• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak Tanpa Obat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak Tanpa Obat

3 Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak Tanpa Obat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Juli 2021
3 Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak Tanpa Obat3 Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak Tanpa Obat

“Kutu rambut adalah gangguan yang dapat terjadi pada semua orang. Namun, masalah ini lebih rentan terjadi pada anak-anak. Setiap orangtua perlu tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kutu rambut pada anak. Ada baiknya untuk mencoba mengatasinya tanpa obat terlebih dahulu.”

Halodoc, Jakarta – Anak ibu sering menggaruk kepalanya? Mungkin saja hal ini disebabkan oleh kutu rambut. Masalah ini tetap dapat terjadi, meskipun anak rutin membersihkan rambutnya. Maka dari itu, ibu perlu tahu beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi gangguan pada kulit kepala ini agar anak tidak terus merasa gatal. Ibu bisa menggunakan cara alami terhadap kutu rambut pada anak. Selengkapnya di sini!

Cara Mengatasi Kutu Rambut Anak secara Alami

Kutu rambut adalah masalah pada kepala yang disebabkan oleh serangga kecil pemakan darah dari kulit kepala manusia. Gangguan ini paling sering menyerang anak-anak dan biasanya disebabkan oleh perpindahan secara langsung dari pengidapnya ke rambut orang lain.

Baca juga: Kutu Rambut Berulang pada Anak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Gangguan yang terjadi di kepala ini disebabkan oleh serangga berwarna cokelat atau keabu-abuan dengan ukuran kira-kira sebesar wijen. Binatang ini memakan darah manusia dari kulit kepala. Kutu betina dapat menghasilkan zat lengket yang menempelkan telur ke pangkal rambut di dekat kulit kepala.

Faktanya, penyakit ini tidak berhubungan dengan tanda kebersihan yang buruk, sehingga semua orang mempunyai risiko yang sama mengidapnya. Selain itu, kutu rambut juga tidak membawa penyakit infeksi bakteri atau virus.

Maka dari itu, setiap orangtua perlu tahu beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut pada anak tanpa obat. Berikut ini beberapa cara yang efektif untuk dilakukan:

1. Menggunakan Sisir Kutu

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengobati kutu rambut pada anak adalah dengan menyisir rambut basah dengan sisir kutu bergigi halus. Hal ini dapat menghilangkan kutu dan beberapa telur kutu. Pastikan rambut basah dan tambahkan sesuatu untuk melumasi rambut layaknya minyak zaitun.

Setelah itu, sisir seluruh kepala dari kulit kepala hingga ujung rambut minimal dua kali per hari. Cobalah untuk mengulangi proses ini setiap tiga hingga empat hari selama beberapa minggu, setidaknya dua minggu setelah tidak melihat ada lagi kutu yang bersarang di kepala. Jika cara ini tidak ampuh, cobalah untuk beralih ke obat resep.

Baca juga: Kutu Rambut Bikin Anak Rewel, Lakukan 3 Cara Ini

2. Minyak Esensial

Sebuah studi menyebutkan jika beberapa minyak tumbuhan alami dapat membunuh kutu dengan cara mati lemas, meski tingkat keefektifannya masih dipertanyakan. Beberapa produk alami yang dapat digunakan adalah minyak pohon teh dan minyak adas. Meski begitu, kamu perlu hati-hati karena terkadang penggunaan obat alami ini dapat menyebabkan reaksi alergi.

Ibu juga dapat membeli minyak esensial yang dapat digunakan untuk pengobatan kutu rambut pada anak melalui aplikasi Halodoc. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, pembelian segala hal yang berkaitan kesehatan bisa dilakukan hanya melalui penggunaan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Penerapan Beberapa Produk

Beberapa produk rumah tangga juga dapat digunakan untuk mengobati kutu rambut pada kepala anak-anak. Produk-produk, seperti mayones, minyak zaitun, mentega, dan minyak ter dianggap ampuh untuk menghilangkan kutu di kepala. Ibu dapat mengoleskannya ke rambut dalam takaran yang banyak, lalu ditutup dengan topi mandi dan dibiarkan semalaman. Meski begitu, efektivitasnya belum dapat dipastikan.

Baca juga: Si Kecil Kena Kutu Rambut, Ini Cara Mengobatinya

Itulah beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi kutu rambut pada anak-anak. Memang, ada baiknya untuk mencoba penanganan tanpa obat  saat awal terjadi. Setelah itu, jika tidak ada perubahan selama beberapa minggu, ada baiknya berdiskusi dengan dokter untuk menentukan metode yang paling tepat untuk pengobatan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Head lice.
NHS. Diakses pada 2021. Head lice and nits.