• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Komunikasi Dalam Hubungan Intim dengan Pasangan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Manfaat Komunikasi Dalam Hubungan Intim dengan Pasangan

3 Manfaat Komunikasi Dalam Hubungan Intim dengan Pasangan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Mei 2022

“Komunikasi dalam hubungan intim adalah salah satu yang penting dalam kehidupan berumah tangga. Alasan hal ini dilakukan untuk menimbulkan rasa puas dan meningkatkan perasaan nyaman saat melakukannya.”

3 Manfaat Komunikasi Dalam Hubungan Intim dengan Pasangan

Halodoc, Jakarta – Komunikasi adalah hal yang vital bagi semua hubungan, baik pekerjaan, percintaan, hingga rumah tangga. Disebutkan juga jika komunikasi dalam hubungan intim juga sangat diperlukan. Namun, apa sih pentingnya hal tersebut? Ketahui jawabannya di sini!

Manfaat Komunikasi dalam Hubungan Intim yang Perlu Diketahui

Komunikasi terbuka sangat penting untuk dilakukan saat berumah tangga. Hal ini untuk mencari solusi dari masalah yang terjadi sehingga bisa dilakukan bersama. Dengan begitu, tidak ada perasaan jika salah satu pihak saja yang berjuang agar rumah tangga yang ada berjalan dengan baik.

Nah, salah satu komunikasi yang jarang dan sering terlupakan adalah berkaitan dengan hubungan intim. Lalu, apa alasan komunikasi menjadi hal yang penting dalam hubungan intim? 

1. Menimbulkan Rasa Puas pada Dua Pihak

Komunikasi terkait hubungan seks penting untuk dilakukan agar kepuasan tidak hanya dirasakan oleh satu pihak saja. Dengan begitu, penyesuaian demi penyesuaian bisa dilakukan sehingga rasa puas bisa dirasakan berdua. Hal ini perlu dilakukan karena sebagian besar hubungan intim berakhir dengan pihak wanita yang tidak mendapatkan orgasme.

Jika hal ini rutin dilakukan, tentunya komunikasi lainnya juga bisa terjalin dengan baik dan hubungan menjadi semakin langgeng. Namun, memang masih banyak pasangan yang merasa tidak nyaman dan tidak ingin menceritakan sesuatu yang dirasakannya selama berhubungan intim.

2. Meningkatkan Perasaan Nyaman

Banyak ahli yang beranggapan apabila komunikasi dalam hubungan intim menjadi salah satu hal yang penting pada setiap pasangan. Saat komunikasi dilakukan, perasaan nyaman dapat timbul dan keintiman terus meningkat. Contohnya saat wanita merasa tidak ingin hamil sehingga perlu menggunakan kondom setiap melakukan hubungan seksual.

Sangat perlu dipahami jika komunikasi yang dilakukan terkait hubungan intim sangat berpengaruh pada kepuasaan seksual. Namun, rasa takut untuk berbicara terkait masalah ini masih banyak terjadi, terutama disebabkan masalah harga diri. Cobalah untuk perlahan-lahan mulai komunikasi sehat ini agar hubungan rumah tangga semakin baik.

3. Meningkatkan Keintiman

Komunikasi yang jujur terkait hubungan intim dapat meningkatkan ikatan emosional yang membuat hubungan menjadi lebih intim. Maka dari itu, sangat penting untuk mengekspresikan diri dengan nyaman dan lancar, serta minta pendapat balasan dari pasangan agar percakapan dilakukan dua arah. 

Kamu bisa bertanya pada pasangan terkait bagian tubuh yang nikmat saat disentuh dan cara paling baik yang bisa dilakukan. Cobalah untuk membuat daftar beberapa hal yang dapat membuatmu “turn on” dan “turn off“. Setelahnya, tingkat kepuasan dalam berhubungan seksual akan meningkat. Dengan begitu, kehidupan seksual lebih baik seperti saat masa awal menikah.

Nah, itulah pembahasan mengenai pentingnya komunikasi dalam hubungan intim yang perlu diketahui. Pastikan kamu dan pasangan melakukan komunikasi dengan benar agar tercipta rasa aman dan nyaman serta perasaan puas selama melakukan hubungan intim.

Kamu juga bisa lo meminta bantuan dari ahlinya dengan menggunakan fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan terkait interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Maka dari itu, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Netdoctor. Diakses pada 2022. Having a Great Sex Life – The Importance of Communication.
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Relationships and Communication.
Psychology Today. Diakses pada 2022. Why Aren’t We Talking to Our Partner About Sex?
Lybrate. Diakses pada 2022. 4 Benefits Of Sexual Communication.