• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Buah Pantangan saat Menjalani Diet Keto

3 Buah Pantangan saat Menjalani Diet Keto

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Diet keto (ketogenik) menjadi salah satu metode diet populer yang banyak dilakukan untuk menurunkan berat badan. Untuk mendapat penurunan berat badan, orang yang menjalani diet ini diharuskan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak sehat. Secara umum, metode diet ini menerapkan pola makan yang rendah karbohidrat, protein sedang, dan tinggi lemak. 

Dalam menjalani diet keto, prinsip makan yang diterapkan adalah banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein, serta mengurangi asupan karbohidrat. Maka dari itu, makanan yang mengandung karbohidrat berlebih sebaiknya dihindari saat menjalani diet keto, termasuk buah-buahan. Lantas, apa saja buah yang harus dihindari saat menjalani diet keto?

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diketahui sebelum Memulai Diet Keto

Diet Keto? Jangan Makan Buah Ini

Diet keto adalah jenis diet rendah lemak. Maka dari itu, asupan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat berlebih harus dihindari. Tubuh orang yang menjalani diet keto mengalami pembakaran lemak yang menjadi sumber energi pengganti karbohidrat. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi saat diet keto tidak mengandung karbohidrat berlebih. 

Selain memilih makanan, kamu juga harus cermat dalam memilih buah yang dikonsumsi saat menjalani diet keto. Ada jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat diet keto, di antaranya: 

1.Pisang 

Saat menjalani diet keto, disarankan untuk tidak mengonsumsi banyak buah pisang. Pasalnya, satu buah pisang berukurang sedang mengandung setidaknya 27 gram karbohidrat. Padahal, saat menjalani diet keto, asupan karbohidrat tidak boleh lebih dari 5 persen atau sekitar 20-50 gram dari total menu makan dalam satu hari. 

2.Pir 

Selain pisang, sebaiknya hindari juga konsumsi buah pir saat menjalani diet keto. Sebab, jenis buah yang satu ini juga tergolong memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Dalam satu buah pir berukuran sedang, terdapat kandungan karbohidrat total 27 gram. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan gula yang tidak dianjurkan saat menjalani diet.  

Baca juga: Intip 5 Tips Diet Keto Bagi Pemula

3.Mangga 

Buah mangga banyak mengandung vitamin C dan air sehingga bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Terdengar sempurna untuk makanan diet bukan? Namun, ternyata buah ini juga mengandung jumlah karbohidrat yang cukup tinggi sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi saat menjalani diet keto. Mengonsumsi satu porsi buah mangga disebut bisa memberi asupan karbohidrat sebanyak 25 gram. 

Lantas, buah apa yang sebaiknya dikonsumsi saat menjalani diet keto? 

Jawabannya buah alpukat. Jenis buah yang satu ini sangat disarankan menjadi menu makan diet keto. Dalam setengah buah alpukat, setidaknya terkandung 12 gram lemak. Di samping itu, kandungan karbohidrat dalam buah ini hanya sekitar 9 gram. Tidak hanya itu, kandungan lemak dalam buah alpukat juga bisa digunakan sebagai pengganti lemak hewani. Selain alpukat, kamu juga bisa mengonsumsi buah strawberry atau berries saat diet keto. 

Baca juga: Ini 4 Penanda Bahwa Diet Keto Berhasil

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2020. Complete Keto Diet Food List: What You Can and Cannot Eat If You're on a Ketogenic Diet.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about pears.
Live Strong. Diakses pada 2020. Are Mangoes Good for Dieting?