• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Fakta Mengenai Virus Hendra yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Fakta Mengenai Virus Hendra yang Perlu Diketahui

3 Fakta Mengenai Virus Hendra yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Mei 2022

“Virus Hendra adalah penyakit yang penularannya berasal dari kuda. Saat menginfeksi manusia, gangguan ini dapat menimbulkan masalah yang fatal dan bahkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan segera.”

3 Fakta Mengenai Virus Hendra yang Perlu Diketahui3 Fakta Mengenai Virus Hendra yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Belum juga selesai dengan COVID-19, saat ini mulai dihebohkan dengan penyakit baru yang disebabkan oleh virus hendra. Genotipe kedua dari virus ini dilaporkan di Australia pada tahun 2021. Nah, untuk mengetahui berbagai fakta terkait virus hendra, baca ulasan berikut ini!

Berbagai Fakta Tentang Virus Hendra

Virus hendra adalah penyakit langka yang berasal dari kelelawar buah sebagai inang alami. Terkadang, virus ini dapat menular ke kuda yang menyebabkan infeksi dan akhirnya sampai ke manusia. Gangguan ini dapat menyebabkan penyakit parah dan bahkan menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

Pada kasus yang dilaporkan di Australia, semuanya terjadi pada seseorang yang melakukan kontak dengan kuda yang terinfeksi. Belum ada obat, vaksin untuk manusia hingga perawatan khusus pada seseorang yang terserang virus ini. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah menghindari kontak dengan kuda yang terinfeksi.

Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa fakta terkait virus hendra yang perlu diketahui:

1. Gejala yang Ditimbulkan Virus Hendra

Kamu perlu tahu beberapa gejala yang ditimbulkan oleh virus ini, baik pada kuda maupun manusia. Berikut penjelasannya:

  • Gejala pada kuda

Virus ini dapat menyebabkan berbagai macam gejala saat menyerang kuda. Beberapa gejala yang perlu diketahui adalah demam, peningkatan denyut jantung, dan kerusakan yang cepat yang ditandai dengan masalah pada pernapasan dan/atau sistem saraf.

  • Gejala pada manusia

Gejala ini dapat berkembang antara 5-21 hari setelah melakukan kontak dengan kuda yang telah terserang infeksi. Beberapa gejala umum yang dapat timbul adalah demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, serta kelelahan. Gangguan ini juga dapat menyebabkan meningitis atau ensefalitis yang dapat menimbulkan gejala berupa sakit kepala, demam tinggi, dan terkadang kejang-kejang hingga koma. Infeksi dari virus Hendra yang dibiarkan dapat berakibat fatal.

2. Penyebab Terinfeksi Virus Hendra

Infeksi dari virus Hendra (HeV) termasuk dalam zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan ke manusia dari hewan. Gangguan ini jarang terjadi tetapi dapat menyebabkan penyakit parah dan sering kali berakibat fatal pada kuda dan manusia yang terinfeksi. 

Inang alami virus ini telah diidentifikasi berasal dari kelelawar buah dari Famili Pteropodidae, genus Pteropus. Setelah itu, virus tersebut berpindah ke kuda dan menimbulkan infeksi. Dari kuda yang terinfeksi mampu menjangkiti manusia yang berpotensi fatal jika tidak segera mendapat penanganan.

3. Cara Penyebaran Virus Hendra

Diperkirakan jika kuda dapat tertular infeksi dari virus ini dari makanan yang telah terkontaminasi dari urine atau air liur dari kelelawar buah. Lalu, penularan virus ini antar kuda kemungkinan besar saat terjadi kontak dekat dengan cairan tubuh dari kuda yang telah terinfeksi.

Semua kasus pada manusia dikonfirmasi hingga saat ini terjadi karena paparan terhadap cairan tubuh kuda yang terinfeksi. Selain itu, belum ada bukti jika terjadi penularan dari manusia ke manusia, kelelawar ke manusia, dan sebaliknya. Maka dari itu, jika kamu kerap berinteraksi dengan kuda, ada baiknya berhati-hati terhadap virus ini.

Itulah beberapa fakta terkait virus Hendra yang perlu diketahui. Jika kamu memiliki kuda dan sering berinteraksi atau hidup tidak jauh dari kandangnya, ada baiknya berhati-hati terhadap penyakit ini. Sebab, potensi untuk menyebabkan masalah yang fatal terbilang tinggi karena belum adanya obat atau metode penyembuhan yang efektif untuk mengatasinya.

Kamu juga bisa bertanya pada ahlinya melalui fitur tanya dokter di aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya dengan menggunakan smartphone. Maka dari itu, segera gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Hendra virus.
NSW Health. Diakses pada 2022. Hendra virus fact sheet.