• Home
  • /
  • 3 Bahan Alami untuk Meredakan Asam Lambung

3 Bahan Alami untuk Meredakan Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Bahan Alami untuk Meredakan Asam Lambung

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung yang kambuh bisa memicu rasa tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas pengidapnya. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) alias penyakit asam lambung merupakan gangguan kesehatan yang memicu gejala berupa rasa terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Gejala penyakit ini bisa muncul hingga 2 kali dalam seminggu. 

Sebenarnya, penyakit ini bisa diatasi dengan cara yang mudah, yaitu mengubah pola hidup serta konsumsi bahan alami tertentu. Orang yang mengidap gangguan ini disarankan untuk konsumsi makanan sehat, menurunkan berat badan jika berlebih, dan berhenti merokok. Gejala penyakit ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. 

Baca juga: Pola Makan Sehat untuk Mencegah Asam Lambung Kambuh

Membuat Ramuan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung 

Selain perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan, penyakit asam lambung juga bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah ditemukan. Kamu bisa mencoba konsumsi jahe hingga madu untuk mengatasi dan meredakan gejala dari penyakit ini. Biar lebih jelas, simak penjelasan seputar bahan-bahan alami yang bisa mengatasi penyakit asam lambung berikut. Di antaranya: 

1. Jahe 

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung adalah jahe. Bahan alami yang satu ini disebut bisa membantu mengurangi produksi asam lambung. Jahe memiliki efek gastroprotektif yang bisa menurunkan jumlah asam. Kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan membuat ramuan jahe. Caranya, pilih satu sampai dua potong jahe, lalu bersihkan, kemudian rebus bersama air secukupnya. 

Setelah beberapa saat, dan tercium aroma jahe yang khas, kamu bisa memasukkan tambahan berupa perasan lemon atau madu. Setelah itu, tuangkan air rebusan ke dalam cangkir lalu minum setidaknya 30 menit atau satu jam sebelum makan. Hal ini bisa membantu menurunkan asam lambung dan meredakan gejala yang bisa membuat perut terasa tidak nyaman saat diisi makanan. 

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

2. Teh Chamomile 

Saat ini, tidak sulit untuk menemukan jenis teh yang satu ini. Secangkir teh chamomile sering dikonsumsi untuk membuat tubuh lebih rileks dan mudah tidur. Namun ternyata, jenis minuman yang satu ini juga bisa membantu menenangkan saluran pencernaan, termasuk menurunkan asam lambung. Rutin mengonsumsi teh chamomile bisa membantu mengurangi jumlah asam lambung di saluran pencernaan, serta meredakan gejala yang muncul. Gejala asam lambung paling sering muncul pada pagi hari dan bisa sangat mengganggu. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi teh ini pada malam hari sebelum tidur. 

3. Madu 

Banyak orang yang menyukai madu karena memiliki rasa yang manis. Namun ternyata, jenis makanan yang satu ini juga bisa membantu mengatasi keluhan penyakit asam lambung. Kamu bisa mendapat manfaat madu untuk mengobati penyakit lambung dengan rutin mengonsumsinya setiap hari. Selain dimakan langsung, madu juga bisa dikombinasikan dengan bahan alami lain untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. 

Penyakit asam lambung bisa memicu gejala yang sangat mengganggu, seperti rasa perih, mual, muntah, hingga perasaan tidak enak badan. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi gejalanya. Namun, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika kondisi ini tidak kunjung membaik, terutama jika gejala penyakit asam lambung malah semakin buruk.

Baca juga: Bukan Cuma Mag, Ini Penyebab Asam Lambung Naik

Atau kamu bisa menyampaikan keluhan awal atau gejala penyakit asam lambung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Natural Home Remedies for Heartburn.
Medical News Today. Diakses pada 2019. What is silent reflux and what can I do about it?