• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Memilih Hair Tonic untuk Atasi Rambut Rontok
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Memilih Hair Tonic untuk Atasi Rambut Rontok

3 Cara Memilih Hair Tonic untuk Atasi Rambut Rontok

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Oktober 2022

“Hair tonic bisa membantu mengatasi rambut rontok dengan cara melancarkan aliran darah dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah hair tonic yang sesuai dengan jenis rambut dan mengandung bahan-bahan yang efektif.”

3 Cara Memilih Hair Tonic untuk Atasi Rambut Rontok3 Cara Memilih Hair Tonic untuk Atasi Rambut Rontok

Halodoc, Jakarta – Hair tonic merupakan salah satu produk perawatan rambut yang dikenal mampu membantu mengatasi rambut rontok. Produk berbahan dasar cairan ini diformulasikan secara khusus untuk melancarkan peredaran darah dan menstimulasi pertumbuhan rambut, sehingga cocok bagi kamu yang sedang mengalami masalah rambut rontok.

Namun, memilih hair tonic sebaiknya jangan sembarangan. Pilihlah produk yang tepat agar bisa memberikan hasil yang optimal. Yuk, simak cara memilih hair tonic untuk rambut rontok di sini.

Tips Memilih Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Dari sekian banyaknya pilihan produk hair tonic yang ada, yang manakah yang paling baik? Tidak perlu pusing, berikut tips memilih hair tonic untuk rambut rontok:

1. Pilih yang sesuai dengan jenis rambut

Saat memilih hair tonic, pastikan itu cocok dengan rambutmu. Untuk menemukan produk terbaik, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu jenis rambut. Pasalnya, tidak peduli seberapa mahal atau bagusnya sebuah produk rambut, itu tidak akan memberi manfaat yang maksimal bila tidak cocok dengan jenis rambutmu. Jadi, pilihlah lah yang sesuai  jenis rambut. Kamu juga bisa memilih tonik rambut yang dirancang untuk semua jenis rambut.

2. Perhatikan kandungan bahannya

Setelah memilih produk yang sesuai dengan jenis rambut, perhatikan juga kandungan bahan-bahannya. Untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut, pilihlah hair tonic dengan bahan-bahan aktif, seperti kolagen, biotin, kafein dan niasin.

Selain itu, ada juga hair tonic herbal yang bisa mendetoksifikasi kulit kepala dengan menghilangkan penumpukan minyak dan kulit kepala mati. Kondisi tersebut juga bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut. Tonik rambut ini biasanya tidak memiliki bahan tambahan yang bisa merusak rambut. 

Hair tonic herbal juga bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu memiliki rambut halus atau menipis. Pilihlah tonik herbal dengan formula penambah volume untuk menambah tubuh pada rambutmu. Carilah bahan-bahan seperti ekor kuda dan saw palmetto, yang keduanya menyehatkan dan menguatkan rambut.

3. Pilihlah produk yang bisa memberi manfaat tambahan

Tips memilih hair tonic selanjutnya adalah perhatikanlah manfaat yang ditawarkan produk perawatan rambut tersebut. Selain untuk mengatasi rambut rontok, beberapa hair tonic mungkin mengandung formula yang bisa melembabkan rambut, merawat rambut rusak, dan juga mencegah ketombe. 

Beberapa bahkan mengklaim efektif untuk mengurangi ujung bercabang. Dengan begitu, bukan hanya rambut rontok saja yang berkurang, tapi kamu juga bisa memiliki rambut yang sehat.

Tips Menggunakan Hair Tonic yang Benar

Hair tonic hadir dengan cara pengaplikasian yang berbeda-beda, ada yang digunakan dengan cara disemprot, ada yang dituang ke atas kulit kepala. Untuk hasil yang terbaik, aplikasikan hair tonic ke kulit kepala yang sudah bersih setelah keramas dengan menggunakan sampo dan kondisioner. 

Setelah keramas, keringkan dulu rambut dengan handuk, baru aplikasikan hair tonic mulai dari depan hingga belakang kepala. Kemudian pijat kulit kepala dengan lembut untuk merangsang sirkulasi darah, sambil membiarkan produk menyerap ke batang rambut dan kulit kepala.

Nah, untuk mendapatkan berbagai produk perawatan rambut, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa mendapatkan obat dan vitamin, serta produk perawatan rambut yang kamu butuhkan melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Makarizo. Diakses pada 2022. Choosing Hair Tonic.
Beauty Answered. Diakses pada 2022. How Do I Choose the Best Hair Tonic?
Beauty Insider. Diakses pada 2022. These Hair Tonics For Hair Loss And Growth Are Worth Obsessing Over!