• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Fakta Vaksin Merah Putih untuk Cegah Omicron BA.4 dan BA.5
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Fakta Vaksin Merah Putih untuk Cegah Omicron BA.4 dan BA.5

3 Fakta Vaksin Merah Putih untuk Cegah Omicron BA.4 dan BA.5

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Juni 2022

“Vaksin Merah Putih diduga memiliki sifat netralisasi yang tinggi terhadap beberapa varian COVID-19. Dengan sifat netralisasi ini, maka orang yang menerima vaksin Merah Putih akan mendapatkan perlindungan maksimal terhadap Omicron BA.4 dan BA.5.”

3 Fakta Vaksin Merah Putih untuk Cegah Omicron BA.4 dan BA.5

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya usai. Namun, kemunculan varian baru Omicron BA.4 dan BA.5 masih perlu diwaspadai karena tingkat penyebarannya yang cukup masif.

Kabar baiknya, vaksin Merah Putih kini sudah masuk uji klinis fase III dan dinilai bisa mengatasi penyebaran Omicron BA.4 dan BA.5. Vaksin ini sendiri adalah vaksin yang dibuat oleh peneliti dari Universitas Airlangga (Unair). Ia dianggap  cukup efektif karena memiliki bahan dasar whole virus dan mengandung empat jenis protein imunogenik.

Informasi selengkapnya mengenai fakta vaksin Merah Putih bisa mencegah Omicron BA.4 dan BA.5 bisa dibaca di sini!

Fakta Vaksin Merah Putih untuk Cegah Omicron A.4 dan BA.5

Varian Omicron BA.4 dan BA.5 nyatanya tidak lebih mematikan daripada jenis varian COVID-19 lainnya. Pasalnya kini telah banyak orang telah membangun kekebalan dari infeksi dan vaksinasi di masa lalu. Alhasil, ini telah membantu mengurangi risiko penyakit secara keseluruhan.

Akan tetapi, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, varian Omicron BA.4 dan BA.5 ini lebih mudah menyebar. Penyebaran pun diduga dengan mudah terjadi karena kekebalan kelompok yang mulai menurun dan juga mutasi yang dialami virus. 

Apalagi kini sudah banyak negara telah mencabut pembatasan sosial sehingga orang-orang lebih bebas berinteraksi dan bertemu di ruang publik. Alhasil, hal ini memungkinkan penyebaran virus terjadi lebih luas lagi. 

Nah, upaya untuk mengatasi penyebaran varian baru ini adalah dengan cara mendapatkan jumlah dosis yang disarankan. Tim peneliti vaksin Merah Putih pun saat ini sedang dalam proses pengembangan merasa cukup yakin bahwa vaksin ini nantinya bisa memberikan perlindungan lebih efektif. Mengapa demikian? Yuk simak berbagai fakta tentang vaksin Merah Putih berikut ini! 

1. Berbahan Dasar Whole Virus dengan Empat Macam Protein Imunogenik

Artinya, vaksin Merah Putih memiliki sifat netralisasi yang tinggi terhadap beberapa varian COVID-19. Dengan sifat netralisasi ini, maka vaksin Merah Putih dapat memberikan perlindungan lebih maksimal. Tidak hanya pada varian COVID-19 yang sudah ada, tetapi juga Omicron BA.4, Omicron BA.5, dan jenis-jenis mutasi varian lainnya. 

2. Diarahkan untuk Usia Anak Remaja dan Booster

Walaupun belum lolos uji klinis, namun vaksin Merah Putih ini rencananya akan lebih diarahkan untuk digunakan sebagai vaksin untuk anak remaja dan booster. Anak dan remaja menjadi target vaksinasi yang penting dikarenakan mereka masuk dalam golongan populasi yang mampu menyebarkan COVID-19.

Vaksin Merah Putih sebagai booster juga dinilai dapat memberikan perlindungan optimal mengingat bahan dasar dan kandungannya tersebut.

3. Efek Samping Rendah dan Kemungkinan Diekspor

Sejauh ini berdasarkan pengembangan yang sedang dilakukan, vaksin Merah Putih tidak memberikan efek samping signifikan seperti vaksin-vaksin COVID-19 lainnya. Bisa jadi sebagai vaksin yang mengalami pengembangan lama, vaksin Merah Putih ini mengambil hal-hal positif kekuatan vaksin pendahulunya dan menyingkirkan kelemahannya. Melihat perkembangan dan kemungkinan keberhasilannya, bisa jadi vaksin Merah Putih ini akan dipasarkan juga ke pasar internasional.

Alasan Varian Omicron Cepat Menular?

Virus membuat salinan karbon dari dirinya sendiri untuk bereproduksi, tetapi ketika proses itu terjadi, kerap terjadi kesalahan sehingga menghasilkan versi baru dari virus. Semakin banyak peluang yang dimiliki virus untuk membuat salinan dirinya sendiri di dalam manusia sebagai inangnya, maka semakin banyak juga peluang terjadinya mutasi.

Mutasi pada virus bukanlah hal baru atau tidak terduga. Semua virus RNA bermutasi dari waktu ke waktu. Misalnya saja virus flu, itulah sebabnya dokter menyarankan untuk mendapatkan vaksin flu baru setiap tahunnya. 

Omicron memiliki sejumlah besar mutasi yang semuanya muncul sekaligus. Kondisi ini sangat berbeda dari versi sebelumnya, termasuk Delta. Omicron memiliki lebih dari 50 mutasi, banyak di protein lonjakan, yang pertama kali masuk ke sel manusia. Protein lonjakan juga merupakan salah satu fitur luar virus yang paling menonjol yang dikenali, ditanggapi, dan digunakan oleh sistem kekebalan untuk mengembangkan antibodi.

Mutasi omicron memberinya kemampuan untuk melarikan diri dari respons kekebalan yang lemah sehingga menjadi lebih cepat menular dari orang ke orang, walaupun tidak memberikan efek separah varian Delta.  Alhasil, kemampuan penularan yang lebih masif ini memungkinkan Omicron lebih cepat menular.

Itulah informasi mengenai fakta vaksin merah putih bisa mencegah Omicron BA.4 dan BA.5. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan update informasi mengenai COVID-19. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan suplemenmu lewat Halodoc ya!

Referensi:
Detik Health. Diakses pada 2022. Vaksin Merah Putih Diyakini Ampuh Lawan Omicron BA.4-BA.5, Ini Alasannya
Detik Health. Diakses pada 2022. aksin Merah Putih Unair Ditargetkan untuk Anak Usia Berapa?
The New England Journal of Medicine. Diakses pada 2022. Adolescents, Parents, and Covid-19 Vaccination — Who Should Decide?
Kompas.com. Diakses pada 2022. Peneliti: Vaksin Merah Putih Unair Bisa Tangkal Varian Baru Covid-19.
Hopkins Medicine.org. Diakses pada 2022. COVID Variants: What You Should Know.