• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Faktor yang Menentukan Kesehatan Sperma

3 Faktor yang Menentukan Kesehatan Sperma

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Mengetahui kondisi dan kesehatan sperma adalah hal yang penting, terutama bagi pasangan yang berencana memiliki momongan. Sebab, sperma yang sehat akan lebih mudah dan berhasil melakukan pembuahan. Hal itu berarti peluang terjadinya kehamilan akan menjadi lebih besar jika suami memiliki sperma yang sehat. Lantas, apa saja faktor yang menentukan kesehatan sperma? 

Secara umum, ada banyak hal yang bisa memengaruhi kesehatan sperma. Namun, untuk menentukan apakah sperma yang dimiliki pria cukup sehat atau tidak, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Faktor penentu kesehatan sperma di antaranya adalah jumlah sperma keseluruhan, kemampuan bergerak, serta bentuk sperma.

Baca juga: Manfaat Cek Sperma Sebelum Program Kehamilan


Mengenal Sperma yang Sehat 

Ada banyak hal yang bisa memengaruhi kesehatan sperma, mulai dari gaya hidup yang diterapkan, kebiasaan merokok, hingga konsumsi minuman beralkohol. Pria cenderung memiliki sperma yang sehat jika tidak memiliki kebiasaan merokok dan tidak mengonsumsi alkohol. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kesuburan dan kesehatan sperma adalah dengan melakukan pemeriksaan. 

Sperma terkandung di dalam air mani pria, yaitu cairan yang berfungsi sebagai “kendaraan” sperma untuk menuju saluran reproduksi wanita. Ada tiga faktor yang bisa digunakan untuk menentukan kesehatan sperma, di antaranya: 

1.Jumlah Sperma Keseluruhan 

Jumlah sperma yang terlalu sedikit mungkin akan sulit menyebabkan kehamilan. Normalnya, dalam 1 mililiter air mani yang dikeluarkan pria terkandung 15 juta sperma. 

2.Kemampuan Gerak Sperma

Sperma yang sehat memiliki laju gerak yang cepat. Hal itu dibutuhkan karena sperma harus lincah untuk bisa mencapai sel telur dan melewati beberapa bagian dari organ reproduksi wanita. Dari semua sperma yang keluar, setidaknya harus ada 25 persen yang memiliki gerakan maju yang cepat. 

3.Bentuk Sperma 

Kesehatan sperma juga bisa dilihat dari bentuknya. Sperma sehat memiliki ciri kepala yang berbentuk lonjong dan ekor yang panjang untuk mendukung gerakan ke depan.

Baca juga: Mau Tahu Ciri-Ciri Air Mani yang Sehat?

Agar kehamilan bisa cepat terjadi, penting untuk selalu menjaga kualitas dan kesehatan sperma. Ada beberapa cara yang disarankan dan bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sperma, seperti menerapkan pola makan sehat, menjaga berat badan ideal, mengelola stres dengan baik, rutin berolahraga, serta menghindari kebiasaan seks berisiko. 

Pasalnya, orang yang biasa melakukan aktivitas seks berisiko, seperti sering berganti pasangan atau tidak menggunakan pengaman lebih rentan mengalami infeksi menular seksual. Infeksi menular seksual bisa menjadi salah satu pemicu sel sperma menjadi tidak sehat serta menurunkan kualitasnya. Dengan kata lain, sperma tidak memiliki kekuatan yang sempurna untuk menyebabkan kehamilan. 

Menjaga kesehatan sperma juga bisa dilakukan dengan berhenti merokok. Sebab, kebiasaan merokok bisa menyebabkan pria mengalami penurunan jumlah sperma. Tidak hanya itu, aktif merokok juga bisa memicu terjadinya penurunan kemampuan gerak sperma. Selain rokok, meningkatkan kualitas sperma juga bisa dilakukan dengan membatasi asupan minuman beralkohol. 

Tidak berbeda jauh dengan rokok, alkohol juga dapat menyebabkan struktur sperma menjadi rusak dan tidak sehat. Alkohol juga bisa mengganggu penyerapan mineral zinc yang sangat penting untuk kesuburan pria.

Baca juga: Mau Cek Sperma? Begini Prosedur yang Mesti Dilakukan

Cari tahu lebih lanjut mengenai ciri sperma sehat dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Sampaikan juga masalah kesehatan lain dan dapatkan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!



Referensi 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Healthy Sperm: Improving Your Fertility.
Net Doctor UK. Diakses pada 2020. Semen and Sperm Quality.
WebMD. Diakses pada 2020. Fertility Health Centre: How to Boost Your Fertility.