• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 2 Cara Diagnosis untuk Mendeteksi Terjadinya Heloma

2 Cara Diagnosis untuk Mendeteksi Terjadinya Heloma

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Heloma atau lebih sering dikenal dengan sebutan mata ikan terjadi ketika kulit mengalami pengerasan atau penebalan. Pengerasan atau penebalan kulit ini adalah bentuk perlindungan kulit dari gesekan dan tekanan. Mata ikan paling sering berkembang di kaki, jari kaki, tangan, atau jari-jari tangan. 

Bedanya dengan kapalan biasa, heloma biasanya menimbulkan rasa sakit, sehingga seseorang yang mengidapnya merasa tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara membedakan kapalan biasa dengan kapalan heloma? Adakah cara-cara untuk mendiagnosisnya? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Jarang Ganti Kaos Kaki Bisa Sebabkan Mata Ikan Tumbuh

Cara Mendiagnosis Heloma

Sebenarnya tidak sulit untuk mendiagnosis heloma. Ketika kamu memeriksakan diri ke dokter, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan berikut:

1. Pemeriksaan Fisik

Hal pertama yang akan dilakukan dokter adalah melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari ciri-ciri heloma. Heloma ditandai dengan kulit yang menonjol dan benjolan tersebut terasa keras dan tebal saat dipegang. Selain ciri tersebut, kulit yang mengalami heloma biasanya bersisik, kering atau berminyak. Hal yang membedakannya dengan kapalan biasa, tonjolan heloma akan terasa nyeri bila ditekan. Kalau kamu mengalami tanda-tanda kapalan dan curiga mengalami heloma, gejala-gejala berikut juga bisa kamu amati di rumah:


  • Penebalan atau pengerasan pada kulit.
  • Benjolan terasa keras.
  • Kulit menjadi kering dan lumak.
  • Ketika ditekan, benjolan akan terasa sakit atau nyeri. 

2. Dilanjutkan dengan Pemeriksaan X-Ray

Biasanya untuk mendiagnosis heloma, dokter hanya perlu melakukan pemeriksaan fisik. Namun, jika dokter curiga heloma disebabkan oleh gangguan lain seperti kutil atau kista, dokter mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti X-Ray. Melalui pemeriksaan ini, dokter dapat melihat kondisi kaki dan tangan secara lebih jelas guna mendeteksi penyebab heloma. 

Baca juga: Tanpa Operasi, Inilah 4 Cara Mengobati Mata Ikan

Apakah Heloma Bisa Disembuhkan?

Karena menimbulkan rasa nyeri, maka heloma tentu perlu ditangani. Beberapa opsi perawatan yang bisa dipilih untuk mengobati heloma, yaitu:

  • Mengikis jaringan. Tindakan ini harus dilakukan oleh dokter. Dokter akan mengikis kulit yang menebal atau memotong dengan pisau bedah.
  • Memberikan tambalan. Selain opsi bedah, dokter mungkin meresepkan obat topikal yang mengandung 40 persen asam salisilat. Obat ini biasanya digunakan dengan cara ditambal. Dokter akan memberitahu kamu tentang seberapa sering kamu perlu mengganti tambalan ini. Sebelum menggunakannya, dokter biasanya menyarankan kamu untuk menggunakan batu apung, kikir kuku, atau papan amril untuk menghaluskan kulit mati sebelum memasang tambalan baru. 
  • Sisipan sepatu. Jika kamu memiliki kelainan bentuk kaki, dokter mungkin meresepkan sisipan sepatu berbantal yang dibuat khusus (ortotik) untuk mencegah timbulnya kapalan atau kapalan berulang.
  • Operasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter harus melakukan operasi untuk memperbaiki keselarasan tulang yang menyebabkan gesekan.

Tips Mencegah Timbulnya Heloma

Ada sejumlah tips yang bisa kamu coba untuk mencegah timbulnya kapalan, seperti:

  • Kenakan sepatu yang nyaman dan pas. Kenakan sepatu tidak terlalu ketat dan memberi banyak ruang pada jari kaki. Saat membeli sepatu, pastikan ukurannya pas dan tidak ada titik mana pun yang dapat menggesek atau menjepit ujung atau pinggir-pinggir jari kaki. 
  • Gunakan penutup pelindung. Kenakan bantalan kain atau perban di area yang bergesekan dengan alas kaki. 
  • Pakai sarung tangan. Kenakan sarung tangan empuk saat menggunakan perkakas tangan. Atau coba lapisi gagang perkakas dengan selotip atau penutup kain.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih Obat Mata Ikan

Jika kamu merasa mengidap heloma dan tidak nyaman dengan rasa nyerinya, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, kamu dapat membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Corns and calluses.
Healthline. Diakses pada 2020. Corns and Calluses.