• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Makanan yang Membuat Kulit Wajah Terlihat Kusam

3 Makanan yang Membuat Kulit Wajah Terlihat Kusam

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Makanan yang Membuat Kulit Wajah Terlihat Kusam

“Memenuhi kebutuhan istirahat, mengonsumsi air putih, dan penggunaan tabir surya bisa menjadi cara untuk memiliki kulit wajah bersinar. Namun, perhatikan juga makanan yang kamu konsumsi. Sebaiknya batasi pengonsumsian makanan manis, makanan dengan kandungan garam tinggi, dan makanan berlemak karena dapat memicu kulit wajah terlihat kusam.”

Halodoc, Jakarta – Penggunaan tabir surya atau sunscreen secara tepat membantu kamu untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar. Bukan itu saja, menghindari paparan asap rokok, tidak merokok, istirahat dengan cukup, rutin berolahraga, dan pola makan yang sehat bisa menjadi cara lain untuk memiliki kulit bersinar dan tidak kusam.

Baca juga: Tips Mencerahkan Kulit Kusam Secara Alami

Memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur bisa membantu kamu menghindari kulit wajah terlihat kusam. Selain itu, ketahui beberapa jenis makanan yang bisa memicu gangguan kesehatan kulit sehingga kulit wajah terlihat kusam. Jaga kesehatan kulitmu dengan menyimak ulasan berikut ini, ya!

Makanan yang Memicu Kulit Wajah Terlihat Kusam

Ada berbagai faktor yang memicu kondisi kulit wajah terlihat kusam, seperti kondisi hormon, cuaca, gaya hidup, hingga penggunaan makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Bahkan, makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan kulit.

Sebaiknya ketahui beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar kondisi kesehatan kulit wajah terjaga.

Berikut ini jenis makanan yang bisa memicu kulit wajah terlihat kusam, yaitu:

  1. Makanan Manis

Perhatikan makanan manis yang kamu konsumsi setiap harinya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan atau gula memicu kenaikan kadar gula darah.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memicu peradangan dalam tubuh yang menyebabkan tubuh menghasilkan enzim yang dapat merusak kolagen. Hal ini dapat menyebabkan kesehatan kulit terganggu, termasuk bagian kulit wajah.

Bukan hanya membuat kulit wajah terlihat kusam, mengonsumsi gula berlebihan dapat memicu kerutan pada wajah, jerawat, hingga kemerahan pada wajah. Kamu bisa mengonsumsi madu atau buah-buahan untuk mendapatkan asupan gula alami.

Baca juga: 6 Hal yang Bikin Kulit Kusam dan Enggak Glowing

  1. Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi

Gemar mengonsumsi makanan asin, seperti keripik kentang asin atau junk food? Nah, mulai sekarang batasi pengonsumsian makanan ini, ya. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan garam tinggi menyebabkan kulit wajah terlihat kusam.

Berlebihan mengonsumsi garam membuat tubuh menjadi dehidrasi. Kondisi dehidrasi menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kering dan terlihat kusam.

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam rendah dan perbanyak air putih untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Makanan dengan Lemak Jenuh

Lemak diperlukan dalam tubuh. Namun, terlalu banyak kandungan lemak jenuh yang dikonsumsi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, termasuk pada kesehatan kulit. 

Tingginya kadar lemak jenuh dalam tubuh memicu sejumlah gangguan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk menuju kulit. Hal ini menyebabkan sejumlah gangguan pada kulit, termasuk kulit wajah terlihat  kusam.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mengonsumsi lemak jenuh berlebih, seperti memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur, tidak mengolah makanan dengan cara digoreng, memiliki produk susu rendah lemak, dan mengonsumsi daging tanpa lemak.

Baca juga: Pria Juga Wajib Tahu Cara Merawat Wajah

Selain memerhatikan asupan yang kamu konsumsi, kamu juga perlu menghindari paparan polusi udara dan kebiasaan merokok. Terlalu sering mengonsumsi alkohol dan minuman bersoda juga memicu kulit wajah terlihat kusam.

Penuhi kebutuhan istirahat dan rutin olahraga secara rutin untuk mendapatkan kulit sehat. Pastikan kamu menggunakan perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit kamu.

Gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai jenis perawatan kulit yang cocok digunakan untuk kulit wajah kamu. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin.
The Every Girl. Diakses pada 2021. These Foods May Be Causing Your Skin Woes.
BBC Good Food. Diakses pada 2021. What to Eat for Glowing Skin.