• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Jenis Teh untuk Menjaga Asam Urat Normal

3 Jenis Teh untuk Menjaga Asam Urat Normal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Jenis Teh untuk Menjaga Asam Urat Normal

“Pengidap asam urat perlu memerhatikan asupan makanan dan minuman saat gejalanya kambuh. Ada beberapa jenis teh yang dipercaya dapat menjaga asam urat normal. Namun, efektivitasnya terhadap asam urat perlu penelitian lebih lanjut.”

Halodoc, Jakarta – Menumpuknya asam urat di persendian dapat menyebabkan peradangan dan nyeri. Itulah sebabnya, penting untuk menjaga asam urat normal kadarnya dalam tubuh. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mencermati apa saja yang dikonsumsi.

Sebab, penumpukan asam urat terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang tinggi purin. Di sisi lain, ada juga makanan atau minuman yang dapat membantu menjaga asam urat normal. Misalnya saja, beberapa jenis teh yang akan dibahas setelah ini.

Baca juga: Penyakit Asam Urat Sebabkan Tubuh Alami Gejala Ini

Teh untuk Menjaga Asam Urat Normal

Ada beberapa jenis teh yang dipercaya bisa membantu jaga kadar asam urat normal, yaitu:

  1. Teh Jelatang

Jelatang atau Urtica dioica telah dikenal lama sebagai obat herbal untuk asam urat. Teh ini dipercaya dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Penggunaan tradisional sering disebut dalam studi. Namun, masih belum ada penelitian yang secara langsung membuktikan itu berhasil. 

Satu studi yang dipublikasikan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menunjukkan bahwa teh jelatang dapat melindungi ginjal, tetapi subjeknya adalah kelinci jantan, dan cedera ginjal diinduksi oleh pemberian gentamisin, antibiotik.

Untuk mencoba teh jelatang, kamu bisa menyeduh 1-2 sendok teh jelatang kering dengan air mendidih. Minumlah teh ini secara rutin, tetapi jangan lebih dari 3 cangkir per hari.

  1. Teh Dandelion

Teh dandelion, atau dalam bentuk ekstrak dan suplemen sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal. Teh ini dapat menurunkan kadar asam urat pada mereka yang berisiko cedera ginjal, seperti yang ditunjukkan dalam studi 2013 di Journal of Advanced Pharmacy Education & Research. 

Namun, penelitian tersebut baru dilakukan pada tikus, dan dandelion belum terbukti membantu asam urat pada manusia. Meski begitu, bila ingin mencobanya, boleh saja. Kamu bisa coba menggunakan teh dandelion, ekstrak, atau suplemen, asalkan mengikuti petunjuk label dengan cermat.

  1. Teh Kembang Sepatu

Hibiscus atau kembang sepatu adalah bunga, makanan, teh, dan obat herbal tradisional. Ini mungkin obat tradisional yang digunakan untuk mengobati kondisi ini. Satu penelitian dalam Journal of Functional Foods menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus.

Baca juga: Mengidap Asam Urat, Hindari 7 Hal Ini

Tips Lain untuk Mengurangi Gejala

Mencoba teh-teh yang disebutkan tadi atau obat herbal untuk mengatasi asam urat boleh saja. Namun, sebaiknya bicarakan pada dokter di aplikasi Halodoc terlebih dahulu, ya. Sebab, penting untuk tidak sembarangan mengonsumsi obat herbal, dan menjalani perawatan medis yang diperlukan.

Sebagai perawatan rumahan, berikut ini tips untuk meredakan gejala:

  1. Jauhi Pemicu

Pola makan sering berhubungan erat dengan kambuhnya asam urat dan nyeri. Menghindari pemicu dan menjaga pola makan yang baik adalah obat penting dalam dan dari dirinya sendiri.

Daging merah, makanan laut, gula, dan alkohol adalah pemicu yang paling umum. Saat kambuh, pilihlah buah-buahan rendah gula, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Minum banyak air penting untuk fungsi ginjal. Dengan menjaga kesehatan ginjal, penumpukan kristal dan serangan asam urat bisa diminimalisir. Pastikan untuk tetap terhidrasi dan minum banyak air, yang dapat membantu asam urat normal kembali.

  1. Beristirahat

Serangan asam urat dapat mengganggu pergerakan dan mobilitas. Untuk menghindari gejala yang memburuk, rileks dan tetap diam saat persendian meradang diperlukan. Jangan dulu berolahraga atau beraktivitas fisik yang berat, serta menggunakan sendi secara berlebihan. Hal ini dapat memperburuk rasa sakit dan durasi serangan.

Banyak pilihan tersedia untuk meredakan atau mencegah kambuhnya serangan asam urat di rumah. Beberapa di antaranya alami dan memiliki sedikit atau bahkan tanpa efek samping. Namun, sebaiknya jangan pernah mengganti pengobatan medis dengan obat rumahan tanpa memberi tahu dokter, ya. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Natural Home Remedies for Gout.
Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine. Diakses pada 2021. Effect Of Nettle (Urtica Dioica) Extract On Gentamicin Induced Nephrotoxicity In Male Rabbits.
Journal of Advanced Pharmacy Education & Research. Diakses pada 2021. Antiurolithiatic Activity Of a Polyherbal Formulation Against Calcium Oxalate Induced Urolithiasis In Rats.
Journal of Functional Foods. Diakses pada 2021. Hibiscus Sabdariffa L. Extracts Reduce Serum Uric Acid Levels In Oxonate-Induced Rats.