3 Gerakan Pilates untuk Pengidap Skoliosis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
skoliosis, pilates

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan kasus skoliosis dialami oleh anak-anak, bersifat ringan, dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, kondisi ini harus tetap diawasi oleh orangtua untuk mengetahui perkembangan dan menghindari komplikasi dari skoliosis. Selain prosedur medis, ternyata ada beberapa gerakan pilates yang bisa dilakukan pengidap skoliosis guna memperbaiki postur tubuh mereka. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang penyakit ini, dan gerakan pilates apa saja yang bisa membantu pengidap skoliosis untuk memperbaiki postur tubuhnya!

Baca juga: Ini Perawatan yang Tepat Bagi Anak Penderita Skoliosis

Skoliosis, Penyakit pada Tulang Belakang

Skoliosis merupakan kondisi melengkungnya tulang belakang ke arah samping. Kondisi ini terjadi secara tidak normal dan lebih sering terjadi pada anak-anak berusia 10-15 tahun. Anak laki-laki dan perempuan memiliki risiko yang sama untuk mengidap penyakit ini. Namun, pada anak perempuan, gejala lebih rentan menjadi lebih parah, sehingga memerlukan penanganan yang tepat. Ketika skoliosis tidak segera ditangani, akan menyebabkan keluhan nyeri otot di daerah punggung. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, dalam jangka panjang skoliosis bisa sampai menimbulkan gangguan pada fungsi paru-paru dan jantung.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Skoliosis

Gejala pada skoliosis sudah bisa dilihat dari perubahan penampilan bahu, dada, dan pinggul. Beberapa gejala fisik pada pengidap skoliosis, antara lain salah satu bahu menjadi lebih tinggi, salah satu pinggul tampak lebih menonjol, panjang kaki tidak seimbang, salah satu tulang belikat tampak lebih menonjol, dan tubuh pada pengidap kondisi ini akan lebih condong ke satu sisi. Selain gejala fisik yang dapat terlihat, ada beberapa gejala lain dari kondisi ini, yaitu nyeri punggung yang tidak semua dialami oleh pengidapnya. Pada pengidap yang telah dewasa, rasa sakit akan berpusat pada titik lengkungan.

Baca juga: Waspada Tulang Belakang Melengkung atau Skoliosis

Ini Gerakan Pilates untuk Pengidap Skoliosis

Pengidap kondisi ini bisa saja melakukan operasi sebagai langkah penanganan pada skoliosis. Namun, selain jalur medis, sebenarnya ada langkah yang bisa dilakukan oleh pengidap kondisi ini, seperti pilates. Pilates yang dilakukan bertujuan untuk membantu memperbaiki postur tubuh dengan menormalkan posisi tulang belakang, gerakan tersebut antara lain:

  1. Step down and one arm reach. Pertama, baringkan tubuh pada matras. Kemudian tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut siku-siku. Setelah itu rentangkan kaki kiri hingga lurus ke arah belakang dan sejajar dengan badan, sembari mengangkat tangan kanan. Lakukan gerakan ini secara bergantian selama 10 kali gerakan.

  2. Upward and downward dog. Pertama, posisikan diri dengan kepala menghadap ke bawah dengan tumpuan kaki dan tangan hingga tubuh membentuk segitiga sama kaki. Kemudian, turunkan tubuh dengan kedua kaki lurus ke belakang, kemudian angkat tubuh bagian atas hingga membentang lurus seperti cobra position. Tahan setiap posisi selama 10 detik, dan ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

  3. Split stance with arm reach. Pertama, kamu bisa berdiri tegak dengan kaki kiri sedikit ke depan dan kaki kanan ke belakang. Kemudian, tarik bagian tubuh hingga ke belakang. Tahan posisi ini selama 10 detik. Selanjutnya, tekuk kaki kiri hingga membentuk segitiga siku-siku dan kaki kanan ke belakang. Tarik bagian tubuh hingga ke belakang, kemudian tahan posisi ini selama 10 detik.

Baca juga: Komplikasi yang Bisa Terjadi Karena Skoliosis

Jika kamu masih ragu apakah gerakan yang kelihatannya berbahaya ini cocok untuk pengidap skoliosis, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!