• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Bahan Alami untuk Mengatasi Kutil di Wajah

3 Bahan Alami untuk Mengatasi Kutil di Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Bahan Alami untuk Mengatasi Kutil di Wajah

“Kutil disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil bisa menyebar melalui sentuhan dan menyebar ke tubuh orang lain atau area tubuh lainnya pada seseorang. Kutil di wajah bisa diatasi dengan bahan alami seperti ekstrak bawang putih, perasan lemon, dan jus nanas.”

Halodoc, Jakarta – Kutil disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Cukup sulit untuk menghindari virus ini karena dapat hidup di semua jenis permukaan, seperti handuk, lantai, gagang pintu, dan meja. HPV juga dapat berkembang di kulit hingga satu tahun sebelum kutil muncul. 

Kutil bisa menyebar melalui sentuhan, jadi kamu tidak boleh menyentuh kutil yang ada pada orang lain maupun yang sudah ada di tubuh kamu. Selain bisa menularkan kutil ke orang lain, kutil juga bisa menyebar dari satu area tubuh ke area tubuh lainnya. Termasuk kutil pada wajah. Untungnya kutil wajah bisa diatasi baik dengan pengobatan medis maupun pengobatan alami.

Bahan Alami untuk Atasi Kutil Wajah

Sebenarnya belum ada obat khusus untuk mengatasi kutil. Namun, ada banyak teknik untuk menghilangkannya yang sering berhasil mengurangi tampilan dan penyebarannya. Kutil wajah juga dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, meskipun perlu waktu hingga dua tahun agar hal ini terjadi. 

Karen sifatnya sensitif, kutil wajah harus diperiksa oleh dokter sebelum kamu mencoba mengatasinya dengan bahan alami. Dokter akan memberikan panduan dan mungkin meresepkan pengobatan yang bisa kamu lakukan di rumah. Semua jenis pengobatan di rumah dan berbahan alami harus dilakukan dengan sangat hati-hati, dan berdasarkan saran  dokter terlebih dulu. Beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan kutil yaitu:

  1. Ekstrak Bawang Putih

Bawang putih mengandung allium sativum, senyawa dengan sifat antivirus. Tumbuk satu siung bawang putih segar dan oleskan potongan yang ditumbuk ke kutil. Tutup dengan selotip atau perban dan aplikasikan kembali setiap hari. Perlu diketahui, bawang putih bisa menyebabkan luka bakar kimia pada kulit. Jika merasa gatal, sensasi terbakar, atau kesembuata, buang bawang putih dan cuci area tersebut. 

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Kutil yang Mengganggu di Tubuh

  1. Lemon Peras

Lemon mengandung sitrat yang dapat membantu menghancurkan virus. Jangan gunakan lemon peras terlalu banyak di wajah. Sebuah penelitian menemukan bahwa campuran lemon peras dan air yang diencerkan efektif  menghilangkan kutil ketika diaplikasikan selama enam minggu. 

  1. Jus Nanas

Sebenarnya belum ada data ilmiah untuk mendukung ini, tapi bahan alami ini mungkin efektif untuk menghilangkan kutil di wajah bagi sebagian orang. Jus nanas mengandung enzim yang dapat membakar kutil bila dioleskan setiap hari selama beberapa minggu. Coba gunakan jus nanas yang dioleskan dengan kapas langsung ke kutil sebelum tidur setiap malam selama beberapa minggu. Tentunya jus nanas tanpa gula, ya!

Jika kamu memilih untuk membiarkan kutil sembuh dengan sendirinya, cobalah untuk tidak menyentuhnya. Mengingat kutil dapat menyebar ke bagian tubuh lain atau ke orang lain. Kutil juga bisa muncul kembali setelah hilang. 

Baca juga: Mengidap Kutil Kelamin, Cari Tahu Apa Penyebabnya

Jenis perawatan pengangkatan kutil juga bisa dilakukan, berdasarkan jenis kutil yang kamu miliki. Ada sejumlah pengobatan medis dan rumahan yang efektif menghilangkan kutil di wajah dan tangan. Sebaiknya buat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc jika kamu memiliki banyak kutil atau kutil terasa sakit. Kamu juga harus mencari perawatan medis jika kutil tidak membaik dengan perawatan alami atau jika kutil menyebar. 

Kamu juga bisa mencegah munculnya kutil wajah dengan cara berikut:

  • Jangan pernah menggunakan riasan atau tetes mata orang lain.
  • Jika kamu melukai wajah saat bercukur, lecet, atau memiliki jerawat yang terbuka dan teriritasi, lindungi dan tutupi kulit.
  • Jika terkena kutil, segera obati agar tidak menyebar.

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara mengatasi kutil. Waspadalah karena kutil bisa muncul kembali setelah diobati.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Facial Warts

Medical News Today. Diakses pada 2021. 4 home remedies for warts