• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memandikan Anjing

3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memandikan Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan anjing mungkin lebih suka melewatkan waktu mandi, tetapi mandi adalah hal penting untuk menjaga kesehatan bulu dan kulit anak anjing. Mandi dengan bersih dan menyeluruh akan membantu menjaga kebersihan anak anjing dan bebas dari kotoran dan parasit. Tentu saja, kamu pun pasti lebih nyaman berada di sekeliling anjing yang bersih bukan? 

Jika kamu baru pertama kali memelihara anjing, atau masih bingung cara yang tepat untuk memandikan anjing, sebaiknya perhatikan beberapa hal-hal berikut yang disarankan dokter hewan!

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Seberapa Sering Anjing Harus Dimandikan? 

Meskipun anjing tidak perlu mandi setiap hari seperti yang manusia lakukan, mereka memang perlu mandi secara teratur. Namun, seberapa teraturnya tergantung pada beberapa faktor, seperti lingkungan dan jenis bulu anjing. Dokter hewan dapat memberi saran tentang seberapa sering anjing perlu dimandikan. Selain itu, ada beberapa pedoman mengenai seberapa sering anjing perlu mandi:

  • Kebanyakan anjing dengan kulit dan bulu normal hanya perlu mandi sebulan sekali atau, 3 bulan sekali, atau maksimal 1 kali seminggu. Selain itu, mungkin juga jadwal mandi anjing disesuaikan dengan anjuran dokter hewan. 
  • Anjing dengan bulu berminyak, seperti Basset Hounds, mungkin perlu mandi seminggu sekali.
  • Banyak anjing ras berbulu pendek dengan bulu halus, seperti Beagle dan Weimaraner, baik-baik saja dengan frekuensi mandi yang lebih jarang.
  • Jenis seperti Golden Retriever dan Great Pyrenees, harus lebih jarang dimandikan untuk mengawetkan minyak alami mereka.
  • Anjing dengan bulu tebal seperti Samoyed, Malamutes, dan ras Northern lainnya, paling baik dirawat dengan lebih sedikit mandi dan banyak penyikatan ekstra. Cara ini akan menghilangkan rambut mati yang lepas dan membantu mendistribusikan minyak alami yang menjaga kulit dan bulu anjing tetap sehat.

Tentu saja, jika anjing suka berenang, terobsesi dengan genangan lumpur, atau mungkin kamu tinggal di pedesaan dan anjing jadi sering berguling-guling entah di mana. Jika begini, kamu mungkin harus lebih sering memandikan anjing. Selain itu, salah satu cara untuk mengukur kapan anak anjing perlu dimandikan adalah dengan mencoba mencium bau tubuhnya. Jika kamu merasa aromanya cukup buruk, maka segera mandikan anjing. 

Baca juga: Ketahui 4 Cara Tepat untuk Mengatasi Kutu Anjing

Di Mana Anjing Harus Dimandikan? 

Pemilik anjing kecil memiliki keuntungan karena mereka bisa memasukkan anjingnya ke dalam bak cuci atau wastafel. Namun, jika kamu tidak bisa memasukkan anjing ke dalam wastafel, gunakan bak mandi, atau mandi bersama mereka dan gunakan pipa semprot yang bisa dilepas.

Bak mandi anjing portabel juga bisa jadi pilihan. Meskipun beberapa bak terbuat dari plastik tebal, ada beberapa jenis yang mudah dilipat. Beberapa pet shop atau perlengkapan hewan peliharaan juga banyak yang menyewakan bak dan handuk anjing.

Menggunakan selang taman tidak apa-apa jika anjing benar-benar kotor atau cuacanya bagus, tetapi lakukan sesekali. Anjing tidak suka kedinginan dan paling tidak suka jika air disemprotkan ke mereka.

Baca juga: Begini Perawatan yang Tepat untuk Anjing yang Baru Melahirkan

Bagaimana Cara Memandikan Anjing?

Setelah kamu siap untuk memandikan anjing, ada beberapa teknik memandikan anjing yang perlu diperhatikan: 

  • Sikat Anjing Sebelum Mandi. Rambut kusut bisa menahan air dan membuat anjing mengalami iritasi kulit. Selain itu, kamu juga perlu meletakkan bola kapas di setiap telinga agar air tidak masuk. Ini membantu mencegah infeksi dan iritasi telinga. Namun, jika kamu tidak dapat menyikat atau memandikan anjing dengan benar, bawa saja anjing ke perawatan profesional. 
  • Gunakan Air Hangat. Kulit anjing berbeda dengan kulit manusia, dan air panas dapat membuat anjing lebih mudah terbakar. Air mandi tidak boleh lebih panas dari yang biasa disediakan untuk bayi manusia. 
  • Bicaralah dengan Hewan Peliharaan dengan Suara yang Tenang dan Meyakinkan. Beberapa anjing pada akhirnya akan mengetahui bahwa mandi bukanlah hal yang membuat mereka tersiksa. Namun, kadang mereka tetap saja bersembunyi setiap kali kamu berencana memandikan mereka. Jadi, gunakan suara yang tenang ya!
  • Gunakan Sampo Khusus Anjing. Ini akan mengeringkan kulit mereka lebih sedikit daripada sampo manusia. Usapkan sampo hingga berbusa lembut dan pijatkan ke seluruh tubuh anjing, berhati-hatilah agar sabun tidak masuk ke matanya.
  • Bilas Sampai Bersih. Sabun yang tertinggal di bulunya dapat mengiritasi kulit anjing setelah kering. Bilas, bilas, dan ulangi lagi.
  • Beri Udara Kering. Udara panas dari pengering rambut manusia bisa menjadi terlalu panas untuk kulit mereka. Angin-anginkan atau gunakan pengering rambut yang dirancang untuk anjing; suhu yang lebih rendah tidak akan menyebabkan gatal atau ketombe.
  • Beri Hadiah. Jika memandikan sudah selesai tanpa banyak drama, beri pujian, belaian, atau permainan yang anjing sukai. 

Jika kamu masih ragu untuk memandikan anak anjing kesayangan, jangan sungkan untuk bertanya pada dokter hewan di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan tips perawatan anjing yang tepat agar anjing selalu sehat dan terhindar dari penyakit.

Referensi:
Canine Journal. Diakses pada 2020. How Often You Should Bathe Your Dog (Plus 8 Bathing Tips).
Dogtime. Diakses pada 2020. Dogs 101: Everything You Should Know About Bathing Your Dog.
PRO PLAN Indonesia. Diakses pada 2020. Tips Memandikan Anjing.