• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Informasi Keliru Seputar Anjing Pit Bull

3 Informasi Keliru Seputar Anjing Pit Bull

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Informasi Keliru Seputar Anjing Pit Bull

Halodoc, Jakarta - Pit Bull adalah jenis anjing yang kerap ditakuti banyak orang karena tidak sedikit korban luka bahkan kehilangan nyawa karena jenis anjing ini. Hewan ini terkadang menggigit manusia sehingga menimbulkan cedera. Meski begitu, tidak semua hal yang kamu dengar benar adanya, karena mungkin saja itu termasuk informasi yang keliru. Ketahui segala informasi yang salah tentang anjing Pit bull ini!

Informasi yang Salah Tentang Anjing Pit Bull

American Pit Bull Terrier, atau Pit Bull, adalah jenis anjing yang sering dianggap sebagai pendamping dan dekat dengan keluarga. Awalnya, hewan ini dibiakkan sebagai "umpan" untuk banteng yang akhirnya berkembang menjadi anjing pertanian yang serba bisa. Akhirnya, pit bull diajarkan untuk berada di dalam rumah agar menjadi "anjing pengasuh" karena anjing ini sangat lembut di sekitar anak-anak.

Baca juga: 6 Jenis Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Anjing

Sifat-sifatnya yang gigih, tangkas, dan berani yang membuat mereka populer dalam kategori olahraga, seperti tarik beban, ketangkasan, dan kepatuhan. Selain kuat, anjing Pit bull juga dapat memposisikan dirinya sebagai sahabat manusia yang memberikan rasa cinta dan kasih sayang pada orang-orang di sekitarnya. Meski termasuk anjing ras murni, tetapi kamu mungkin saja menemukannya di tempat penampungan dan siap untuk diadopsi.

Meski begitu, masih banyak informasi yang keliru tentang anjing Pit bull di masyarakat karena kerap banyak kasus yang membuat hewan ini dicap buruk. Berikut ini beberapa informasi yang salah tersebut:

1. Mayoritas Gigitan Anjing Berasal dari Anjing Pit Bull

Informasi salah yang pertama adalah jenis anjing ini dipercaya telah menggigit banyak orang. Memang kasus tentang ini mungkin tetap ada, tetapi kenyataannya Pit bull hampir tidak masuk dalam daftar 10 besar gigitan anjing yang fatal setiap tahunnya jika dihitung dari jenisnya. Faktanya, anjing-anjing jenis Great Danes, Mastiffs, dan Malamute jauh lebih sering terlibat dalam kasus gigitan yang fatal dibandingkan jenis Pit Bull.

2. Anjing Pit Bull Tidak Akur dengan Anjing Lain

Sama seperti manusia, anjing juga nyaman jika bersosialisasi dengan sesamanya tidak berpengaruh terhadap rasnya. Meski begitu, semua hal tersebut tergantung pada perkembangan diri dan pengalaman sebelumnya. Faktanya, banyak Pit bull yang hidup berdampingan dengan damai di rumah bersama anjing jenis lain, kucing, bahkan anak-anak. Pastikan kamu memiliki anjing dengan temperamen yang baik kemudian melatihnya agar terbiasa berada di sekitar hewan dan manusia lainnya.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kandang Anjing?

3. Mulut Anjing Pit Bull "Mengunci" saat Menggigit

Faktanya, memang pit bull termasuk anjing yang cukup kuat, tetapi bentuk rahangnya tidak berbeda dengan anjing ras kuat lainnya. Saat jenis anjing ini menahan sesuatu di mulutnya, seperti mainan atau tongkat, ia biasanya menggigit dengan keras. Hal ini disebabkan tekad yang tinggi bukan karena mulutnya mengunci. Sama seperti Husky, dua anjing ini memang memiliki mekanisme penjepitan yang sangat kuat.

Itulah beberapa kekeliruan yang kerap terjadi di masyarakat tentang anjing Pit bull. Sama seperti anjing lainnya, saat merasa terancam, cara melawannya hanya dengan gigitan. Maka dari itu, setiap orang diharapkan untuk menghindari anjing ini jika melihatnya di jalan karena bisa saja dianggap sebagai ancaman. Meski begitu, Pit bull tetap dapat menjadi partner yang baik.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait anjing Pit bull atau jenis ras lainnya. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc dan nikmati kemudahan dalam akses kesehatan baik untuk hewan maupun manusia. Melalui aplikasi ini, kamu dapat berinteraksi langsung dengan ahli medis tanpa perlu bertatap muka. Unduh aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2020. 10 Pit Bull “Facts” That Are Totally Wrong.
Gallant. Diakses pada 2020. 4 Common Misconception About Pit Bulls.