3 Cara Hilangkan Lemak Perut Saat Puasa

3 Cara Hilangkan Lemak Perut Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan tersebut, puasa wajib dilakukan oleh setiap muslim. Dengan berpuasa, kamu juga dapat menghilangkan lemak perut yang selama ini mengganggu. Walau begitu, hal ini tidak mudah dilakukan karena kebanyakan orang yang berpuasa akan lupa diri untuk mengonsumsi banyak makanan ketika berbuka.

Puasa memang dapat menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di perut. Namun, kamu harus tetap berusaha untuk menjaga asupan makanan yang masuk agar tidak sembarangan. Dengan begitu, kesehatan tubuh ketika bulan puasa tetap terjaga. Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat ketika bulan puasa adalah dengan menjaga asupan cairan tubuh.

Baca juga: 5 Hal yang Sebabkan Perut Buncit Saat Puasa

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan lemak perut selama bulan puasa:

  1. Menjaga Asupan Cairan Tubuh

Salah satu cara untuk menghilangkan lemak perut ketika bulan puasa adalah dengan menjaga hidrasi pada tubuh. Walaupun hal tersebut terlihat seperti hal yang sangat sulit, hal ini harus dilakukan karena hidrasi adalah kunci untuk menurunkan berat badan, sehingga lemak di perut pun akan menghilang. Kamu harus meminum dua liter atau delapan gelas air sehari. Supaya kamu tidak bingung, hal tersebut bisa dipecah seperti ini:

  • Dua gelas saat berbuka puasa.
  • Empat gelas di antara buka puasa dan sahur atau makan sebelum puasa dan tidak lebih dari satu gelas per jam.
  • Dua gelas saat sahur.

Perlu diingat bahwa minuman berkafein, seperti kopi atau teh hitam, tidak masuk hitungan. Bahkan lebih baik kamu menghindari minuman tersebut secara bersamaan. Sebaliknya, teh herbal merupakan alternatif yang bagus untuk air dan dapat membantu pencernaan kamu menjadi lancar.

  1. Jangan terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Kamu akan kesulitan untuk menghilangkan lemak perut saat bulan puasa jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Terlalu banyak mengonsumsi gula adalah penyebab utama dari obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya. Ketika kamu mengonsumsi gula, tubuh kamu mengeluarkan insulin, yaitu hormon yang dapat menyebabkan lemak disimpan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Jika tujuan kamu adalah untuk mengurangi lemak pada tubuh, lewati saja makanan-makanan manis, seperti kue dan gorengan untuk berbuka puasa. Bahkan kurma, meski padat nutrisi, mengandung banyak gula, sehingga dapat menurunkan berat badan, batasi asupan kamu hanya satu kurma saat berbuka puasa.

  1. Buka Puasa dengan Makanan Ringan dan Seimbang

Di bulan Ramadan, metabolisme seseorang akan melambat dan kebutuhan energi kamu berkurang. Berbuka puasa tidak seharusnya menggantikan waktu yang kamu habiskan tanpa makanan. Lupakan bahwa kamu belum makan sepanjang hari dan bayangkan bahwa kamu duduk untuk makan malam dan makan seperlunya.

Berbukalah puasa dengan kurma, karena kurma merupakan sumber gula cepat yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa. Kamu tidak perlu mengonsumsi lebih dari satu buah, karena kurma mengandung gula yang cukup tinggi. Kemudian, pilihlah sup dalam porsi kecil, seperti sup sayur dan hindari sup berbasis krim. Lewati semua makanan pembuka lainnya termasuk yang kaya karbohidrat.

Baca juga: Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan lemak perut ketika bulan Ramadan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal menjaga kesehatan ketika bulan puasa, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!