• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Mengatasi Telapak Kaki yang Kasar

3 Cara Mengatasi Telapak Kaki yang Kasar

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Cara Mengatasi Telapak Kaki yang Kasar

“Selain dapat mengganggu penampilan, telapak kaki yang kasar terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman saat pengidapnya berjalan. Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi telapak kaki yang kasar dengan beberapa cara di rumah. Mulai dari menggunakan pelembap kaki, merendam kaki di air hangat, mengeksfoliasi telapak kaki yang kasar, dan melakukan perawatan pada kulit kaki.”

Halodoc, Jakarta – Telapak kaki yang kasar menjadi salah satu gangguan kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Biasanya, hal ini disebabkan akibat kondisi kulit bagian telapak kaki kering sehingga lebih mudah mengelupas dan menyebabkan telapak kaki kasar.

Sebaiknya jangan abaikan kondisi telapak kaki yang kasar, ya. Selain membuat kamu merasa tidak nyaman saat beraktivitas, telapak kaki yang kasar bisa menebal dan memicu munculnya kalus. Nah, simak ulasan mengenai cara mengatasi telapak kaki yang kasar berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Alami Menghaluskan Kulit Kaki

Tips Mengatasi Telapak Kaki yang Kasar

Telapak kaki yang kasar sangat umum dialami oleh siapa saja. Ada beberapa kondisi yang dapat memicu seseorang memiliki telapak kaki yang kasar, mulai dari kondisi kulit kering, berdiri terlalu lama, berjalan tanpa menggunakan alas kaki, penggunaan sabun yang tidak cocok untuk kulit kaki, hingga terlalu sering terkena air hangat.

Telapak kaki yang kasar biasanya tidak menimbulkan keluhan yang serius pada pengidapnya. Namun, jika kondisi ini tidak diatasi ada berbagai risiko kesehatan yang bisa dialami, seperti munculnya kalus, rasa tidak nyaman saat berjalan, nyeri pada area tumit, bahkan luka dan iritasi.

Sebaiknya lakukan beberapa tips untuk mengatasi telapak kaki yang kasar agar kondisi kesehatan kulit kaki dapat terjaga dengan baik.

Berikut ini beberapa cara mengatasi telapak kaki yang kasar, yaitu:

  1. Gunakan Pelembap Kaki

Salah satu cara yang dinilai efektif untuk mengatasi telapak kaki yang kasar dengan menggunakan pelembap kaki. Kamu bisa membeli pelembap kaki yang dijual bebas di toko kesehatan maupun apotek. Carilah pelembap kaki yang memiliki kandungan tepat agar telapak kaki yang kasar bisa membaik. 

Agar tidak salah dalam membeli produk pelembap kaki, kamu bisa menggunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai kandungan tepat pelembap kaki untuk mengatasi telapak kaki yang kasar. Kamu juga bisa membeli pelembap kaki menggunakan aplikasi Halodoc di apotek terdekat.

Gunakan pelembap kaki setiap akan beraktivitas untuk meningkatkan kelembapan kaki kamu. Pastikan juga kamu menggunakan alas kaki yang nyaman saat beraktivitas.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kaki yang Pecah-Pecah

  1. Rendam dan Eksfoliasi Kulit Kaki

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi telapak kaki yang kasar adalah merendam dan mengeksfoliasi kulit kaki. Lakukan beberapa langkah berikut ini: 

  • Rendamlah kaki menggunakan air hangat selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit, kulit kaki akan menjadi lebih lembap sehingga kamu lebih mudah untuk melakukan eksfoliasi. Hindari melakukan eksfoliasi saat kaki kering. Hal ini bisa memperburuk kondisi kulit kaki.
  • Gunakan loofah, scrub eksfoliasi, atau batu apung untuk menggosok telapak kaki yang kasar. Lakukan dengan lembut dan perlahan.
  • Setelah selesai, keringkan kaki dan berikan pelembap kaki pada bagian yang kasar.
  1. Gunakan Masker Alami di Bagian Kaki

Bukan hanya wajah dan tubuh saja, kamu juga perlu melakukan perawatan alami di rumah untuk menjaga kesehatan kulit kaki, khususnya bagian telapak kaki.

Kamu bisa mencoba masker alami untuk bagian kaki dengan menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemui, seperti pisang, alpukat, minyak kelapa, dan madu.

Seluruh bahan alami tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit kaki sehingga telapak kaki yang kasar dapat diatasi dengan baik.

Caranya, kamu bisa haluskan beberapa bahan tersebut dan balurkan pada area kaki selama beberapa menit. Bilas bersih dan selalu gunakan alas kaki saat beraktivitas agar telapak kaki tetap halus dan lembut.

Baca juga: Hilangkan Bekas Luka dengan 7 Cara Alami Ini

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi telapak kaki yang kasar. Namun, jangan mengatasi secara mandiri telapak kaki yang kasar jika disebabkan oleh gangguan kesehatan pada kulit, seperti infeksi jamur, psoriasis, atau atopik dermatitis.

Kamu bisa mengunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan saat telapak kaki kasar akibat penyakit tertentu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. How to Fix Cracked Heels at Home.

Medical News Today. Diakses pada 2021. Six Fixes for Cracked Heels.