• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Jenis Obat Sariawan yang Aman untuk Anak

3 Jenis Obat Sariawan yang Aman untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3 Jenis Obat Sariawan yang Aman untuk Anak

Halodoc, Jakarta - Sariawan adalah masalah yang dapat dialami oleh semua orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Saat masalah ini terjadi, perasaan nyeri dapat dirasakan sehingga menyulitkan untuk makan. Terlebih lagi jika terjadi pada anak-anak, bisa saja Si Kecil menjadi semakin rewel dan tidak ingin makan apa pun yang disuguhkan. Maka dari itu, setiap orangtua harus tahu berbagai jenis obat yang aman untuk dikonsumsi oleh anak. Ketahui selengkapnya di sini!

Beberapa Jenis Obat Sariawan untuk Anak yang Efektif dan Aman

Sariawan atau memiliki istilah medis stomatitis, adalah gangguan radang yang dapat menimbulkan perasaan nyeri hingga menyulitkan untuk makan, berbicara, bahkan tidur. Stomatitis dapat terjadi di semua bagian mulut, termasuk bagian dalam pipi, gusi, lidah, bibir, hingga langit-langit.

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Sariawan pada Anak

Jenis gangguan ini sering terjadi pada anak-anak akibat tergigit oleh gigi sendiri atau tergores ketika menyikat gigi. Namun, masalah ini juga dapat terjadi akibat infeksi yang disebabkan oleh jamur atau bakteri, mengonsumsi makanan yang dapat mengiritasi bagian dalam mulut, kekurangan vitamin tertentu di dalam tubuh, hingga sistem kekebalan yang lemah.

Tentu saja ibu lelah mendengar keluh kesah anak yang berkata jika bagian mulutnya terasa nyeri, bahkan sulit untuk makan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis obat sariawan anak yang aman dikonsumsi dan juga efektif mengatasi masalah pada mulut ini. Apa saja jenis obat yang dapat menjadi pilihan? Berikut ini beberapa jenisnya:

1. Krim Oles

Salah satu jenis obat sariawan untuk anak yang aman dan efektif digunakan adalah berbentuk krim oles. Krim ini dapat langsung dioleskan ke bagian yang luka karena mengandung beberapa zat, seperti benzocaine, hidrogen peroksida, dan fluocinonide. Setelah mengoleskan zat tersebut, diharapkan tidak berapa lama perasaan nyeri dapat teratasi. 

Obat ini terbilang mudah untuk didapatkan di apotek dan toko obat di sekitar rumah tanpa adanya resep dokter. Meski begitu, ibu harus tetap berhati-hati saat menggunakannya dan membaca aturan pakai dengan benar sebelum memberikannya, terutama jika anak masih sangat kecil. Agar lebih pasti, ada baiknya bertanya dahulu pada dokter sebelum menggunakannya.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Sariawan pada Bayi

2. Obat Pereda Nyeri

Jenis obat sariawan untuk anak lainnya yang dapat ibu berikan agar rasa sakit yang dirasakan dapat berkurang adalah dengan mengonsumsi pereda nyeri. Salah satu jenis obat pereda nyeri adalah parasetamol. Tentu semua orang tahu jika jenis obat ini mudah didapatkan tanpa perlu adanya resep dokter. Selain itu, parasetamol juga aman untuk dikonsumsi hampir semua anak di usia berapa pun.

3. Obat Kumur

Obat kumur juga termasuk efektif untuk mengatasi sariawan yang terjadi pada anak-anak. Biasanya, obat ini berupa antiseptik cair dengan kandungan chlorhexidine yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri merugikan di dalam mulut. Sebelum menggunakan obat ini, ibu harus memastikan jika anak sudah dapat berkumur karena umumnya disarankan untuk tidak ditelan. Beritahu anak agar tidak langsung makan dan minum setelahnya agar penanganan bekerja efektif.

Itulah beberapa obat sariawan anak yang dapat diberikan agar masalah mulut tersebut dapat teratasi segera. Tentu saja ibu ingin agar anak segera sehat dan dapat makan dengan lahap seperti sebelumnya. Selain itu, ibu juga perlu memastikan anak mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya yang dapat mencegah terjadinya sariawan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Es Batu Dapat Menjadi Obat Sariawan Anak?

Ibu juga dapat berdiskusi dengan dokter dari Halodoc terkait obat sariawan anak yang paling tepat. Dengan download aplikasi Halodoc, selain bertanya pada ahli medis, ibu juga dapat langsung memesan obat yang diresepkan oleh dokter tanpa perlu ke luar rumah. Cukup dengan menekan tombol “order”, barang siap untuk diantar langsung ke rumah tanpa berinteraksi langsung.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Stomatitis.
Healthline. Diakses pada 2021. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores.