• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 2 Kreasi Camilan Bernutrisi untuk Cegah Penyakit Jantung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 2 Kreasi Camilan Bernutrisi untuk Cegah Penyakit Jantung

2 Kreasi Camilan Bernutrisi untuk Cegah Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 17 November 2021
2 Kreasi Camilan Bernutrisi untuk Cegah Penyakit Jantung

"Pencegahan penyakit jantung tidak hanya dilakukan dengan menghindari makanan pantangan, tetapi juga mengonsumsi makanan yang dapat menyehatkan jantung. Mengetahui nutrisi penting untuk kesehatan jantung dapat membantu kamu membuat kreasi camilan sehat. Cokelat yang dipadu dengan kacang ataupun ikan tuna yang dipadu dengan kacang adalah contoh kreasi camilan sehat yang bisa dimakan untuk mencegah penyakit jantung."

Halodoc, Jakarta - Selama ini untuk menghindari penyakit jantung orang cenderung lebih berfokus pada jenis makanan yang harus dihindari, ketimbang makanan yang sebaiknya dimakan untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak ada salahnya menghindari makanan yang menjadi pantangan. Namun, alangkah baiknya kamu juga mengonsumsi asupan nutrisi sehat yang baik untuk jantung. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi antiperadangan, menghambat proses pengentalan darah, dan mempertahankan kontraksi otot. 

Jenis-jenis nutrisi yang mampu bekerja demikian dapat menjaga serta mencegah penyakit jantung. Nah, setelah kamu mengetahui jenis nutrisi apa saja yang perlu dimakan untuk jantung sehat, kamu bisa mengolah makanan yang mengandung nutrisi tersebut sebagai camilan sehat. Seperti apa kreasi camilan bernutrisi untuk cegah penyakit jantung? Baca selengkapnya di sini!

Nutrisi untuk Jantung Sehat

Tadi sudah disinggung betapa pentingnya mengetahui jenis nutrisi untuk kesehatan jantung. Jenis nutrisi pertama yang baik untuk jantung adalah nutrisi yang berfungsi sebagai antiradang. Nutrisi ini bekerja seperti aspirin untuk mengurangi inflamasi jaringan. Nutrisi anti-inflamatori alami seperti folat, vitamin C, dan D sangat penting untuk kesehatan jantung. Nutrisi ini mampu meredam peradangan awal yang terjadi di tingkat sel yang biasanya terjadi sebelum gangguan jantung muncul.

Jenis nutrisi yang kedua adalah nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A yang berfungsi untuk menghambat proses pengentalan darah. Selain mampu menghambat proses pengerasan dan penyumbatan di pembuluh darah, kandungan vitamin C, vitamin E, dan vitamin A mengandung antioksidan yang baik untuk jantung. Asam lemak omega-3 juga mengandung antioksidan dan antiradang yang terbukti mampu mengurangi kadar trigliserida dan risiko aritmia penyebab serangan jantung.

Ketiga adalah nutrisi yang mengandung potassium. Dalam potassium terdapat alkali metal yang berguna untuk mempertahankan kontraksi otot. Potasium berperan untuk menjaga kestabilan detak jantung. Keempat adalah serat yang bertanggung jawab untuk mengikat kolesterol jahat dan membawanya keluar dari tubuh bersama sisa pencernaan.

Nah, kini kamu bisa lebih mudah memilih jenis makanan lain untuk dikonsumsi bagi kesehatan jantung, bukan? Dari semua jenis nutrisi yang dibutuhkan, yang perlu diperhatikan adalah kandungan gula. Banyak penelitian membuktikan, gula memiliki efek besar terhadap proses pengentalan darah, pembentukan plak, dan penyumbatan pembuluh darah. Jadi, pilihlah makanan yang memiliki kandungan gula sedikit mungkin, ya.

Kreasi Camilan Bernutrisi untuk Kesehatan Jantung

Berikut ini adalah 2 kreasi makanan yang bisa kamu jadikan pilihan. Tak hanya bernutrisi namun juga baik untuk jantungmu.

1. Coklat dan Kacang

Bahan:

1 cangkir kacang almond panggang

1 cangkir kacang kenari panggang

2/3 cangkir blueberry kering

¾ cangkir cokelat pekat cincang dadu

Cara membuat:

1. Campurkan kacang almond yang sudah didinginkan dengan kacang kenari. Tambahkan blueberry dan juga cokelat, lalu aduk hingga rata.

2. Sajikan dalam cangkir kecil masing-masing ¼ cangkir.

Catatan:

Resep ini untuk 12 porsi. Per porsi camilan sehat ini mengandung 200 kalori, 3 gram leman jenuh, 10 gram lemak tak jenuh, 2 miligram kolesterol, 14 gram karbohidrat, 3 miligram garam, 4 gram protein, dan 4 gram serat.

2. Ikan Tuna dan Kacang

Bahan:

1 kaleng tuna kemasan (142 gram) yang sudah dikeringkan

2/3 cangkir kacang kalengan yang sudah dibersihkan kulitnya (keringkan)

1/4 cangkir kismis

¼ cangkir daun parsley yang sudah dicacah

½ perasa lemon

1 sendok makan perasan lemon

1/8 sendok teh garam

Merica secukupnya

Cara membuat:

Campurkan 1 kaleng tuna kemasan, 2/3 cangkir kacang kalengan, ¼ cangkir kismis, ¼ cangkir daun parsley yang sudah dicacah, ½ perasa lemon, 1 sdm perasan lemon, dan 1/8 sdt garam. Taburi dengan merica. Kemudian sajikan dalam cangkir kecil masing-masing 2/3 cangkir untuk 3 porsi.

Catatan:

Per porsi camilan sehat ini mengandung 176 kalori, 1 gram lemak jenuh, 13 gram lemak tak jenuh, 15 miligram kolesterol, 19 gram karbohidrat, 256 miligram garam, 16 gram protein, dan 3 gram serat.

Untuk selalu menjaga kesehatan jantung kamu bisa rutin melakukan pemeriksaan serta menjaga pola makan. Jika perlu, diskusikan masalah asupan gizi yang sehat untuk tubuh dengan dokter ahli gizi di aplikasi Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicang dengan dokter ahli gizi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Belum punya aplikasinya? Yuk, download aplikasinya sekarang juga ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
Harvard School of Public Health. Diakses pada 2021. The Nutrition Source
Healthline. Diakses pada 2021. The 6 Best Diets for Heart Health
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Heart-healthy diet: 8 Steps to Prevent Heart Disease