3 Cara Pengobatan Glaukoma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
pengobatan glaukoma, penyakit mata

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar istilah penyakit glaukoma pada mata? Kondisi ini ditandai dengan penglihatan yang kabur. Selain itu, akan terdapat lingkaran seperti pelangi ketika kamu melihat ke arah cahaya yang terang. Lalu, bagaimanakah kondisi ini bisa terjadi? Apa saja cara pengobatan glaukoma yang bisa dilakukan? Yuk, baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Glaukoma, Ini Faktanya

Pengertian Glaukoma

Glaukoma merupakan kerusakan pada saraf mata yang menyebabkan gangguan pada penglihatan. Dalam kasus terparah, kondisi ini dapat menyebabkan kebutaan. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh tingginya tekanan pada bola mata. Akibatnya, cairan di mata akan meningkat. Peningkatan tekanan bola mata, yang disebut tekanan intraokular, dapat merusak saraf optik yang mentransmisikan gambar ke otak. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini akan semakin parah jika tidak segera mendapat penanganan.

Berdasarkan gangguan yang terjadi pada sistem drainase mata, glaukoma terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Glaukoma sudut tertutup. Kondisi ini terjadi secara tiba-tiba dan merupakan kondisi darurat yang membutuhkan penanganan segera. Pada jenis ini, sistem drainase pada mata tertutup sepenuhnya.

  • Glaukoma sudut terbuka. Pada kondisi ini, sistem drainase mata hanya terhambat sebagian karena trabecular meshwork sedang mengalami gangguan. Trabecular meshwork merupakan organ berbentuk jaring yang terletak di sistem drainase pada mata.

Baca juga: Minum Teh Panas Bisa Turunkan Risiko Glaukoma, Benarkah?

Gejala Penyakit Glaukoma

Gejala yang timbul tergantung dari jenis glaukoma yang dialami, yaitu:

  • Glaukoma sudut tertutup. Gejala yang muncul biasanya berupa sakit kepala berat, nyeri mata, mual, muntah, penglihatan kabur, adanya lingkaran di sekitar mata ketika sedang melihat cahaya, dan mata merah.

  • Glaukoma sudut terbuka. Kondisi ini awalnya tidak menimbulkan gejala. Namun, biasanya keluhan yang muncul dapat berupa penglihatan yang mengerucut ke depan seperti terowongan. Kamu juga mungkin akan melihat titik kehitaman yang melayang mengikuti gerakan bola mata.

Penyebab Penyakit Glaukoma

Penyebab yang timbul tergantung dari jenis glaukoma yang dialami, yaitu:

  • Glaukoma sudut tertutup. Glaukoma sudut tertutup bisa disebut juga dengan glaukoma sudut sempit atau glaukoma akut. Kondisi ini dapat terjadi karena drainase yang buruk. Selain itu, kondisi ini diakibatkan oleh sudut antara iris dan kornea yang terlalu sempit, serta secara fisik dihalangi oleh iris.

  • Glaukoma sudut terbuka. Glaukoma sudut terbuka bisa disebut juga dengan wide-angle glaucoma, ini merupakan glaukoma yang sering dialami. Dalam kondisi ini, struktur mata tampak normal, tetapi cairan dalam mata tidak mengalir dengan baik melalui saluran mata (saluran trabecular meshwork).

Cara Pengobatan Glaukoma

Beberapa langkah di bawah ini dapat kamu ambil sebagai langkah pengobatan glaukoma, yaitu:

  1. Obat tetes mata untuk pengidap glaukoma. Penggunaan obat tetes mata baik dilakukan untuk mengurangi pembentukan cairan pada mata karena adanya penekanan. Namun, penggunaan obat tetes mata ini mempunyai efek samping kemerahan pada mata, alergi, iritasi mata, dan penglihatan kabur.

  2. Operasi. Operasi ini dapat ditempuh ketika kasus-kasus yang terjadi sudah tidak lagi dapat disembuhkan dengan obat-obatan. Operasi yang dilakukan biasanya berlangsung selama 45-75 menit.

  3. Laser. Ada dua jenis laser yang dapat dilakukan sebagai langkah pengobatan glaukoma, yaitu trabekuloplasti dan iridotomi. Trabekuloplasti merupakan tindakan yang biasa dilakukan untuk orang yang mengidap glaukoma sudut terbuka. Sedangkan iridotomi merupakan tindakan yang dilakukan untuk pengidap glaukoma sudut tertutup.

Baca juga: Glaukoma Bisa Sebabkan Kebutaan, Atasi Segera

Perhatikan gejala-gejala dari glaukoma, jika terdapat gejala pada dirimu dan ingin berdiskusi dengan dokter ahli seputar masalah kesehatan kamu? Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc, lho. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!