• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 11 Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 11 Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Penyakit Dalam

11 Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Januari 2022
11 Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Penyakit Dalam

"Dokter spesialis penyakit dalam ditemui saat mengalami keluhan terkait organ dalam tubuh manusia. Maka dari itu, ada beberapa jenis penyakit yang ditangani oleh dokter penyakit dalam, seperti alergi imunologi, ginjal hipertensi, kardiologi, dan lainnya."

Halodoc, Jakarta – Dokter spesialis penyakit dalam memiliki keahlian di bidang penyakit tertentu. Secara umum, dokter berperan dalam memastikan jenis penyakit yang dialami, melakukan diagnosis penyakit, serta menentukan jenis pengobatan yang tepat untuk satu jenis penyakit. Penting untuk mengetahui jenis penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam. 

Dokter penyakit dalam atau yang dikenal sebagai internis adalah dokter yang menangani berbagai macam keluhan semua organ dalam tubuh manusia. Spesialis penyakit dalam terbagi lagi menjadi beberapa subspesialisasi, tergantung pada sistem atau organ tubuh yang ditanganinya. Namun, secara umum internis menangani penyakit yang berkaitan dengan organ dalam pada manusia berusia 18 tahun ke atas.

Kondisi yang Harus Ditangani Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Ada beberapa jenis penyakit yang nyatanya perlu penanganan dokter spesialis penyakit dalam, di antaranya:

  1. Alergi Imunologi. Penyakit dalam yang berkaitan dengan alergi dan gangguan terhadap sistem kekebalan tubuh manusia.
  2. Gastroenterohepatologi. Penyakit dalam yang berkaitan dengan gangguan terhadap sistem pencernaan dan organ hati.
  3. Geriatri. Penyakit dalam yang berkaitan dengan bertambahnya usia seseorang. Biasanya penyakit ini berupa gangguan medis yang terjadi akibat proses penuaan.
  4. Ginjal Hipertensi. Penyakit dalam ini berkaitan dengan gangguan pada organ ginjal dan tekanan darah tinggi.
  5. Hematologi Onkologi Medik. Penyakit dalam ini berkaitan dengan adanya gangguan atau kelainan pada darah. Biasanya penyakit ini berkaitan dengan kanker.
  6. Kardiologi. Penyakit dalam yang berkaitan dengan adanya gangguan pada jantung.
  7. Metabolik Endokrin. Penyakit ini berkaitan dengan gangguan pada metabolisme tubuh.
  8. Psikosomatik. Penyakit dalam ini disebabkan oleh gangguan penyakit lain dan biasanya semakin diperparah dengan adanya gangguan mental pada pengidap.
  9. Pulmonologi. Kondisi ini akan terkait dengan adanya gangguan pada penyakit paru-paru.
  10. Reumatologi. Penyakit ini berhubungan dengan adanya gangguan pada sendi dan gangguan autoimun.
  11. Tropik Infeksi. Penyakit dalam yang berhubungan dengan adanya infeksi bagian dalam yang umum muncul pada daerah beriklim tropis.

Persiapan sebelum Pemeriksaan Penyakit Dalam

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam. Proses ini membantu mempermudah pemeriksaan serta mendiagnosis penyakit yang dialami. Persiapannya adalah sebagai berikut:

  • Riwayat Kesehatan Secara Menyeluruh

Dokter spesialis penyakit dalam perlu mengetahui riwayat kesehatan pasien secara menyeluruh, baik yang pernah diidap ataupun yang sedang dialami. Sampaikan pada dokter jika saat pengobatan terdahulu ada hasil pemeriksaan seperti foto rontgen, hasil tes laboratorium, atau CT Scan.

  • Jenis Obat yang Pernah Dikonsumsi

Dokter spesialis dalam perlu mengetahui jenis obat apa saja yang pernah dikonsumsi. Tidak hanya obat dari dokter, sebaiknya juga menginformasi obat-obatan herbal yang pernah dikonsumsi.

  • Surat Rujukan

Persiapkan surat rujukan yang didapatkan dari pemeriksaan kesehatan sebelumnya. Surat rujukan dapat menjadi gambaran awal mengenai kesehatan kamu yang akan ditangani.

Beberapa prosedur tersebut sebaiknya dipersiapkan dengan baik agar proses pengobatan penyakit dalam dapat berjalan dengan baik. Setelah menjalani pemeriksaan, dokter spesialis penyakit dalam meninjau hasil dan memperoleh keputusan mengenai diagnosa penyakit yang dialami serta rencana terapi hingga pengobatan yang perlu dilakukan agar penyakit dalam bisa ditangani dengan tepat.

Penanganan yang tepat meminimalkan risiko, sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter spesialis penyakit dalam melalui aplikasi Halodoc, rekomendasinya di bawah ini: 

  • dr. Hery Djagat Purnomo, Sp.PD-KGEH. Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Gastroenterologi - Hepatologi) yang aktif melayani pasien di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Beliau mendapatkan gelar kedokteran setelah menamatkan pendidikan di Universitas Diponegoro, Semarang. Dokter Hery Djagat tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PDPI) sebagai anggota.
  • dr. Mujaddid Idulhaq, Sp.OT(K), M.Kes. Dokter Ortopedi Konsultan Orthopaedic Oncology yang berpraktik di RS dr. Oen Solo Baru. Beliau menamatkan pendidikan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi di Universitas Padjadjaran. Dokter Mujaddid Idulhaq tergabung dalam organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Indonesia (PABOI).
  • dr. Pramono Ari Wibowo, Sp.OT. Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi yang aktif melayani pasien di National Hospital Surabaya dan RS Mitra Keluarga Kenjeran. Beliau mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Airlangga, Surabaya. Dokter Pramono Ari tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia.

Buat janji temu dengan dokter kini lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Sesuaikan kebutuhan dan gejala penyakit dan pilih dokter yang akan dikunjungi. Download aplikasi Halodoc untuk mulai mencari dan membuat janji dengan dokter spesialis penyakit dalam pilihan. 

Referensi: 
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Preparing for a Health or Medical Appointment.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. What’s the Difference between an Internist and a Family Physician?
Healthline. Diakses pada 2022. Guide to Primary Care Practice (PCP), Family Doctors, and Internists.
MedicineNet. Diakses pada 2022. Medical Definition of Internist.
WebMD. Diakses pada 2022. What Is an Internist?