• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Mengolah Jeruk Lemon untuk Konsumsi Setiap Hari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Mengolah Jeruk Lemon untuk Konsumsi Setiap Hari

3 Cara Mengolah Jeruk Lemon untuk Konsumsi Setiap Hari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Agustus 2022

“Jeruk lemon termasuk buah yang kerap diolah untuk dikonsumsi setiap hari. Ada banyak cara mengolah buah ini menjadi sesuatu yang nikmat, biasanya dijadikan air minum dengan campuran beberapa bahan lainnya.”

3 Cara Mengolah Jeruk Lemon untuk Konsumsi Setiap Hari

Halodoc, Jakarta – Jeruk lemon adalah salah satu buah yang kerap diolah untuk menjadi minuman. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah ini saat dikonsumsi secara rutin.

Jeruk lemon diketahui kaya akan kandungan vitamin C dan flavonoid, yang merupakan antioksidan. Mengutip dari National Cancer Institute, antioksidan dapat menghilangkan radikal bebas yang merusak tubuh. Hal ini sangat baik dalam mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Namun, masih banyak orang yang bingung untuk mengolah jeruk lemon agar dapat dikonsumsi setiap hari. Jika hanya diolah menjadi air lemon, tentu sangat membosankan.

Cara Mengolah Jeruk Lemon agar Nikmat untuk Dikonsumsi

1. Air Jeruk Lemon dengan Mint dan Kayu Manis

Untuk membuat air lemon ini, peras setengah lemon ke dalam 200 gram air hangat atau dingin sesuai selera. Setelah itu, tambahkan beberapa daun mint serta beberapa batang kayu manis. Bisa juga ditambahkan beberapa jenis jeruk lainnya, seperti jeruk atau jeruk nipis.

Kamu juga bisa mendiamkan lemon yang ada semalaman untuk membuat infused water. Rasanya akan lebih nikmat saat disantap di pagi hari dan bahkan menutrisi tubuh. Dengan begitu, tubuh memiliki tenaga lebih untuk aktivitas harian.

2. Air Jeruk Lemon Madu

Minuman ini juga termasuk salah satu favorit yang dibuat untuk mengonsumsi air lemon harian. Untuk membuat minuman ini, disarankan menggunakan air hangat. Dengan begitu, pembakaran kalori lebih baik dan membuat aktivitas lebih bersemangat untuk dilakukan.

Cara membuatnya adalah dengan memeras lemon ke dalam cangkir, lalu tambahkan madu. Campurkan dengan air panas dan aduk merata. Minum sedikit untuk merasakan campurannya, jika dirasa ada yang kurang, coba tambahkan sesuai selera.

3. Air Jeruk Lemon dengan Kombinasi Buah Lain

Minuman ini umumnya dibuat menjadi infused water. Siapkan air dalam botol minum besar dan diisi hanya setengah hingga 3/4 saja. Lalu, potong kecil-kecil jeruk lemon yang disiapkan dan celupkan. 

Lalu, potong juga buah yang diinginkan, seperti stroberi, melon, dan lainnya, masukkan ke air tersebut. Tutup botol minum tersebut dan masukkan ke dalam kulkas semalaman. Rasa nikmat dapat dirasakan keesokan paginya saat diminum.

Memang, air lemon dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, penting juga untuk mengetahui berbagai potensi efek samping yang perlu diwaspadai.

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengikis email gigi dalam jangka panjang. Untuk mengurangi atau bahkan mencegah efek samping tersebut, pastikan untuk minum air ini melalui sedotan dan bilas mulut dengan air putih sesudahnya.

Selain itu, sifat asam pada jeruk dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika dibiarkan, seseorang yang memiliki gangguan asam lambung rentan alami mulas, atau bahkan mengalami rasa perih pada area perut setelahnya.

Apabila masih memiliki pertanyaan terkait cara membuat air jeruk lemon, berbagai manfaat, hingga efek sampingnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan, lho. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dengan penggunaan smartphone. Gunakan segera aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Ways Your Body Benefits from Lemon Water.
National Cancer Institute. Diakses pada 2022. Antioxidants and Cancer Prevention.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How can lemons benefit your health?