Awas, 3 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Cantengan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Awas, 3 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Cantengan

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa kuku pada jari-jari membutuhkan perawatan? Hal ini berguna untuk menghindari beberapa penyakit yang dialami pada kuku, baik kuku jari tangan maupun kaki.

Cantengan adalah penyakit yang terjadi pada bagian kuku, khususnya pada bagian jari kaki. Cantengan merupakan peradangan yang menyebabkan infeksi pada bagian kuku akibat adanya pertumbuhan kuku yang terlalu dalam sehingga menembus kulit pengidapnya.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Awalnya, penyakit ini ditandai adanya pembengkakan dan warna kemerahan sekitar pinggiran kuku. Terkadang, kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman karena kuku terasa sakit bila disentuh karena adanya kuku yang menembus kulit. Cantengan juga dapat menimbulkan demam. Jika infeksi sudah parah, timbul penggumpalan nanah di bawah kulit.

Tidak hanya rasa nyeri yang cukup mengganggu, cantengan bisa menimbulkan komplikasi kesehatan jika tidak ditangani dengan baik. Sebaiknya, hindari beberapa kebiasaan ini agar kamu terhindar dari penyakit cantengan.

  • Penggunaan Sepatu yang Terlalu Sempit

Hindari penggunaan sepatu yang terlalu sempit. Selain mengganggu aktivitas, kebiasaan ini membuat cantengan pada bagian jari kaki. Sepatu yang terlalu sempit membuat pertumbuhan kuku kaki menjadi tumbuh ke dalam karena tidak memiliki banyak ruang untuk tumbuh secara normal.

Gunakan sepatu dengan ukuran yang pas untuk sehari-hari, tidak terlalu sempit dan tidak kebesaran. Penggunaan sepatu yang sesuai dengan ukuran membuat kaki semakin sehat. Selain pertumbuhan kuku kaki akan normal, kaki bisa bernapas dengan baik.

Baca juga: Jangan Biarkan Cantengan Kalau Tak Mau Dioperasi

  • Tidak Memotong Kuku dengan Benar

Selalu perhatikan dengan baik kebiasaan memotong kuku. Salah memotong kuku bisa menimbulkan penyakit cantengan. Hindari pemotongan kuku terlalu pendek karena dapat menimbulkan luka.

Jika tidak segera diatasi, hal ini memicu pertumbuhan bakteri pada kuku sehingga menyebabkan cantengan. Tidak hanya itu, terlalu pendek memotong kuku membuat kuku baru yang tumbuh melengkung ke dalam dan merusak kulit. Jadi, lebih baik hindari potongan kuku yang terlalu pendek.

  • Tidak Memerhatikan Kebersihan Kuku

Kuku menjadi bagian dari tubuh yang perlu diperhatikan kebersihannya. Kuku dapat terkena jamur. Kuku yang terkena jamur terlihat kusam dan banyak mendatangkan penyakit salah satunya cantengan. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kuku tangan ketika mencuci tangan.

Baca juga: Kuku Anak Cantengan? Segera Atasi dengan 4 Cara Ini

Sebaiknya hindari penggunaan kaos kaki yang sama dan berulang dalam waktu yang lama. Kebiasaan malas mengganti kaos kaki dapat membuat bakteri menumpuk pada kaki khususnya kuku sehingga menimbulkan penyakit kuku salah satunya cantengan. Rajin mengganti kaos kaki menjadi cara untuk mencegah penyakit cantengan pada kaki.

Banyak cara yang digunakan untuk menghilangkan penyakit cantengan yang kamu alami. Salah satu caranya menjaga kebersihan kuku tetap bersih dan kering selama beraktivitas. Tidak hanya itu, kamu bisa rendam kaki dengan air hangat sebagai pertolongan pertama pada kuku yang cantengan. Hal ini mampu meredakan rasa sakit dan pembengkakan sekitar jari.

Untuk bertanya mengenai kesehatan tubuh khususnya kuku, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!