21 August 2018

3 Gerakan Yoga yang Aman untuk Ibu Hamil

yoga untuk ibu hamil, gerakan yoga untuk ibu hamil, olahraga untuk ibu hamil, manfaat olahraga ibu hamil, manfaat yoga ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Biasanya, seorang wanita akan mengalami banyak perubahan pada masa-masa kehamilan. Terkadang perubahan ini membuat ibu hamil menjadi malas untuk beraktivitas. Termasuk olahraga.

Kebanyakan orang menilai, olahraga saat hamil dapat membahayakan ibu serta janin. Padahal, olahraga saat hamil cukup penting untuk dilakukan. Tentu manfaatnya juga cukup banyak, baik bagi ibu maupun janin dalam kandungan. Salah satu manfaat olahraga adalah mengurangi rasa tidak nyaman pada tubuh ibu selama masa kehamilan.

Baca juga: Jangan Salah, Hamil Juga Butuh Olahraga Ibu

Sebaiknya perhatikan olahraga apa saja yang memang cocok dilakukan untuk ibu hamil. Biasanya, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan gerakan-gerakan ringan. Salah satunya adalah olahraga yoga. Rutin melakukan yoga saat masa kehamilan nyatanya dapat membantu ibu untuk melatih panggul agar lebih kuat dan lentur saat melahirkan nanti.

Tentu tidak semua gerakan yoga juga aman untuk ibu hamil, ibu tetap harus cermat dalam memilih gerakan yoga yang aman.  Berikut adalah gerakan yoga yang aman dilakukan oleh ibu hamil:

1. Easy Pose

Seperti yang sudah bisa ibu baca dari nama gerakannya, gerakan easy pose memang gerakan paling mudah dan bisa dilakukan kapan pun. Easy pose dapat membantu ibu untuk melatih pernapasan, membuat pikiran menjadi rileks, serta membuat tubuh merasa nyaman.

Biasanya gerakan ini dilakukan pada awal dan akhir kegiatan yoga. Posisinya, ibu bisa mengambil sikap bersila. Pada posisi ini, ibu dilatih untuk membuka otot panggul dan akan membuat ibu lebih fokus saat proses kelahiran nanti.

2. Cat Cow

Bagi ibu yang mengalami sakit punggung pada masa kehamilan, pose cat cow sangat cocok untuk mengurangi rasa sakit pada punggung. Biasanya, saat perut semakin membesar, sebagian ibu akan mengeluhkan rasa sakit pada punggung karena menopang berat yang lebih besar. Pose ini dapat digunakan untuk memperkuat otot-otot pada punggung yang semakin menegang.

Ibu bisa lakukan gerakan menekuk dan meregang untuk melemaskan otot-otot punggung. Posisinya, ibu bisa meletakan kedua tangan sejajar dengan lutut kaki yang diletakan pada yoga mat. Lakukan secara perlahan.

3. Butterfly

Gerakan butterfly ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gerakan easy pose. Jika easy pose dilakukan dengan posisi bersila, butterfly ini dilakukan dengan posisi bersila tapi telapak kaki kanan dan kiri saling bertemu. Ibu bisa gunakan kedua tangan untuk menggenggam kedua kaki.

Gerakan ini dapat melatih kelenturan otot panggul dan paha dalam ibu. Tidak hanya itu, gerakan ini dipercaya dapat mengarahkan posisi kepala bayi berada dekat panggul. Tentu hal ini akan mempermudah ibu saat persalinan.

Bagi ibu yang sudah memasuki trimester ketiga atau mendekati hari kelahiran, sebaiknya sering-seringlah melakukan gerakan ini di rumah agar kepala bayi dapat terarah pada bagian panggul. Apalagi jika bayi dalam keadaan sungsang. Jangan lupa bernapas dengan rileks agar bayi dan ibu juga dapat merasakan ketenangan yang sama.

Baca juga: 4 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Selain melakukan yoga, ibu hamil juga bisa melakukan olahraga ringan lainnya seperti jalan santai atau berenang. Banyak manfaat yang akan dirasakan ibu hamil dengan rutin berolahraga. Jika ibu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat olahraga selama masa kehamilan, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!