• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Agar Tubuh Lebih Ideal di Hari Kasih Sayang

3 Cara Agar Tubuh Lebih Ideal di Hari Kasih Sayang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – merayakan hari kasih sayang memang akan lebih menyenangkan dengan menyaksikan film atau dinner romantis bersama pasangan. Namun, tak ada salahnya bukan untuk melewati hari kasih sayang untuk berolahraga bersama pasangan? Tujuannya jelas, agar tubuh kamu dan pasangan lebih ideal di hari valentine ini.

Aktivitas fisik yang kamu pilih enggak perlu olahraga intensitas tinggi dengan durasi yang lama. Alternatifnya, cobalah memilih beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya yoga, skipping, push up, atau sit up. Nah, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan:

 

  1. Yoga

Yoga kini tak hanya populer di kalangan kamu hawa saja, para lelaki pun tak jarang menjajal olahraga yang memerlukan fleksibilitas ini. Yoga pada dasarnya menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa. Ketiga hal itu bisa memberikan efek pada tubuh sehingga menyehatkan fisik dan piskis seseorang.

Untuk aktivitas fisik di hari kasih sayang ini, cobalah beberapa gerakan yoga yang kamu sukai. Dengan paduan dan gerakan yoga, kamu bisa merasakan relaksasi yang mendalam. Alhasil, kamu bisa mengurangi ketegangan tubuh dan pikiran serta menguatkan mental saat menghadapi stres.

Enggak percaya? Studi dari Boston University menemukan fakta dengan mengambil kelas yoga dua kali dalam seminggu, kamu bisa kuat untuk mengatasi depresi. Pasalnya, peran pernapasan dalam yang biasanya terdapat pada yoga memberikan manfaat yang besar pada ketenangan pikiran.

Baca juga: 4 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

BKS Iyengar, salah satu tokoh yoga dunia mengatakan, yoga memiliki keistimewaan bagi kualitas hidup seseorang. Melihat sosoknya, kamu akan mengerti maksud ucapannya. Pria itu telah berlatih yoga secara rutin selama tiga hingga lima jam perhari hingga usianya telah lebih dari sembilan dekade. Nah, berikut beberapa gerakan yoga yang cukup sederhana dan bisa kamu lakukan di rumah:

 

  • Supta Padasana

 

Pose ini bertujuan memperkuat otot kaki dan perut. Posisi kaki yang berada di atas dalam jangka waktu tertentu akan mengembalikan aliran darah ke jantung searah dengan tarikan gravitasi bumi.

 

  • Chaturanga Dandasana

 

Pose yang satu ini memperkuat struktur tubuh secarara menyeluruh. Fokusnya adalah di area punggung, dada, dan tangan, sementara tubuh bagi bawah sebagai pelengkap.

 

  • Setubandha

 

Pose ini akan melepaskan ketegangan di bagian otot perut. Selain itu, menstimulasi kerja paru-paru dan jantung sekaligus menyuplai darah segar ke kelenjar penting (tiroid-pituitari-pineal). Selain itu ada juga lho, beberapa gerakan yoga yang bisa meningkatkan mood kamu seharian.

 

  1. Skipping

Lompat tali bisa menjadi pilihan olahraga kamu bersama pasangan di rumah. Menurut sebuah penelitian, skipping sangat ampuh untuk membakar kalori dan salah satu jenis olahraga kardio yang efektif untuk menurunkan berat badan. Enggak perlu lama-lama melakukannya, cukup selama 10 menit. Namun, jika rutin melakukannya setiap hari, khasiatnya sama baiknya dengan jogging 30 menit tiap harinya. Mengesankan, bukan?

Pakar kardiologi di Pusat Kebugaran Universitas Connecticugat mengatakan, skipping juga baik untuk jantung dan memberi segudang manfaat lainnya bagi tubuh. Misalnya, menguatkan tubuh bagian atas dan bawah dan membakar kalori dalam waktu singkat.

Kamu dan pasangan bisa memilih gaya skipping yang kalian suka. Seperti lompatan satu kaki, dua kaki, lompatan lutut tinggi, regular, lompatan menyamping, hingga menyilang.

 

  1. Latihan Kekuatan

Latihan jenis ini juga bisa kamu pilih bila ingin berolahraga di rumah. Jangan ragu, latihan jenis ini tak hanya untuk binaragawan saja kok. Misalnya, kamu bisa memilih sit up, push up, pull up, atau squat. Kamu juga bisa memilih alat bantu seperti dumbell atau barbell agar latihan lebih bervariasi.

Yang perlu kamu ingat, latihan ini sebaiknya dilakukan secara bertahap. Sebab jika dilakukan “mendadak” tubuh tak akan bisa beradaptasi secara optimal. Selain itu, sebelum memulai latihan jenis ini, lakukanlah pemanasan lebih dulu selama lima sampai 10 menit agar terhindar dari cedera.



So, kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat olahraga di atas, kamu bisa lho bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja.

Untuk membuat tubuh kamu lebih sehat dan bugar, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.