15 October 2018

2 Makanan Rendah Lemak yang Bikin Cepat Kenyang

2 Makanan Rendah Lemak yang Bikin Cepat Kenyang

Halodoc, Jakarta – Memilih jenis makanan yang rendah lemak sering dijadikan cara dalam menjalani diet. Sebab, banyak orang yang meyakini bahwa kelebihan lemak merupakan pemicu terjadinya kegemukan. Tapi jangan khawatir, ternyata ada jenis makanan yang bisa menjadi solusi untuk membantu menurunkan berat badan.

Agar program diet berjalan lancar, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi jenis makanan yang rendah lemak, tapi bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Efek kenyang lebih lama bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsi dua jenis makanan berikut:

1. Makanan yang Kaya akan Protein

Makanan yang kaya akan protein bisa menjadi pilihan yang baik untuk diet. Sebab, jenis makanan yang satu ini ternyata bisa lebih mengenyangkan dibanding makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Tak hanya itu, jenis makanan yang satu ini juga bisa membantu mendorong pembakaran lemak serta mempertahankan massa otot.

Beberapa jenis makanan kaya protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah daging sapi tanpa lemak, yaitu jenis makanan yang kaya akan protein, serta mengandung vitamin dan mineral, termasuk zat besi, zinc, dan vitamin B12 alias asam folat.

Ada juga daging unggas tanpa kulit yang merupakan sumber protein terbaik serta ikan yang juga mengandung protein, vitamin, dan mineral. Kamu juga bisa memilih untuk mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan protein lainnya, seperti kacang-kacangan, telur, dan produk susu rendah lemak.

2. Makanan Sumber Serat

Selain makanan yang tinggi protein, kamu juga bisa memilih jenis makanan yang kaya akan serat untuk melancarkan program diet. Jenis makanan ini juga bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, karena makanan yang banyak mengandung serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hak itu bisa menekan keinginan tubuh untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan.

Beberapa jenis makanan kaya serat yang bisa menjadi pilihan saat diet adalah sayuran, seperti brokoli, wortel, bayam, kentang, kacang hijau, ubi jalar, dan jagung. Kamu juga bisa mengonsumsi buah, seperti jeruk, apel, pisang, mangga, dan pir.

Tak hanya itu, jenis makanan kaya serat seperti gandum dan kacang-kacangan serta biji-bijian juga bisa menjadi pilihan. Selain bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama, jenis-jenis makanan ini juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, membantu terhindar dari sembelit alias kesulitan buang air  besar yang bisa mengganggu.

Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga

Selain mengatur pola makan, mengatasi masalah berat badan juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Pasalnya, salah satu prinsip dasar dalam menurunkan berat badan adalah memastikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sama dengan jumlah yang dikeluarkan.

Pada orang dewasa, dosis olahraga yang dianjurkan agar tubuh tetap bugar dan dapat membantu menurunkan berat badan adalah olahraga intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu. Selain itu, olahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit seminggu.

Jika kamu berolahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, mungkin dibutuhkan porsi yang berbeda, yaitu dengan meningkatkan waktu berolahraga sehingga pembakaran kalori yang terjadi pun lebih banyak. Berat badan dan usia pun menjadi penentu berapa banyak olahraga yang kamu butuhkan.

Agar tubuh tetap sehat dan penurunan berat badan berhasil dilakukan, lengkapi juga dengan konsumsi suplemen atau vitamin khusus. Lebih mudah beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan Apotik Antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: