• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 13 Tips untuk Memiliki Kehamilan yang Nyaman
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 13 Tips untuk Memiliki Kehamilan yang Nyaman

13 Tips untuk Memiliki Kehamilan yang Nyaman

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Mei 2022

“Setiap wanita hamil perlu mewujudkan masa kehamilan yang nyaman. Nah, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah rutin memeriksakan kehamilan, berhenti merokok, dan perbanyak minum air putih.”

13 Tips untuk Memiliki Kehamilan yang Nyaman

Halodoc, Jakarta – Kehamilan dapat menjadi momen yang dinantikan oleh beberapa pasangan. Pada beberapa kesempatan, kehamilan dapat menambah beban pada sang ibu, terlebih jika sudah memasuki trimester akhir. Lalu, apa saja sih tips untuk memiliki masa kehamilan yang nyaman? Ketahui jawabannya di sini!

Tips untuk Mendapatkan Masa Kehamilan yang Nyaman

Rasa gembira memiliki bayi bisa saja mereda karena berbagai masalah fisik yang timbul. Ibu bisa saja mengalami rasa sakit, nyeri, atau ketidaknyamanan ketika hamil. Hal ini terjadi karena adanya perubahan pada tubuh selama kehamilan. Meski begitu, tidak semua wanita mengalami masalah ini ketika hamil.

Namun, saat mengalaminya  ibu perlu tahu beberapa tips untuk mendapatkan masa kehamilan yang nyaman, yaitu:

1.  Rutin Memeriksakan Kehamilan 

Tips kehamilan yang pertama adalah secara rutin mengontrol ke dokter untuk memeriksakan kehamilan. Bahkan pemeriksaan harus lebih sering dilakukan di trimester akhir kehamilan. Selain itu, jangan ragu untuk segera menemui dokter jika alami keluhan atau kekhawatiran tentang kehamilan.

2.  Berhenti Merokok

Tips agar masa kehamilan nyaman lainnya adalah berhenti merokok dan janganlah menjadi perokok pasif. Sebab, saat sering menghirup asap rokok dari orang sekitar, risiko bayi lahir dengan berat badan yang kurang lebih tinggi. Hal ini dapat menyebabkan bayi lebih rentan sakit atau bahkan alami kematian. Terbiasa terkena paparan rokok juga dapat meningkatkan risiko keguguran.

3.  Perbanyak Minum Air Putih

Ada baiknya untuk tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi lebih banyak air putih. Air dapat membantu fungsi ginjal dan hati untuk sang ibu dan bayi. Cairan yang masuk juga berguna untuk meningkatkan volume darah selama kehamilan. Cobalah untuk mengonsumsi 8-10 gelas air per hari (2-3 liter) dan hindari minuman berkafein.

4.  Konsumsi Makanan Bergizi 

Ibu juga perlu mengonsumsi lebih banyak makanan bergizi seimbang. Hal ini untuk memastikan ibu dan janin mendapatkan gizi yang cukup. Pastikan untuk memenuhi beberapa nutrisi dasar dengan konsumsi makanan, seperti sumber karbohidrat, makanan berprotein, sayur dan buah, serta susu. Kurangi makanan berlemak dan lebih banyak konsumsi makanan berserat.

5.  Cukupi Kebutuhan Asam Folat

Ibu juga perlu memastikan konsumsi asam folat agar masa kehamilan tetap nyaman. Asam folat bisa diperoleh dari kandungan vitamin yang perlu dikonsumsi setiap hari, terutama di bulan-bulan awal. Kandungan ini juga bisa didapatkan melalui beberapa makanan, seperti sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, dan masih banyak lagi.

6.  Konsumsi Vitamin Penambah Darah

Cara agar masa kehamilan tetap nyaman lainnya adalah rutin mengonsumsi vitamin penambah darah. Konsumsi vitamin ini selama hamil atau sesuai anjuran dokter. Vitamin dengan kandungan zat besi ini mampu mencegah terjadinya anemia saat hamil yang dapat meningkatkan risiko terjadi perdarahan saat persalinan dan banyak masalah lainnya.

7.  Berhati-Hati saat Konsumsi Obat-Obatan

Ibu juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi obat-obatan selama kehamilan, termasuk juga obat-obatan tradisional. Sebab, kandungannya kerap belum diketahui keamanannya untuk wanita hamil. Selain obat, alkohol dan kafein juga termasuk yang perlu dihindari.

8.  Konsultasikan Keamanan Obat 

Jika ibu memiliki obat-obatan yang perlu diminum secara rutin sebelum hamil, ada baiknya dibicarakan pada dokter. Mungkin dokter akan memberikan saran atau penyesuaian terhadap obat yang dikonsumsi agar kehamilan tetap sehat.

9.  Banyak Bertanya pada Dokter

Ibu tidak perlu sungkan atau takut untuk bertanya pada dokter terkait kekhawatiran atau apa pun yang membingungkan. Hal ini tentu dapat membantu kehamilan agar tetap nyaman. 

10.  Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, salah satunya senam hamil. Selain itu, ada juga olahraga aman lainnya yang bisa dilakukan, seperti berjalan kaki atau bersepeda statis. Meski begitu, alangkah lebih baiknya untuk berdiskusi dengan dokter untuk memilih jenis olahraga yang paling baik.

11. Makan Sedikit Tapi Lebih Sering

Cobalah untuk makan dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5 – 6 kali perhari. Cara ini lebih baik dibandingkan makan dalam 3 porsi besar. Metode ini dapat mengurangi mual-muntah yang kerap terjadi pada ibu hamil. Hindari juga makanan yang dapat memicu terjadinya masalah tersebut.

12. Jangan Mandi Air Hangat

Ibu juga perlu memastikan untuk tidak mandi atau berendam dengan air hangat saat hamil. Panas tinggi dapat membahayakan janin yang ada di kandungan.

13. Cegah Sakit Punggung

Sakit punggung adalah masalah yang rentan terjadi pada ibu hamil. Maka dari itu, penting untuk menghindarinya dengan memiliki postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri, bahkan berjalan. Pastikan juga menghindari dalam menggunakan sepatu hak tinggi.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kehamilan terasa nyaman. Pastikan untuk menerapkan semua hal tersebut agar aktivitas yang dilakukan tidak terganggu. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter jika ibu merasa hal ini perlu diketahui oleh dokter.

Ibu bisa lo menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc jika ingin memastikan sesuatu hal yang berhubungan dengan kehamilan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dengan penggunaan smartphone. Gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
UPMC. Diakses pada 2022. Staying Comfortable During Pregnancy.
Lambs Ivy. Diakses pada 2022. The Ultimate Guide to Staying Comfortable During Pregnancy.