• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Produktif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Produktif

3 Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Produktif

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 Juli 2022

“Menjaga kesehatan jantung di usia produktif bisa dilakukan dengan mudah. Seperti dengan olahraga rutin, memiliki manajemen stres yang baik, serta mengonsumsi makanan sehat.”

3 Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Produktif

Halodoc, Jakarta –  Menjaga kesehatan jantung haruslah dilakukan sedari usia muda. Ibaratnya, ini adalah investasi kesehatan terbaik untuk masa tua kelak. Pasalnya, menjaga kesehatan jantung di usia produktif dapat meningkat kualitas hidup seiring dengan pertambahan usia.

Cara menjaga jantung yang sehat ini mencakup olahraga, makan makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, dan memiliki manajemen stres yang baik. Yul simak detail lebih lanjut di sini!

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Muda

Begini cara menjaga kesehatan jantung di usia produktif yang perlu kamu ketahui:

1. Memasukkan Olahraga sebagai Rutinitas Harian

Melakukan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian memang tidak akan langsung terlihat hasilnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan menuai manfaatnya. Tubuh akan lebih fit, tidak mudah lelah, dan lebih bugar. 

Menurut American Heart Association (AHA), aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah, serta meningkatkan sirkulasi dan memperkuat jantung. Kuncinya adalah durasi dan intensitas. Setidaknya luangkan waktu untuk olahraga 30 menit per hari untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Manajemen Stres yang Baik

Usia produktif adalah rentang usia saat overthinking kerap menjadi sarapan sehari-hari. Mungkin kamu merasa ini adalah sesuatu yang normal, dan menganggap overthinking itu bagus karena ini adalah tanda kamu ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Padahal, overthinking bisa memicu stres dan stres kronis pun bisa mendatangkan malapetaka untuk kesehatan mental. 

Selagi masih muda dan berada pada usia produktif, alangkah baiknya kalau kamu memiliki manajemen stres yang baik. Manajemen stres yang baik artinya kamu punya cara sehat untuk mengatasi overthinking. 

Cara mengatasina bisa berbeda-beda, misalnya menjalani hobi spesifik untuk menenangkan diri seperti membuat jurnal, meditasi, atau yoga. Bahkan kegiatan seperti bersepeda, berkebun, atau merajut bisa menolong. 

3. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Tahu Batasan

Pasti ada momen saat kamu ingin makan makanan yang enak-enak, berlemak, minum minuman beralkohol, makan makanan manis, dan sebagainya. Sebenarnya itu tidak menjadi masalah besar, sebab hidup memang untuk dinikmati.

Namun, kamu tetap harus tahu batasannya. Kamu harus tahu kapan perlu berhenti dan tidak makan berlebihan. Makan secara moderat adalah kunci hidup sehat. Imbangi dengan makan buah-buahan, sayur, biji-bijian utuh, konsumsi lemak sehat, dan jangan terlalu banyak makan lemak yang tidak sehat. 

Menjaga kesehatan jantung di usia produktif juga ada kaitannya dengan kesadaran bila terjadi gejala yang mencurigakan. Misalnya nyeri pada dada, dada terasa berat, keringat dingin diiringi dengan nyeri yang menusuk di area dada. 

Ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan dokter ke rumah sakit bila mengalami gejala di atas. Terutama bila kamu memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung. Informasi selengkapnya mengenai cara menjaga kesehatan jantung bisa kamu dapatkan dengan download aplikasi Halodoc ya!

Referensi:
One Medical.com. Diakses pada 2022. How to Keep Your Heart Healthy And Strong at Every Age.
WebMD. Diakses pada 2022. Heart Health and Aging.