2 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Menangani Skorbut

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
2 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Menangani Skorbut

Halodoc, Jakarta – Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Seseorang dengan kekurangan vitamin dapat mengalami gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit skorbut. Penyakit skorbut adalah kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin C. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Skorbut

Vitamin C adalah kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Kamu membutuhkan asupan yang membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh. Tubuh memerlukan kandungan vitamin C karena vitamin ini dapat membantu pembentukan kolagen dalam tubuh. Yuk, ketahui apa saja penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah skorbut atau kekurangan vitamin C dalam tubuh.

Lakukan Ini untuk Penanganan Skorbut

Kolagen dalam tubuh adalah protein yang terdapat dalam beberapa jaringan tubuh seperti pada kulit, tulang hingga pembuluh darah. Kekurangan vitamin C menyebabkan serat kolagen di dalam tubuh tidak dapat memperbaiki jaringan dalam tubuh yang mengalami kerusakan. Kerusakan jaringan ini yang memicu seseorang alami skorbut.

Seseorang yang alami skorbut mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya, seperti merasa lelah dan letih terus-menerus sepanjang waktu. Selain itu, pengidap skorbut mengalami nyeri pada bagian-bagian sendi gerak tubuh, seperti tungkai. 

Pembengkakan pada gusi dan mudah alami perdarahan pada sekitar mulut dan gigi menjadi awal dari gejala yang akan dialami seseorang yang kekurangan vitamin C atau skorbut. Sesak napas, kulit lebam, munculnya bintik-bintik biru kemerahan pada kulit, dan bekas luka yang merah dan bengkak menjadi gejala lain dari penyakit skorbut. Lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gejala yang kamu alami.

Baca juga: Ini Alasan Kekurangan Vitamin C Sebabkan Skorbut

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun dapat alami penyakit skorbut. Anak-anak pengidap skorbut akan mengalami gejala, seperti penurunan nafsu makan, berat badan yang bertumbuh dengan lambat, diare hingga demam. Namun, pada awal mengalami kekurangan vitamin C biasanya pengidap skorbut tidak mengalami gejala apapun. Gejala dialami ketika skorbut sudah berkembang dalam tahap yang cukup kronis selama 3 bulan.

Ketahui penanganan yang tepat untuk seseorang yang alami kekurangan vitamin C dengan melakukan beberapa cara, seperti:

1. Mengatur Pola Makan

Seseorang yang mengalami skorbut sebaiknya kembali mengatur pola makan yang dijalani agar kebutuhan vitamin dan gizi di dalam tubuh terpenuhi. Perbanyak buah dan sayuran yang mengandung vitamin C cukup tinggi, seperti jeruk, lemon, stroberi, pepaya, tomat, wortel, brokoli, kentang, bayam, dan kol. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dalam keadaan segar agar manfaat yang dirasakan lebih optimal.

2. Suplemen Vitamin C

Jika kamu sudah mengatur pola makan namun masih mengalami beberapa gejala dari penyakit skorbut, tidak ada salahnya untuk menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhannya di dalam tubuh.

Ketahui Penyebab Seseorang Alami Skorbut

Penyebab utama seseorang alami skorbut adalah kekurangan vitamin C dalam tubuh. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang alami kekurangan vitamin C dalam tubuh, seperti kebiasaan mengonsumsi alkohol, menjalani kehamilan atau menyusui, memiliki penyakit gangguan dalam penyerapan nutrisi seperti penyakit Crohn dan mengalami anoreksia nervosa.

Baca juga: Bagaimana Cara Cegah Skorbut?

Segera atasi kondisi ini karena penyakit skorbut yang tidak segera diatasi mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh, seperti jaundice, penyakit edema, dan penyakit jantung.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Everythingh You Need to Know About Scurvy
Healthline. Diakses apda 2019. What is Scurvy