• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

3 Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Halodoc, Jakarta - Memiliki hewan peliharaan memang punya banyak manfaat, termasuk ketika kamu memilih untuk memelihara burung. Tak hanya membantu mengurangi stres, memelihara burung juga bisa membuat kamu memiliki aktivitas baru. Nyaring merdu pun bisa menjadi teman untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Banyak sekali jenis burung yang bisa dijadikan peliharaan, salah satunya adalah burung kutilang.

Baca juga: 3 Hewan Rumahan yang Bisa Membawa Penyakit

Kicaunya yang sangat merdu menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki burung kutilang. Burung ini memang lebih sering kamu jumpai di area pegunungan, tetapi bukan tidak mungkin kamu juga akan mendapatkannya di area perkotaan. Memelihara burung bisa dibilang gampang-gampang susah, jadi sebelum kamu memutuskan untuk menjadikan burung kutilang sebagai hewan peliharaan, tak ada salahnya untuk mengetahui dulu berbagai fakta menarik burung tersebut.

Fakta Menarik Burung Kutilang

Burung kutilang memiliki nama latin Pycnonotus aurigaster, sangat dikenal karena memiliki kicau yang merdu. Berikut beberapa fakta menarik tentang burung kutilang:

1. Mudah Beradaptasi

Tak hanya pada area dengan kondisi lingkungan yang masih terawat dan terjaga dengan baik, burung kutilang juga mudah ditemukan di kawasan yang padat. Ini karena burung kutilang adalah salah satu jenis burung yang dianggap mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. 

2. Merupakan Jenis Burung Jinak

Selain itu, burung kutilang juga merupakan jenis burung jinak. Inilah mengapa tak sedikit orang yang memilih menjadikan burung ini sebagai hewan peliharaan.

3. Kicau yang Beragam

Fakta menarik lain yang dimiliki burung kutilang adalah kicaunya yang beragam. Bahkan, jika kamu merawat dan memeliharanya dengan baik, burung satu ini tidak akan kalah saing dengan jenis burung kicau lainnya. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Perawatan Burung Kutilang

Agar burung kutilang bisa memiliki kicau yang merdu dan indah, tentu kamu harus paham bagaimana cara perawatannya. Lalu, bagaimana perawatan burung kutilang yang tepat?

1. Berikan Perhatian

Tak jauh berbeda dengan hewan lainnya, burung juga butuh perhatian dari pemiliknya. Meski sebagian besar waktunya hanya berada di dalam kandang, bukan berarti kamu abai dan membiarkan saja. Jadikan burung ini sebagai teman dan berikan perhatian padanya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengajari burung kutilang berkicau. Kamu bisa melakukannya dengan mendekatkan burung kutilang yang hendak kamu latih dengan burung kutilang lain yang sudah mahir berkicau. Selain mengajari berkicau, cara ini juga bermanfaat untuk membuat burung saling berinteraksi.

2. Penuhi Asupan Nutrisi

Pemberian pakan dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi juga penting. Tak hanya untuk kesehatan, pakan dengan komposisi dan nutrisi yang tepat juga bisa membuat kicau burung semakin baik. Berikan jangkrik dengan ukuran yang sesuai dengan paruh burung. Selain itu, berikan pula buah-buahan, seperti pepaya atau pisang dan jangan lupa selalu sediakan air bersih. 

3. Pastikan Kebersihannya Terjaga

Tak boleh ketinggalan, kamu juga wajib menjaga kebersihan kandang dan burung itu sendiri. Bersihkan kandang setiap hari dan mandikan burung agar terhindar dari kuman penyebab penyakit. Perhatikan pula letak kandang burung, sebaiknya hindari posisi yang terlalu bising, dingin, terik, atau dekat dengan sumber bahaya.

Setelah memandikan burung, jemur burung sekitar 1–2 jam di bawah sinar matahari pagi antara pukul 06.00–10.00. Hindari menjemur burung lebih dari pukul 10.00 karena bisa meningkatkan risiko dehidrasi

Baca juga: Pelihara Hewan di Rumah, Ini Manfaatnya untuk Anak

Perhatikan segala perubahan yang terjadi pada burung kutilang peliharaanmu. Jika kamu merasakan ada gejala yang tidak biasa, segera akses aplikasi Halodoc dan ceritakan masalahmu pada dokter hewan. Dengan begitu, penanganan bisa segera dilakukan dan burung pun terhindar dari gangguan kesehatan yang membahayakan. 

Referensi:
Kumparan. Diakses pada 2021. 6 Penyakit yang Biasa Menyerang Burung Kicauan.
Hartz. Diakses pada 2021. Caring for Pet Birds: A Few Helpful Tips.
Indo Zone. Diakses pada 2021. Mengenal Burung Kutilang yang Populer dan Suka Berkicau.