menenangkan secara keseluruhan. Aroma vanilla dinilai ampuh meningkatkan  mood untuk berhubungan seks. 

8. Semangka

Semangka mengandung citrulline dan fitonutrien tinggi yang dapat meningkatkan jumlah asam nitrat dalam tubuh. Kandungan dalam semangka tersebut dapat meningkatkan aliran darah, relaksasi pembuluh darah, dan gairah seksual. 

9. Madu 

Boron pada madu dapat membantu mengatur kadar hormon dan oksida nitrat (yang berperan pada peningkatan aliran darah selama gairah). Oksida nitrat pada madu juga membantu membuka pembuluh darah yang terlibat dalam ereksi dan pembengkakan klitoris.

10. Kopi

Sama halnya dengan cokelat, kafein pada kopi dapat meningkatkan stamina dan meningkatkan mood. Selain itu, kopi juga meningkatkan kadar dopamine di otak.

11. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, yang penting untuk produksi hormon seks dan neurotransmiter kimia di otak untuk meningkatkan libido. Vitamin C juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Perlu diketahui, mengalami peningkatan libido setelah mengonsumsi makanan mungkin lebih termasuk efek plasebo. Namun, ada juga kemungkinan faktor-faktor lain menjadi penentu. Misalnya, makan tiram saat dinner romantis, atau cokelat yang diletakkan di tempat tidur dan lain-lainnya. Secara tidak langsung, bukan hanya makanan, melainkan momen saat makanan tersebut disajikan juga menjadi penentu peningkatan hasrat.

Terlepas dari itu, makanan yang disebutkan sebelumnya termasuk makanan sehat. Jika kamu mengombinasikan kebiasaan makanan sehat dengan olahraga, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan secara keseluruhan, bukan hanya dari sisi peningkatan gairah seksualnya saja. 

Kalau kamu punya masalah kesehatan seksual dan ingin memeriksakan diri ke dokter, buat saja janji pemeriksaan di rumah sakit pilihan lewat aplikasi Halodoc! Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan lainnya, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
IVFMD. Diakses pada 2021. 29 Aphrodisiac Foods That Can Affect Your Sex Drive.
Allina Health. Diakses pada 2021. Foods that put you in the mood: Fact or fiction?