• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 2 Manfaat Air Lemon untuk Meredakan Sakit Maag

2 Manfaat Air Lemon untuk Meredakan Sakit Maag

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
2 Manfaat Air Lemon untuk Meredakan Sakit Maag

Halodoc, Jakarta - Perasaan tidak nyaman saat sakit maag kambuh tentu dapat mengganggu segala aktivitas yang sedang dikerjakan. Maka dari itu, setiap orang yang mengalaminya tentu membutuhkan solusi yang cepat dan efektif agar teratasi. Salah satu metode yang banyak orang percaya dapat meredakan sakit maag adalah air lemon. Namun, benarkah air lemon benar-benar ampuh? Ketahui faktanya di bawah ini!

Redakan Sakit Maag dengan Konsumsi Air Lemon

Sakit maag atau refluks asam, adalah gangguan yang terjadi ketika asam lambung yang naik ke atas hingga mengalir ke kerongkongan. Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada lapisan esofagus. Saat mengalami masalah ini, kamu mungkin merasakan sensasi terbakar pada dada atau tenggorokan. Tentu perasaan tidak nyaman itu harus segera diatasi.

Baca juga: 4 Mitos dan Fakta tentang Air Lemon

Selain itu, banyak cara yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit maag. Salah satu cara yang banyak orang lakukan adalah dengan mengonsumsi air lemon. Memang, cairan ini umum dilakukan, bukan hanya untuk mengatasi sakit maag, tetapi juga masalah pencernaan dan gastrointestinal lainnya. Meski begitu, belum ada penelitian pasti tentang kepastian jika seseorang dapat mengatasi sakit maag secara langsung.

Lalu, bagaimana cara kerja air lemon untuk mengatasi sakit maag? 

1. Penurunan Berat Badan

Manfaat utama dari konsumsi air lemon untuk meredakan sakit maag secara tidak langsung adalah dengan menurunkan berat badan. Disebutkan jika kandungan yang terdapat di dalam lemon dapat membantu untuk menghilangkan sel lemak dan menghindari terjadinya penumpukan. Obesitas dan penambahan berat badan memang dapat meningkatkan risiko terjadinya refluks asam. Saat penurunan berat badan terjadi, masalah yang disebabkan asam lambung tersebut juga dapat mereda.

2. Penurunan Tekanan Darah

Air lemon juga sangat baik untuk meredakan dan mengatasi sakit maag karena manfaatnya sebagai penurun tekanan darah, terutama pada seseorang yang mengidap tekanan darah tinggi dan kolesterol. Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat, yang merupakan antioksidan kuat dan berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat disebabkan oleh refluks asam.

Selain itu, mengonsumsi air lemon yang kaya akan kandungan asam askorbat juga dapat membantu tubuh untuk melindungi lambung dari kanker tertentu dan kerusakan lainnya. Cara ini disebut-sebut efektif diterapkan pada seseorang yang mengidap tukak lambung. Jika refluks asam disebabkan oleh asam lambung yang rendah, konsumsi air lemon dapat memberi manfaat karena potensi efek basa yang terjadi.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait konsumsi air lemon yang baik untuk redakan sakit maag, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Caranya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berdiskusi langsung dengan ahli medis profesional yang sudah berpengalaman. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Cara Mengolah Air Lemon untuk Meredakan Sakit Maag

Memang air lemon memiliki rasa sangat asam, meski hanya menggunakan jumlah kecil yang dicampur dengan air biasa sehingga efek alkali di dalamnya dapat dicerna. Hal ini dapat membantu untuk menetralkan asam di perut. Cara membuatnya hanya dengan mencampurkan satu sendok makan jus lemon segar dengan air kurang lebih 240 mililiter. Kemudian, minumlah sekitar 20 menit sebelum makan untuk membantu tubuh mencegah gejala yang dipicu oleh makanan penyebab sakit maag.

Agar manfaatnya lebih baik, kamu dapat memastikan untuk meminumnya dengan sedotan. Hal ini dapat mencegah asam yang ada menyentuh gigi dan mengikis email gigi. Kamu juga tidak disarankan untuk mengonsumsi lemon secara langsung karena tingkat keasamannya yang tinggi. Diperlukan pengenceran dengan air agar efektif untuk menurunkan berat badan dan tekanan darah.

Baca juga: Selain Segar, Ini Manfaat Infused Water Lemon

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi air lemon untuk meredakan sakit maag. Maka dari itu, ada baiknya kamu melakukan kebiasaan ini secara rutin agar tubuh menjadi lebih sehat. Dengan begitu, refluks asam tidak mudah kambuh dan aktivitas harian tetap berjalan normal.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Use Lemon Water to Treat Acid Reflux?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Can lemon water help with acid reflux?