• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Bahaya Tungau Kasur pada Tubuh dan Cara Mengobatinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Bahaya Tungau Kasur pada Tubuh dan Cara Mengobatinya

3 Bahaya Tungau Kasur pada Tubuh dan Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 November 2021
3 Bahaya Tungau Kasur pada Tubuh dan Cara Mengobatinya

“Gigitan tungau kasur dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada tubuh. Mulai dari infeksi kulit, gangguan tidur, hingga reaksi alergi. Tentunya, kondisi yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu kondisi yang lebih buruk.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu bangun tidur dengan kondisi kulit yang gatal dan kemerahan? Wah, bisa jadi kamu mengalami gigitan tungau kasur. Sebaiknya waspada kondisi ini karena dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi kulit dan reaksi alergi.

Sebaiknya kenali lebih banyak bahaya tungau kasur pada tubuh dan cari tahu cara mengobati gigitan tungau pada kulit. Dengan begitu, kamu dapat mengatasi keluhan kesehatan yang kamu alami. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Bahaya Tungau Kasur pada Kesehatan

Tungau kasur merupakan serangga yang sangat kecil dan hampir tidak terlihat oleh mata. Meskipun kecil, tungau kasur terbilang berbahaya karena dapat menggigit manusia dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. 

Biasanya, tungau kasur akan menggigit manusia pada malam hari. Gigitannya pun bisa dibagian tubuh yang mana saja, mulai dari leher, wajah, tangan, bagian perut, hingga kaki.

Gigitan tungau kasur dapat menyebabkan sejumlah gejala, seperti gatal-gatal pada kulit, muncul benjolan kemerahan, hingga iritasi pada kulit. Tentunya, kondisi ini juga dapat memicu berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Berikut ini bahaya tungau kasur yang perlu kamu waspadai, yaitu:

  1. Infeksi Kulit

Gigitan tungau kasur dapat menyebabkan infeksi kulit pada pengidapnya. Impetigo, ecthyma, scabies, dan selulitis menjadi beberapa gangguan kesehatan pada kulit yang dapat terjadi akibat gigitan tungau kasur.

  1. Gangguan Tidur

Selain infeksi kulit, gigitan tungau kasur dapat menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman saat beristirahat malam hari. Tentunya, kondisi ini memicu gangguan tidur yang membuat pengidapnya merasa kelelahan pada siang hari dan penurunan produktivitas. Tidak jarang, gangguan tidur akibat tungau kasur menyebabkan penurunan kualitas hidup.

  1. Reaksi Alergi Tungau Kasur

Reaksi alergi dapat dialami berbeda-beda oleh setiap pengidapnya. Reaksi alergi dapat terjadi dalam tingkat yang ringan hingga parah. Reaksi alergi yang parah dapat memicu reaksi anafilaksis pada pengidapnya.

Reaksi anafilaksis dapat menyebabkan pengidapnya mengalami hidung berair, mata gatal dan kemerahan, hidung tersumbat, hingga bersin-bersin. Dalam kondisi yang parah, reaksi anafilaksis dapat menyebabkan pembengkakan pada beberapa area wajah hingga kesulitan menelan dan bernapas.

Mengatasi Bekas Gigitan Tungau Kasur

Mengingat dampak pada kesehatan yang cukup berbahaya, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara tepat mengidentifikasi adanya tungau kasur di rumah. Selain munculnya gejala pada fisik, seperti bekas gigitan dan kemerahan, keberadaan tungau kasur bisa kamu perhatikan dengan munculnya bintik-bintik hitam kecil di kasur yang menjadi tanda kulit dari tungau dan bau tidak sedap pada area kasur.

Lalu, bagaimana mengatasi bekas gigitan tungau kasur? Sebaiknya hindari menggaruk bekas gigitan tungau untuk mengurangi risiko komplikasi yang mungkin terjadi. Jangan lupa untuk bersihkan gigitan tungau kasur dengan sabun antiseptik dan air yang mengalir.

Untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan tungau kasur kamu bisa menggunakan krim anti gatal dan antihistamin. Biasanya, kondisi ini dapat membaik dalam waktu beberapa hari.

Jika bekas gigitan tungau menunjukkan tanda infeksi, iritasi dan alergi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan. 

Dokter akan meresepkan obat yang bisa digunakan agar infeksi atau iritasi dapat segera membaik. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan beli obat di apotek terdekat rumah kamu. Dalam beberapa jam obat akan langsung diantar ke rumah. Praktiskan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Selalu jaga kebersihan rumah dan kasur untuk mencegah dan menghindari gigitan tungau kasur.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

CDC. Diakses pada 2021. Bed Bugs.
US Environmental Protection Agency. Diakses pada 2021. Bed Bugs: A Public Health Issue.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Bed Bug Bites: What You Need to Know.
WebMD. Diakses pada 2021. Bed Bugs.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Dust Mite Allergy Solutions.