• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Jenis Perawatan Salon yang Dapat Meluruskan Rambut

3 Jenis Perawatan Salon yang Dapat Meluruskan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Jenis Perawatan Salon yang Dapat Meluruskan Rambut

“Selain menjaga kesehatan rambut, perawatan salon kerap membuat penampilan berbeda dan meningkatnya rasa percaya diri. Meluruskan rambut adalah perawatan yang banyak dilakukan agar rambut terlihat lebih lurus. Mulai dari perawatan keratin, pelurusan permanen, hingga japanese straightening menjadi perawatan yang bisa dilakukan untuk mengubah penampilan dengan rambut lurus dan sehat.”

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut sehat? Berbagai cara dilakukan di salon untuk membuat kesehatan rambut semakin optimal. Selain itu, berbagai perawatan yang ditawarkan di salon juga membuat penampilan kamu berbeda dan semakin percaya diri.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Smoothing Bikin Rambut Rusak dan Rontok

Meluruskan rambut adalah salah satu perawatan yang kerap ditawarkan di salon bagi kamu yang menginginkan pengalaman dengan rambut lurus dan sehat. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui berbagai jenis perawatan salon yang dapat meluruskan rambut sesuai dengan keinginan kamu!

Perawatan Salon untuk Meluruskan Rambut

Ada beberapa jenis perawatan salon yang dikenal bisa meluruskan rambut. Namun, semua perawatan salon yang dapat meluruskan rambut hampir menggunakan teknik yang sama yaitu menggunakan larutan kimia yang dapat mengubah protein pada rambut. Cairan ini dioleskan pada rambut yang membuat rambut terkunci dalam model baru. 

Berikut ini jenis perawatan salon untuk meluruskan rambut, yaitu:

  1. Perawatan Keratin

Perawatan keratin adalah jenis perawatan di salon yang bisa membuat rambut terlihat lebih lurus selama 6 bulan. Selain membuat rambut tampak lebih lurus, perawatan keratin membuat rambut akan lebih bersinar.

Selain membuat rambut lebih lurus dan bersinar, perawatan keratin bisa kamu gunakan untuk memperkuat kondisi rambut. Bahkan, perawatan keratin yang rutin kamu lakukan dapat menumbuhkan rambut lebih cepat.

  1. Pelurusan Permanen

Perawatan ini menggunakan cairan kimia yang secara permanen mengubah folikel rambut. Pelurusan permanen akan membutuhkan waktu beberapa jam agar hasilnya maksimal. Smoothing merupakan perawatan rambut yang harus dilakukan di salon.

  1. Japanese Straightening

Japanese straightening adalah salah satu teknik yang sering digunakan untuk meluruskan rambut keriting atau bergelombang dengan bantuan bahan kimia dan suhu panas. Perawatan ini berlangsung dengan mengubah protein rambut yang akan diubah kembali oleh sel rambut baru agar menjadi lebih lurus.

Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, perawatan ini dapat membuat rambut menjadi lebih rusak. Jika kamu memiliki rambut yang diwarnai sebelumnya, sebaiknya hindari perawatan ini karena bisa memicu kerusakan pada rambut.

Itulah perawatan salon yang bisa membantu kamu meluruskan rambut. Sebaiknya lakukan perawatan tersebut di salon agar perawatan bisa dilakukan oleh penata rambut yang ahli dalam merawat rambut.

Baca juga: 6 Tips Merawat Rambut Keriting

Meluruskan Rambut Tanpa Alat dan Bahan Kimia

Seluruh perawatan tersebut menggunakan bahan kimia dan paparan panas pada rambut untuk menghasilkan rambut lurus yang sesuai. Namun, jika rambut telah mengalami kerusakan atau perawatan menggunakan bahan kimia sebelumnya, hindari melakukan perawatan tersebut karena dapat memicu kerusakan rambut yang lebih parah.

Kamu bisa meluruskan rambut tanpa alat dan bahan kimia secara sementara di rumah dengan melakukan beberapa hal ini, seperti:

  1. Gunakan Pengering Rambut yang Dingin

Kini banyak ditemukan pengering rambut dengan suhu udara yang lebih dingin. Kamu bisa gunakan ini untuk meluruskan rambut. Caranya, biarkan rambut hingga setengah mengering setelah keramas. Kemudian, bagi menjadi beberapa bagian. Keringkan rambut dengan suhu dingin menggunakan sisir secara perlahan.

  1. Gunakan Perawatan Rambut di Rumah untuk Meluruskan Rambut

Tidak ada salahnya menggunakan beberapa produk yang bisa membantu kamu meluruskan rambut di rumah, seperti sampo, kondisioner, dan perawatan rambut lainnya. Biasanya, produk tersebut akan membuat rambut menjadi lebih mudah ditata sehingga membuat rambut terlihat lebih lurus.

  1. Lakukan Perawatan Masker Rambut

Selain membantu menyehatkan rambut, perawatan masker rambut atau hair mask bisa membantu kamu untuk membuat rambut menjadi lebih lurus. Kamu bisa menggunakan masker rambut yang dibuat secara alami, seperti madu asli, telur, hingga alpukat. Ketiga bahan alami tersebut dapat membantu kamu untuk meluruskan rambut secara sementara.

  1. Flat Iron

Flat iron atau alat catok rambut bisa kamu gunakan di rumah untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, hindari menggunakan alat catok rambut terlalu sering agar kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

Itulah beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut lebih lurus dan sehat. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan pada area kulit kepala atau rambut, segera gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar keluhan yang kamu alami. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Byrdie. Diakses pada 2021. Japanese Hair Straightening: What to Know.

Healthline. Diakses pada 2021. How to Straighten Your Hair Without Heat.

Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Want to Know About Permanent Hair Straightening.

Mysa. Diakses pada 2021. Frizz-Free Living: The Top Hair Straightening Methods Ranked.