• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Makanan untuk Pengidap Rematik yang Baik Dikonsumsi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Makanan untuk Pengidap Rematik yang Baik Dikonsumsi

3 Makanan untuk Pengidap Rematik yang Baik Dikonsumsi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk para pengidap rematik. Nah, beberapa contoh makanan tersebut adalah ikan berlemak, buah dan sayuran, serta jahe.”

3 Makanan untuk Pengidap Rematik yang Baik Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta – Seseorang yang mengidap rematik rentan untuk merasakan nyeri pada sendi di tubuhnya. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah masalah ini untuk kambuh. Salah satu caranya adalah mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk pengidap rematik. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Makanan yang Baik untuk Pengidap Rematik

Rematik adalah penyakit yang dapat menimbulkan perasaan nyeri atau pegal-pegal pada beberapa bagian tubuh, terutama sendi. Saat terjadi, perasaan nyeri dan kaku bukan hanya menyerang sendi, tetapi juga otot dan tulang. 

Rematik merupakan penyakit yang bisa menimbulkan nyeri atau pegal-pegal pada anggota gerak terutama pada sendi. Rematik biasanya dikenali lewat rasa nyeri dan kaku yang menyerang  persendian, otot, dan tulang. Salah satu cara untuk mencegah kambuhnya atau mengurangi sakit, disarankan pengidap rematik perlu  menjaga asupan nutrisi sehari-hari.

Lalu, makanan untuk pengidap rematik apa saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi? Berikut beberapa daftarnya:

1. Ikan Berlemak

Ada banyak jenis ikan berlemak yang baik dikonsumsi oleh seseorang dengan penyakit rematik. Beberapa contohnya adalah salmon, tuna, sarden, herring, dan ikan air dingin yang kaya asam lemak omega-3. Tubuh perlu menyeimbangkan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 di dalam tubuh. Sebab, jika omega-6 lebih besar daripada omega-3, risiko terjadinya penyakit inflamasi seperti rematik menjadi lebih tinggi. Pastikan juga untuk mengurangi makanan yang kaya omega-6, seperti daging dan makanan yang digoreng.

2. Buah dan Sayuran

Makanan lainnya yang baik untuk pengidap rematik adalah buah dan sayuran. Sebab, kedua jenis makanan ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu untuk menstabilkan kandungan radikal bebas yang memicu peradangan dan merusak sel. Buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral, serta polifenol yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan protein C-reaktif (CRP), penanda peradangan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsi beberapa jenis buah segar setiap hari. Selain itu, pastikan juga untuk mengonsumsi berbagai sayuran berwarna-warni agar mendapatkan nutrisi yang paling banyak. Konsumsi buah dan sayuran setiap hari ditambah berolahraga sekitar 30 menit, manfaatnya sangat terasa bagi seseorang dengan gangguan rematik.

3. Jahe

Jahe juga termasuk salah satu makanan yang baik untuk pengidap rematik. Tanaman ini dapat membantu untuk meringankan gejala radang sendi. Disebutkan jika jahe dan komponen di dalamnya dapat menghalangi produksi zat yang dapat memicu peradangan dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi jahe segar, bubuk, atau kering untuk mengurangi peradangan, sehingga gejala radang sendi dapat diminimalisir.

Itulah beberapa makanan untuk pengidap rematik yang dapat mencegah kekambuhan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan ini secara rutin, dengan begitu tubuh tetap terjaga kesehatannya. Hindari juga konsumsi daging merah dan makanan yang digoreng agar peradangan tidak mudah muncul.

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaaan kesehatan tubuh terkait rematik pada rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemesanan pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan melalui smartphone. Maka dari itu, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Arthritis Foundation. Diakses pada 2022. Best Foods for Rheumatoid Arthritis.
Healthline. Diakses pada 2022. The 10 Best Foods to Eat If You Have Arthritis.