27 April 2018

3 Gejala Serangan Jantung di Usia Muda

3 Gejala Serangan Jantung di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Ternyata anak muda pun berisiko mengalami keluhan-keluhan pada fungsi jantung. Penyakit jantung turunan, obesitas, dan gaya hidup tidak sehat saat muda adalah beberapa penyebab serangan jantung. Berikut ini adalah faktor yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung di usia muda.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.   Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika konsisten memiliki tekanan darah mendekati atau lebih tinggi dari batas normal setelah tiga kali pengukuran dalam waktu berbeda. Hipertensi pada usia muda sering kali tidak menimbulkan gejala akut, namun dapat menyebabkan sakit kepala dan mimisan. Jika dibiarkan bisa berdampak pada gangguan fungsi jantung saat memasuki usia dewasa.

  1. Kadar Kolesterol yang Tinggi

Tingginya kadar kolesterol dalam darah menjadi pemicu penyakit jantung koroner, yang tanpa disadari bisa dimulai sejak masa anak-anak. Penanganan kolesterol pada anak sangat diperlukan untuk mencegah penyakit jantung sejak dini. Pencegahan ini terutama bisa dilakukan dengan perbaikan pola makan dan aktivitas. 

  1. Berkurangnya Elastisitas Pembuluh Darah Arteri

Arteriosklerosis atau kondisi dimana elastisitas arteri berkurang. Kondisi ini terjadi secara jangka panjang. Penyebabnya adalah kadar kolesterol darah yang tidak terkendali hingga menimbulkan plak pada pembuluh darah. Penumpukan plak bisa dimulai pada masa kanak-kanak. Arteriosklerosis saat pada anak adalah pemicu utama penyakit jantung dan stroke pada orang dewasa berusia 20-30 tahun.

(Baca juga: Kenali Kondisi Jantung dan Serangannya yang Perlu Diwaspadai)

Untuk mengetahui risiko dan gejala penyakit jantung yang bisa terjadi di usia muda serta penyebab serangan jantung lainnya, kamu bisa menghubungi para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan Video/Voice Call atau Chat. Melalui aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat dan melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!