• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Ampuh Atasi Stretch Marks pada Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Ampuh Atasi Stretch Marks pada Pria

3 Cara Ampuh Atasi Stretch Marks pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Juni 2021
3 Cara Ampuh Atasi Stretch Marks pada Pria

Halodoc, Jakarta – Stretch marks adalah masalah yang kerap dihubungkan dengan wanita, terutama yang sedang hamil atau telah melahirkan. Faktanya, masalah ini juga dapat terjadi pada beberapa pria, biasanya terjadi pada bagian perut akibat mengalami obesitas. Pada pria yang mengalami masalah pada kulit ini, ada baiknya untuk mengetahui cara atasi stretch marks yang ampuh untuk dilakukan!

Beberapa cara Atasi Stretch Mark  pada Pria

Stretch mark, atau striae, adalah masalah pada kulit yang terjadi akibat adanya perubahan bentuk karena pertumbuhan atau penambahan berat badan. Hal yang perlu diketahui adalah masalah ini bukan berarti jika kamu mengidap penyakit tertentu. Pada pria, pubertas dan kelebihan berat badan adalah penyebab yang paling umum untuk menimbulkan stretch mark pada kulit.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Stretch Mark

Pada awalnya, stretch marks dapat muncul sebagai garis tipis dengan warna merah atau ungu pada kulit dan terlihat memiliki struktur berbeda dari lapisan kulit yang ada di sekitarnya. Pada akhirnya, sebagian besar garis yang biasanya timbul pada perut ini memudar dan berubah warna menjadi lebih terang. Tentu hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri bagi sebagian orang.

Jika kamu berusaha atasi stretch mark hanya dengan cara alami, sepertinya sulit untuk dilakukan. Gangguan ini adalah jenis jaringan parut yang jarang memudar dan bahkan bisa tidak terlihat. Namun, ada beberapa solusi yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir segala efek buruk yang timbul akibat masalah kulit ini sehingga pudar lebih cepat. Berikut ini beberapa caranya:

1. Vitamin A

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk atasi stretch mark adalah dengan mengonsumsi vitamin A dan/atau mengoleskan retinoid yang merupakan sumber dari zat tersebut. Retinoid dapat membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda. Kandungan ini banyak digunakan pada krim kosmetik topikal yang dijual bebas agar kulit lebih cantik. Jika disertai dengan konsumsi vitamin A secara oral dan makanan yang kaya akan vitamin A, kulit kamu dapat menjadi lebih sehat.

Baca juga: Serba-Serbi Stretch Mark yang Perlu Diketahui

2. Asam Hialuronat

Kolagen adalah protein di kulit yang memungkinkan bagian tubuh tersebut dapat menjaga bentuknya serta tampak sehat. Faktanya, seiring bertambahnya usia, kolagen di tubuh semakin menurun, terutama di wajah. Hal yang perlu diketahui adalah kolagen dapat dirangsang dengan asam hialuronat. Zat ini dapat diserap dengan mengonsumsi kapsul atau ekstrak dengan kandungan tersebut.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait cara atasi stretch marks yang paling ampuh untuk dilakukan, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan saran. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan ahlinya menggunakan fitur Chat atau Voice/Video Call yang ada pada aplikasi Halodoc. Segera download aplikasinya untuk menikmati semua fitur tersebut!

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk atasi stretch marks. Masalah pada kulit ini terjadi akibat jaringan parut yang ternyata minyak kelapa dapat membantu untuk menyembuhkan masalah tersebut dengan cepat. Dipercaya jika khasiat dari minyak kelapa dapat mengatasi luka di kulit untuk sembuh dalam waktu yang relatif cepat.

Baca juga: 9 Tips Menghilangkan Stretch Mark setelah Kehamilan

Itulah beberapa cara untuk atasi stretch mark pada pria yang dapat dilakukan. Selain pilihan yang telah disebutkan, kamu juga dapat menyembuhkan masalah kulit menggunakan perawatan klinis, seperti terapi laser, suntikan kolagen, dan mikrodermabrasi. Memang, semua cara ini dapat ampuh untuk atasi stretch mark, tetapi harga yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Kamu dapat meminta saran dari dokter kulit sebelum melakukannya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Stretch Marks in Men: What to Know.
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Stretch Marks: 5 Ingredients to Try.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Male Stretch Marks Symptoms and Causes.